BlogLifestyleHobiManfaat Lidah Mertua untuk Lingkungan Sekitar Rumah
0
0

Manfaat Lidah Mertua untuk Lingkungan Sekitar Rumah

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Rizko Fatra

Apr 7, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
lidah mertuatop-right-banner

Manfaat lidah mertua tidak hanya dapat memenuhi unsur estetika saja. Lidah mertua memang dikenal sebagai tanaman hias yang mudah ditemui dan cocok diletakkan di sudut teras rumah maupun di dalam ruangan kamar. Asal Pins tahu, lidah mertua tidak seperti tanaman hias lainnya.

Pinhome – Tanaman ini tergolong unik karena memiliki kemampuan untuk menghasilkan oksigen di malam hari. Jadi, lidah mertua sangat aman dan dianjurkan untuk diletakkan di dalam kamar supaya atmosfer ruangan menjadi lebih seimbang. Tapi, apakah Pins sudah tahu segudang fakta tentan lidah mertua?

Baca Juga: Beragam Jenis Tanaman Dalam Rumah Yang Baik Untuk Kesehatan

Lidah mertua

Source : Freepik

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Kekinian Untuk Mempercantik Halaman Rumah

Lidah mertua memiliki nama latin Sansevieria trifasciata. Selain disebut dengan lidah mertua, tanaman hias ini juga disebut dengan tanaman ular atau snake plant. Morfologi daunnya sungguh cantik, lidah mertua umumnya berbentuk daun memanjang yang menyerupai pedang.

Tak jarang pula tanaman ini juga memiliki garis kuning muda di pinggiran daunnya yang memanjang, Pins. Untuk bisa merawat tanaman ular ini juga tergolong mudah dan tidak memerlukan ongkos selangit. Pins tak perlu waktu khusus untuk dapat melihat lidah mertua tumbuh menjuntai dengan indahnya.

Tanaman hias yang satu ini ternyata hanya membutuhkan sedikit air untuk bertahan hidup, Pins. Jadi, Pins tidak perlu berlebihan menyiramnya. Cukup siram tanaman ketika tanahnya benar-benar kering. Selain itu, lidah mertua juga ada baiknya tidak diletakkan di bawah sinar matahari langsung supaya tidak kusam. Tenang, tidak perlu khawatir lidah mertua akan layu, tanaman ini bisa bertahan meski di dalam ruangan yang gelap, Pins.

Meski begitu, Pins tetap harus menjauhkan tanaman hias lidah mertua dari jangkauan hewan peliharaan dan anak-anak. Sebab, lidah mertua kemungkinan sedikit beracun apabila dikonsumsi oleh makhluk hidup. Nyatanya tak hanya ada satu varietas saja, lidah mertua memiliki beberapa jenis, lho.

Jenis tanaman lidah mertua

Berikut Pinhome rangkum beberapa jenis tanaman lidah mertua yang bisa Pins jadikan referensi untuk menambah koleksi tanaman hias di rumah:

  • Bird’s nest snake plant: Lidah mertua jenis ini juga sering disebut dengan Hahnii. Morfologi atau bentuk tanamannya tergolong relatif kecil, setidaknya hanya tumbuh setinggi 6 inci saja, Pins. Daunnya juga membentuk kelompok lainnya sarang burung.
  • Cylinder snake plant: Tanaman hias varietas ini memiliki nama latin Sansevieria cylindrica. Bentuk daunnya bulat dan bisa menjuntai ke luar seperti mahkota.
  • Laurentii Sansevieria: Nah, ini dia lidah mertua yang sering Pins jumpai di pekarangan rumah. Morfologi tanaman ular varietas ini memiliki bentuk daun memanjang laiknya pedang dengan garis kuning di pinggirnya.

Manfaat tanaman lidah mertua

Source : Kompas

Lidah mertua manfaatnya memang tak perlu diragukan lagi, Pins. Apabila di rumah Pins menanam tanaman hias ini, maka secara tak sadar Pins sudah mendapatkan manfaat lidah mertua. Penasaran apa saja manfaat tanaman lidah mertua? Ini beberapa manfaat lidah mertua yang wajib Pins ketahui:

Mengurangi tingkat polusi udara

Manfaat bunga lidah mertua atau Snake plant juga dianggap sebagai salah satu tanaman yang bisa menyerap polutan dari udara beracun termasuk di dalamnya CO2, xilena, toluene, formaldehida, dan benzena.

Mencegah risiko kanker

Dengan meminimalisir paparan udara kotor seperti  CO2, xilena, toluene, formaldehida, dan benzena artinya Pins juga mengurangi risiko terkena kanker yang disebabkan oleh kualitas udara kotor.

Menghalau risiko terkena alergi

Manfaat bunga lidah mertua selanjutnya yaitu sebagai pemasok oksigen, tanaman hias lidah mertua sudah pasti bisa mengurangi risiko kemungkinan Pins terkena alergi.

Memproduksi oksigen yang berkualitas

Selain itu, lidah mertua juga bekerja mengubah karbon dioksida (CO2) menjadi oksigen di malam hari. Tentu, hal ini akan membuat tidur Pins lebih nyenyak.

Meningkatkan kreativitas

Dengan udara di dalam ruangan yang berkualitas dan sirkulasi yang baik karena lidah mertua, tentu Pins bisa merasakan sendiri bisa menjadi pribadi yang lebih produktif dan kreatif.

Mengurangi stres

Ya, merawat tanaman hias memang menyenangkan, terlebih lagi warnanya yang hijau dan tanaman tersebut tumbuh segar serta subur, sudah pasti suasana hati akan membaik dan Pins bisa terhindar dari bahaya stres.

Hama dan penyakit lidah mertua

Merawat tanaman lidah buaya memang mudah, tapi jangan disepelekan juga karena masih ada risiko tanaman hias penghasil oksigen ini terkena hama. Hama yang sering muncul pada tanaman hias lidah mertua yaitu kutu putih atau tungau.

Tanaman hias yang ramah diletakkan di dalam ruangan ini memang masih berisiko terkena hama, untuk itu Pins harus mengambil langkah tepat untuk mengatasinya. Caranya sangat mudah, Pins. Berikut langkah-langkah yang dapat Pins terapkan:

  • Pertama, basahi kain lap dengan air hingga lembab.
  • Setelah itu, lap lidah mertua secara menyeluruh, dari ujung atas hingga ujung bawah.
  • Lakukan rutinitas tersebut secara rutin, setidaknya seminggu sekali, Pins.
  • Lidah mertua yang berhama akan mudah diidentifikasi dengan kain putih tersebut.
  • Jika kain lap putih dipenuhi dengan hewan kecil, maka sudah pasti lidah mertua sedang diserang hama, Pins.

Segudang manfaat lidah mertua di atas tentu tak perlu diragukan lagi. Pins akan mendapatkan manfaat tanaman lidah mertua jika bisa merawatnya dengan baik sehingga tidak berisiko layu karena hama. Selamat merasakan manfaat bunga lidah mertua, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Yosa

Editor: Iko

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download