BlogLifestyleKesehatan10 Manfaat Eco Enzyme untuk Kesehatan dan Kehidupan
0
0

10 Manfaat Eco Enzyme untuk Kesehatan dan Kehidupan

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jul 9, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ada banyak cara dalam menjaga lingkungan salah satunya mengurangi pemakaian bahan kimia. Pins bisa mengandalkan manfaat eco enzyme sebagai pembersih, merawat kulit, pupuk dan menjaga kesehatan. Bahannya berasal dari sampah organik seperti sisa buah dan sayur.

Selain eco enzyme, Kalkulator KPR mampu membangu Pins memperhitungkan perkiraan KPR. Mencari perumahan di Bogor seperti Green Paradise City dengan KPR akan lebih murah karena menggunakan perhitungan yang matang.

10 Manfaat Eco Enzyme

Eco enzyme manfaat tidak hanya bagi manusia namun juga lingkungan. Bahannya hanya menggunakan potongan sayur dan buah mentah, gula merah, air dan wadah kedap udara yang dicampur dan difermentasikan. Yuk simak dulu apa saja manfaat dari eco enzyme berikut!

1. Penyubur Tanaman

manfaat eco enzyme untuk pertumbuhan tanaman
Source : Pexels

Selain baik sebagai cairan pembersih, apa manfaat eco enzyme bagi lingkungan seperti tanaman? Ternyata eco enzyme mampu merangsang pertumbuhan tanaman. Apabila digunakan dalam pertanian mampu meningkatkan hasil panen secara optimal.

Dalam aplikasiannya cukup isi botol dengan 2 liter air dan 30 ml eco enzyme. Aduk rata kemudian semprotkan ke tanah atau langsung ke tanaman. Dengan begitu tanaman akan lekas tumbuh tinggi.

2. Cairan Pembersih Serbaguna

Larutannya bisa jadi alternatif cairan pembersih yang dapat Pins aplikasikan ke seluruh bagian rumah mulai dapur, kamar mandi hingga sabun cuci piring. Cairannya tidak mengandung bahan kimia namun ampuh mengangkat minyak dan aroma tak sedap.

Dalam pemakaiannya sama dengan sabun cuci pada umumnya. Cairan ini bisa pula untuk membersihkan buah dan sayuran. Caranya tinggal mencampurkan 1 tutup botol eco enzyme dalam air. Setelah itu rendam selama 30-45 menit baru cuci sayur dan buahnya dengan air bersih.

3. Penjernih Udara dan Air

Source : Pexels

Gunakan pula larutan ini sebagai penjernih udara dan air. Manfaat eco enzyme adalah sebagai desinfektan atau filter udara dengan dicampur bersama air. Perbandingannya dengan air adalah 1:100 kemudian kocok dan semprotkan ke sekeliling ruangan.

Jika ingin menggunakannya sebagai penjernih air bisa memakai 1-2 tetes ke dalam 50 liter air. Cairan ini dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis dalam aquarium serta menjernihkan air kolam.

Baca juga: Pentingnya Mengenal 12 Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan Tubuh

4. Pengurai Bakteri

Untuk mengurai bakteri khususnya dalam septik tank digunakan eco enzyme. Manfaat eco enzyme adalah mengurai kotoran lebih cepat sehingga septik tank tidak mudah penuh. Pins bisa mengurangi intensitas penyedotan kotoran serta mengurangi penyumbatan saluran pembuangan dalam lubang WC.

5. Pupuk Alami

manfaat eco enzyme untuk tanah
Source : Pexels

Memanfaatkan sampah organik sebagai pupuk merupakan salah satu cara menjaga lingkungan. Eco enzyme menjadi solusi tepat dalam memenuhi kebutuhan pupuk alami. Fungsinya adalah mampu menghilangkan pestisida dan residu insektisida pada buah dan sayur.

Langkah pembuatannya tergolong mudah karena cukup melarutkan air dengan 2 sendok teh eco enzyme. Ketika kedua bahan ini sudah tercampur rata bisa langsung disemprotkan ke tanaman. Sayuran dan buah organik akan mudah tumbuh bahkan dalam pot sekalipun.

6. Pengusir Hama

Jika tanamanmu kini sedang terkena hama penyakit maka gunakan saja eco enzyme. Zat ini mampu mengusir hama yang menghinggapi tanaman seperti semut, kecoa atau serangga lainnya.

Apabila hama ini dibiarkan begitu saja akan membuat tanaman gagal berbuah bahkan mati sebelum sempat dipanen. Langkahnya dengan mencampurkan 30 ml eco enzyme dalam 1 liter air kemudian semprotkan ke tanaman yang dihinggapi oleh hama tadi.

Baca juga: Mengenal 16 Manfaat Buah Ciplukan untuk Tubuhmu

7. Menyembuhkan Sakit Kulit

Source : Unsplash

Apa manfaat eco enzyme bagi kulit kita? Ternyata perannya sangat penting dalam menyembuhkan sakit kulit. Larutannya mampu memperbaiki penyakit kulit seperti peradangan, gigitan serangga, luka bakar bahkan luka bagi penderita diabetes.

Eco enzyme bisa pula mengatasi gatal akibat infeksi kulit dari jamur. Kelembaban kulit dapat dikunci sehingga menghindari kulit bersisik, kering atau penebalan. Cukup oleskan ke area kulit kering atau yang memiliki luka.

8. Menyuburkan Rambut

Eco enzyme manfaat bagi rambut bisa untuk mencegah kerontokan rambut maupun ketombe. Pertumbuhan jamur penyebab ketombe dapat ditekan agar rambut lebih lembut, bersih dan berkilau.

Pins bisa pula memanfaatkannya sebagai obat kumur dan sakit gigi. Eco enzyme memiliki khasiat menyegarkan mulut, mencegah gusi berdarah hingga sariawan.

9. Merawat Kulit Wajah

manfaat eco enzyme untuk kulit
Source : Pexels

Saat kulit terkena alergi, dampaknya bisa memerah maupun gatal. Fungsi eco enzyme adalah mengatasi keluhan tersebut. Cukup campurkan beberapa tetes dalam air lalu basuh wajah.

Selain untuk wajah juga bisa Pins gunakan untuk merendam kaki. Hal ini bisa menambah relaksasi sekaligus menyembuhkan gatal-gatal pada kaki.

Baca juga: 12 Manfaat Sungai untuk Manusia dan Kehidupan Sehari-Hari

10. Hand Sanitizer

Eco enzyme manfaat bisa untuk hand sanitizer alami yang dapat dibuat sendiri di rumah. Sifatnya sebagai desinfektan ternyata aman pula mengurangi bakteri di kulit tangan. Caranya cukup campurkan dengan sedikit air kemudian taruh di botol semprot agar mudah menggunakannya.

Eco enzyme sebenarnya bukan hal baru namun masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Sebenarnya dalam mengolah sampah menjadi eco enzyme hanya membutuhkan potongan sayur dan buah mentah, gula merah, air dan wadah kedap udara untuk membuat fermentasi.

Manfaat eco enzyme tidak hanya untuk mengurangi sampah namun meminimalisir pemakaian bahan kimia. Larutannya bisa sebagai cairan pembersih, merawat kulit, mengusir hama hingga menyuburkan rambut.

Feature Image Source: FKM Unair


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Britania Green Resort dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download