BlogHome ServiceResep Masakan10 Makanan yang Cocok Saat Hujan
0
0

10 Makanan yang Cocok Saat Hujan

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa

Des 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pada bulan ini cuaca sedang tidak menentu bukan, Pins? Terkadang cuaca bisa benar-benar panas tetapi terkadang pula satu hari awan mendung dan hujan. Bila musim hujan sudah datang, pasti rasanya lapar terus bukan? Nah, Ada rekomendasi makanan yang cocok saat hujan dari Pinhome nih!

Asupan makanan saat musim hujan itu, menjadi hal yang penting. Selain dapat menghangatkan tubuh, mood pun pasti akan sekejap naik. Jangan biarkan perut kosong terlalu lama saat hujan ya!

Baca Juga: 25 Resep Masakan Sehari-hari yang Mudah dan Praktis

Pada saat musim hujan, pasti makanan di bawah ini tidak luput dari pikiran kamu. Pilihan makanan ini biasanya mudah didapatkan dan tentunya beberapa diantaranya bisa kamu buat sendiri di rumah secara mudah.

Mi Rebus

Source : Shutterstock

Menempati urutan paling pertama, makanan yang cocok untuk musim hujan adalah mi rebus. Mi instan satu ini pasti selalu dicari saat musim penghujan. Dengan rasa gurih beragam yang bisa kamu pilih sesuai selera, mie rebus hadir menjadi penyelamat saat lapar. Kamu bisa menambahkan telur di dalamnya dan juga cabai rawit iris agar semakin nikmat.

Perlu kamu tahu juga Pins, dikarenakan perubahan suhu yang terjadi saat musim penghujan. Otak memberikan respon pada tubuh, salah satunya adalah rasa lapar. Udara dingin membuat kinerja tubuh tidak dapat bekerja dengan baik, untuk itu perlu asupan makanan untuk memperbaikinya. Itulah mengapa saat hujan kita sering merasa lapar.

Bakwan Malang

Source : Shutterstock

Bakwan Malang juga menjadi salah satu makanan yang dapat menghangatkan tubuh. Makanan yang cocok untuk musim hujan ini terdiri dari pangsit rebus, bakso, pangsit goreng, tahu dan kuah yang nikmat. Kuah gurih yang panas dengan taburan seledri bisa kamu nikmati baik di rumah maupun sedang berada di jalan saat musim hujan.

Bila ingin mempersiapkan di rumah, kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan isian dari bakwan Malang dan segera olah sesuai selera. Hal yang paling penting dalam menu satu ini adalah kuah gurih yang mampu menggoyang lidah. 

Aneka Gorengan

Source : Shutterstock

Jajanan yang selalu ada tanpa harus kita cari adalah gorengan nih, Pins! Namun, kamu pun bisa membuat di rumah dengan cara yang mudah dan tentunya jauh lebih sehat. Mulai dari risol, tempe goreng, singkong, ubi, cireng dan masih banyak lagi pasti sangat cocok menjadi camilan saat hujan tiba. Tidak heran para penjual gorengan seperti selalu ada dimana-mana.

Dengan harga yang cukup ekonomis, gorengan mampu mengganjal perut yang lapar karena udara dingin. Gorengan pun sangat lezat dimakan sesaat setelah digoreng, jangan lupa pula tambahkan cabai rawit untuk kamu yang senang pedas ya!

Pisang Penyet

Source : Shutterstock

Makanan manis juga menjadi obat unggulan di saat udara dingin menyerang. Olahan pisang kepok salah satunya. Pisang yang bisa dibuat dengan ragam kreasi ini memang sangat enak menjadi camilan menu makanan yang cocok untuk musim hujan. Kamu bisa membuat pisang penyet dengan saus karamel, maupun pisang goreng dengan taburan meses dan keju.

Rasa manis yang muncul baik dari buah pisang itu sendiri dan tambahan topping pasti dapat mengubah suasana hatimu menjadi senang seketika. Hormon serotonin yang terdapat dalam tubuh pun dapat lepas dikarenakan makanan manis, Pins. Tidak heran beberapa orang dapat terobati rasa stress dengan mengkonsumsi makanan manis.

Bakso Kuah Nikmat

makanan yang cocok untuk musim hujan
Source : Shutterstock

Nah, bakso yang sering ditemukan pada jajanan kaki lima ini juga tidak ada duanya, Pins! Kuah panas dengan isi sayur, bakso, tahu dan kikil ini mampu menghangatkan tubuh saat udara dingin timbul. Dilengkapi dengan bihun dan mie pula, dijamin kamu akan kenyang setelah melahapnya. 

Bakso pun mempunyai banyak jenis yang bisa kamu pilih. Mulai dari bakso dengan ukuran besar, bakso urat, maupun bakso dengan isi telur. Tambahkan saus sambal, potongan cabai dan kecap, maka kenikmatan akan terasa di dalam mulutmu.

Roti Bakar

makanan yang cocok untuk musim hujan
Source : Shutterstock

Menu makanan yang cocok untuk musim hujan selanjutnya adalah camilan roti bakar. Terdiri dari aneka rasa seperti coklat, keju, strawberry, kacang ataupun campuran juga sangat lezat disantap saat roti dalam keadaan panas. Hasil pemanggangan roti tersebut mampu menekan rasa lapar saat musim penghujan tiba. 

Bila ingin terasa spesial, kamu bisa menambahkan susu kental manis untuk topping maupun beragam jenis sereal. Apalagi bila Pins dapat memanggang di rumah sampai roti terasa renyah untuk digigit, dijamin langsung habis seketika.

Baca Juga: 5 Cara Menggunakan Pemanggang Roti dengan Mudah

Wedang Ronde

makanan yang cocok untuk musim hujan
Source : Shutterstock

Makanan tradisional yang berasal dari China ini memang kini sudah sangat lekat dalam daftar jajanan di Indonesia. Kuah manis jahe panas yang disajikan bersama dengan tepung ketan dan potongan roti ini sangat cocok dikonsumsi saat suhu udara menurun. Baik itu malam hari maupun saat musim hujan tiba.

Kamu akan menemukan warna-warni dari tepung beras yang dibentuk bulat pada makanan kuah satu ini. Tidak menjadi bagian dari makanan berat, namun satu mangkuk wedang ronde bisa membuat rasa lapar hilang. Dengan taburan kacang tanah yang kriuk, kamu akan menikmati gigitan demi gigitan dari lembutnya tepung beras dalam mulutmu.

Bubur Ayam

makanan yang cocok untuk musim hujan
Source : Shutterstock

Kini masuk ke dalam jenis makanan yang tidak bisa dikatakan sebuah camilan. Sering menjadi pengisi perut baik saat sarapan maupun musim hujan, bubur ayam memiliki pencintanya sendiri. Diisi dengan taburan cakwe, ayam suwir, kerupuk dan kacang, bubur sangat cocok untuk kamu yang sedang kelaparan.

Tidak heran kehadirannya selalu ditunggu siapapun yang sedang mencari makanan saat perut sedang berbunyi. Namun, Pins, kamu pun dapat membuat di rumah dengan bahan yang simpel. Cara membuat bubur ayam di rumah bisa kamu lakukan sendiri dan pastinya lezat. Makanan satu ini pun sering dijadikan makanan terbaik orang sakit, lho!

Gulai Daging

makanan yang cocok untuk musim hujan
Source : Shutterstock

Aneka olahan daging sapi yang khas memang banyak berasal dari masakan tradisional Indonesia. Ragam menu tersebut banyak dicintai dan lekat akan suasana kekeluargaan yang kental. Sebut saja gulai daging yang berasal dari daerah Sumatera. Makanan satu ini sangat cocok dikonsumsi saat hujan sedang turun. 

Rasa pedas gurih yang terasa dengan saus santan kental hangat, akan membuat tubuh kamu terasa panas. Hal ini menjadikan suhu tubuh badan akan naik dan kamu tidak akan merasa dingin apalagi lapar. Padukan dengan nasi putih panas saat menyantap gulai daging. 

Baca Juga: 10 Resep Sop Daging Sapi Super Nikmat

Soto Betawi

makanan yang cocok untuk musim hujan
Source : Shutterstock

Terakhir, adalah soto Betawi yang tidak luput menjadi makanan berat saat musim hujan. Kuah hangat berwarna putih yang berasal dari santan dan susu ini berisikan ragam bahan makanan di dalamnya. Kamu akan menemukan, potongan daging, tomat, kentang, hingga jeroan. Cocok untuk kamu yang senang dengan kuah gurih yang lezat.

Tambahkan nasi putih sebagai pendamping dan tidak lupa cabai, jeruk nipis dan emping sebagai topping. Selain mengisi waktu menunggu hujan reda, perut kamu juga akan terisi penuh dengan kekhasan dari rasa kuah yang dipadukan dengan daging pada mulut.

Nah, bila musim hujan datang, kira-kira mana makanan yang akan kamu pilih untuk mengisi perutmu? Dari kesepuluh menu makanan yang cocok untuk musim hujan di atas pasti ada yang kamu sangat sukai bukan? Jangan lagi menunda untuk menyantap makanan enak di atas saat hujan ya, Pins!

Baca Juga: 9 Resep Soto Betawi Gurih Bikin Nagih


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download