BlogLifestyleKesehatan8 Makanan yang Dilarang untuk Penderita Infeksi Saluran Kencing
0
0

8 Makanan yang Dilarang untuk Penderita Infeksi Saluran Kencing

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Agu 16, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Ilustrasi makanan pedas.top-right-banner

Infeksi saluran kencing (ISK) adalah masalah kesehatan yang umum terjadi di seluruh dunia, yang mempengaruhi berbagai bagian saluran kemih, termasuk kandung kemih, uretra, dan ginjal. Karena itu, perlu diperhatikan makanan yang dilarang penderita infeksi saluran kencing.

Pemahaman tentang makanan-makanan ini penting untuk menghindari memperburuk kondisi ISK dan memungkinkan tubuh berfokus pada proses penyembuhan. Meskipun masing-masing individu memiliki kebutuhan yang berbeda, menghindari makanan tertentu dapat membantu mengurangi iritasi pada saluran kemih dan membuat pemulihan yang lebih cepat.

Lalu apa saja makanan yang dilarang untuk penderita infeksi saluran kencing? Sebelum pembahasan lebih lanjut, Kamu juga perlu mengetahui bahwa PinValue menjadi tempat terbaik untuk mencari informasi terkait iklan jual rumah.

Melalui Pinhome, Kamu juga dapat mendapatkan informasi untuk Britania Green Resort. Selain itu, Kamu juga dapat mencari informasi tentang rumah bekas di Kab Bogor Timur hingga berbagai harga rumah di Jakarta Timur.

Baca juga: Axana dan Wajma mendesain masker khusus penderita kanker

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Berbagai makanan yang dilarang penderita infeksi saluran kencing.
Source : Freepik

Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan salah satu masalah kesehatan umum yang dapat mempengaruhi siapa saja, baik pria maupun wanita, pada berbagai rentang usia. Infeksi ini terjadi ketika bakteri atau mikroorganisme lainnya masuk ke dalam saluran kemih, yang meliputi uretra, kandung kemih, ureter, dan kadang-kadang ginjal.

Berikut adalah beberapa gejala umum ISK:

1. Sering Buang Air Kecil (Urgensi dan Frekuensi Tinggi)

Salah satu gejala paling umum dari ISK adalah dorongan untuk buang air kecil yang sering dan mendadak. Penderita ISK mungkin merasa perlu buang air kecil lebih sering daripada biasanya.

2. Nyeri atau Sensasi Terbakar Saat Buang Air Kecil

Infeksi pada uretra atau kandung kemih bisa menyebabkan sensasi terbakar atau nyeri saat buang air kecil. Ini sering dijelaskan sebagai perasaan tidak nyaman atau panas.

3. Nyeri di Daerah Panggul atau Perut Bawah

Beberapa orang dengan ISK mengalami nyeri atau tekanan di daerah panggul atau perut bagian bawah. Ini bisa menjadi tanda peradangan pada kandung kemih atau saluran kemih lainnya.

4. Urine Berubah Warna dan Bau

Infeksi dapat menyebabkan urine menjadi keruh, berbau tidak sedap, atau bahkan berwarna pink atau merah muda akibat adanya darah dalam urine.

5. Perasaan Tidak Nyaman di Area Pinggul

Pada beberapa kasus, penderita ISK mungkin merasakan tekanan atau ketidaknyamanan di area panggul atau sekitar daerah tulang kemaluan.

6. Nyeri di Punggung Bawah atau Samping

Infeksi yang lebih parah atau yang telah menyebar ke ginjal bisa menyebabkan nyeri di punggung bawah atau sisi tubuh, yang seringkali disebut sebagai nyeri ginjal.

7. Demam dan Mual

Infeksi yang lebih parah dapat menyebabkan demam, menggigil, dan bahkan mual. Ini mungkin terjadi jika infeksi telah menyebar ke ginjal.

8. Kelelahan atau Malaise

Pada beberapa kasus, penderita ISK mungkin merasa lelah atau memiliki perasaan umum tidak enak badan (malaise).

Baca juga: Ini 15 Makanan Tinggi Purin, Penderita Asam Urat Wajib Waspada!

8 Makanan yang Dilarang Penderita Infeksi Saluran Kencing

Contoh makanan yang dilarang penderita infeksi saluran kencing.
Source : Freepik

Penyakit ISK dapat diobati menggunakan obat. Tetapi, di samping itu, biasanya dokter juga akan menyarankan beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi untuk membantu proses penyembuhan.

Berikut ini berbagai makanan yang dilarang penderita infeksi saluran kencing.

1. Makanan Pedas

Makanan pedas, seperti cabai dan saus pedas, dapat memicu gejala nyeri dan sensasi terbakar pada penderita ISK. Kandungan senyawa capsaicin dalam makanan pedas dapat mengiritasi saluran kemih dan membuat gejala ISK semakin parah.

2. Kafein

Minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman energi dapat memiliki efek diuretik, yang berarti mereka meningkatkan frekuensi buang air kecil. Ini dapat mengiritasi saluran kemih dan menyebabkan lebih banyak ketidaknyamanan bagi penderita ISK.

3. Alkohol

Konsumsi alkohol dapat mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi. Alkohol juga bisa memiliki efek diuretik dan mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh.

4. Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula, seperti permen dan minuman bersoda, dapat merangsang pertumbuhan bakteri dalam saluran kemih. Bakteri umumnya menyukai lingkungan yang kaya gula, sehingga mengurangi konsumsi gula dapat membantu mengontrol pertumbuhan bakteri penyebab ISK.

5. Makanan Olahan

Makanan olahan yang tinggi garam, seperti makanan instan dan makanan cepat saji, dapat mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Ini dapat mempengaruhi kesehatan saluran kemih dan membuat penderita ISK lebih rentan terhadap peradangan.

6. Produk Susu Penuh Lemak

Produk susu penuh lemak, seperti susu dan keju, dapat meningkatkan keasaman dalam urin dan memperburuk gejala ISK. Konsumsi produk susu rendah lemak atau alternatif nabati dapat menjadi pilihan yang lebih baik bagi penderita ISK.

7. Makanan Asam

Makanan yang tinggi asam, seperti jeruk, tomat, dan produk berbasis tomat, dapat membuat urin menjadi lebih asam. Ini bisa memperburuk peradangan pada saluran kemih dan membuat gejala ISK semakin sulit ditangani.

8. Daging Merah

Olahan daging merah jadi makanan yang dilarang penderita infeksi saluran kencing.
Source : Freepik

Daging merah tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh dan mengganggu keseimbangan bakteri baik di dalam saluran kemih. Menggantinya dengan sumber protein nabati atau daging putih rendah lemak bisa membantu mengurangi risiko infeksi.

Itulah berbagai makanan yang dilarang untuk penderita infeksi saluran kencing yang perlu diketahui. Juga penting bagi penderita ISK untuk mengadopsi pola makan yang mendukung perawatan dan penyembuhan.

Namun, sebaiknya selalu berkonsultasi dengan profesional medis atau ahli gizi sebelum melakukan perubahan besar dalam pola makan, terutama bagi penderita ISK dengan kondisi kesehatan yang unik.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome. Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download