BlogHome ServiceResep Masakan10 Contoh Makanan dari Serealia yang Penuh Gizi
0
0

10 Contoh Makanan dari Serealia yang Penuh Gizi

Dipublikasikan oleh Putra 

Des 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Serealia juga dikenal sebagai sereal atau biji-bijian adalah kelompok tanaman yang ditanam untuk memanen biji atau bulirnya sebagai sumber utama karbohidrat atau pati. Istilah serealia memang masih cukup asing, namun sebenarnya orang Indonesia sendiri sangat suka mengkonsumsi makanan dari serealia.

Kamu yang memiliki rumah di Cipayung atau rumah bekas di Bekasi tentu menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Sementara kamu yang memiliki rumah eksklusif di daerah lain seperti Papua menjadikan sagu sebagai makanan pokok. Nah, nasi adalah makanan dari serealia. Sedangkan sagu bukan karena tidak dipanen dari biji-bijian.

Unik ya, apakah kamu baru tahu informasi ini? Yuk pelajari lebih lanjut mengenai makanan dari serealia.

Pengertian Serealia

Serealia, dalam konteks pangan, merujuk pada jenis-jenis tanaman biji-bijian yang dihasilkan untuk dimakan dan memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Ini meliputi tanaman seperti beras, gandum, jagung, oats, barley, quinoa, dan millet. 

Bijinya biasanya digunakan sebagai bahan dasar makanan pokok seperti roti, nasi, sereal, dan pasta. Serealia kaya akan nutrisi seperti serat, vitamin, mineral, dan juga merupakan sumber utama energi dalam pola makan banyak orang di seluruh dunia.

Kandungan Serealia

Ada banyak zat gizi yang terkandung dalam serealia, antara lain adalah:

  • Protein
  • Serat
  • Karbohidrat
  • Vitamin E
  • Vitamin B Kompleks
  • Niasin
  • Tiamin
  • Folat
  • MIneral Besi
  • Magnesium
  • Seng
  • Lemak
  • Antioksidan

10 Contoh Makanan dari Serealia

Bagi kamu yang masih bingung apa saja makanan yang terbuat dari serealia, berikut ini 10 contoh makanan dari serealia.

1. Beras Merah

nasi merah
Source : Pinhome

Beras merah adalah pilihan yang luar biasa untuk meningkatkan asupan serat dalam makanan. Resep makanan dari serealia yang satu ini juga sangat mudah untuk dibuat.

Kandungan serat yang tinggi membantu pencernaan dan menjaga kesehatan jantung. 

Beras merah juga mengandung fitonutrien dan antioksidan yang penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Nasi merah juga sering digunakan sebagai makanan ketika sedang diet.

2. Roti Gandum Utuh

roti gandum
Source : Pinhome

Roti gandum utuh adalah sumber karbohidrat kompleks yang memberikan energi berkelanjutan. Karena memang ada banyak manfaat gandum untuk kesehatan tubuh.

Roti ini juga mengandung vitamin B dan serat, yang membantu menjaga tingkat gula darah stabil dan memberikan perasaan kenyang lebih lama.

3. Granola dengan Oats

granola
Source : Pinhome

Granola yang terbuat dari oats merupakan cemilan yang lezat dan bergizi. Oats kaya akan serat beta-glukan yang dapat menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Granola juga seringkali mengandung kacang-kacangan dan biji-bijian yang memberikan tambahan protein dan nutrisi.

4. Sereal Berfiber Tinggi

sereal
Source : Pinhome

Sereal berfiber tinggi adalah cara sempurna untuk memulai hari Anda. Pilih sereal yang mengandung serat larut, seperti psyllium atau serat gandum, yang membantu pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

5. Quinoa yang Kaya Protein

Quionoa
Source : Pinhome

Quinoa adalah sumber protein nabati yang lengkap dengan semua asam amino esensial. Ini menjadikannya pilihan yang hebat untuk vegetarian atau vegan. Quinoa juga mengandung zat besi, magnesium, dan vitamin B kompleks.

Baca juga:

6. Mie Soba

Mie Soba
Source : Pinhome

Mie soba terbuat dari tepung soba, yang berasal dari gandum utuh. Mie ini merupakan salah satu resep masakan Jepang yang enak. Mie ini rendah kalori dan kaya akan serat. Mereka juga mengandung vitamin B kompleks dan mineral seperti mangan dan tembaga.

7. Popcorn Tanpa Mentega

makanan dari serealia
Source : Pinhome

Popcorn yang diolah dengan sedikit minyak dan tanpa mentega adalah camilan rendah kalori yang kaya akan serat. Ini adalah alternatif sehat untuk camilan yang biasanya tinggi lemak dan gula.

8. Barley dalam Sup Sayuran

makanan dari serealia
Source : Pinhome

Barley adalah sumber serat dan nutrisi dalam sup sayuran. Ini menambahkan tekstur dan memberikan rasa yang kaya pada hidangan. Barley juga membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengatur kadar gula darah.

9. Bubur Jagung Manis

makanan dari serealia
Source : Pinhome

Bubur jagung manis adalah sarapan lezat yang penuh dengan vitamin C dan serat. Jagung manis memberikan rasa alami manis dan memberikan energi tahan lama.

10. Muesli Buah-buahan

makanan dari serealia
Source : Pinhome

Muesli yang menggabungkan oats dengan potongan buah-buahan segar adalah pilihan yang lezat dan sehat untuk sarapan. Ini memberikan vitamin, serat, dan energi yang diperlukan untuk memulai hari.

Baca juga:

Source Feature Image: Pinhome


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Gunakan juga kode PHSBLOG untuk menikmati layanan PHS mulai dari 30 ribu hanya di aplikasi Pinhome.

Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download