BlogHome ServiceKebersihan Rumah10 Manfaat Membersihkan Rumah Untuk Kesehatan Badan dan Mental
0
0

10 Manfaat Membersihkan Rumah Untuk Kesehatan Badan dan Mental

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Selain membuat rumah nyaman ditinggal, manfaat membersihkan rumah ternyata baik untuk kesehatan, lho. Walaupun terasa melelahkan, bersih-bersih bisa membawa perasaan yang positif. Belum lagi kebersihan rumah yang terjaga membawa rasa nyaman pada kamu dan keluarga.

Sementara itu, rumah berantakan bisa meningkatkan rasa lelah dan stres. Ini telah dibuktikan dari penelitian yang dimuat dalam jurmal Personality and Social Psychology.

Maka dari itu, tidak ada salahnya bukan rutin bersih-bersih rumah demi mendapatkan manfaat yang ada di bawah ini, Pins!

Manfaat Membersihkan Rumah

Menangkal Penyakit

(Pexels)

Salah satu manfaat membersihkan rumah yang paling utama adalah menangkal penyakit. Pasalnya, rumah yang bersih bikin virus dan bakteri ‘malas’ untuk berkembang biak. Dengan begitu, kamu bisa beraktivitas di rumah dengan aman, nyaman, dan higienis.

Terlebih lagi, menyemprotkan hunian dengan desinfektan dan antiseptik akan jauh lebih bersih. Desinfektan berfungsi membunuh atau menghambat bakteri, virus, dan jamur. Cairan yang bisa dibuat sendiri ini bisa dipakai pada perabotan, lantai, maupun seluruh ruangan.

Sementara itu, antiseptik berguna melawan dan menghambat kuman, serta mikroorganisme lainnya pada jaringan hidup, seperti tangan dan kaki.

Mikroorganisme dapat hinggap pada piring kotor, kasur maupun lantai. Tidak hanya dari debu yang terbawa melalui alas kaki namun karena kelembaban tinggi.

Baca Juga: Intip 10 Harga Mesin Penghitung Uang Yuk!

Memacu Produktivitas

(Pexels)

Pins tahu tidak kalau bersih-bersih rumah bisa memacu produktivitas? Pasalnya, kebiasaan ini mendorong tubuh bergerak lebih aktif, termasuk tangan kaki, hingga keseluruhan badan.

Bahkan, Pins yang membersihkan rumah secara menyeluruh tentu menghabiskan waktu berjam-jam hingga berhari-hari. Ini bisa mengeluarkan lebih banyak keringat daripada aktivitas biasanya.

Hal ini mungkin juga akan terasa ketika kamu membersihkan halaman rumah. Sebagai contoh, Pins terpaksa harus jongkok dalam waktu lama saat mencabut rumput. Ini mungkin membakar kalori seperti saat latihan kardio di gym, lho.

Pins dapat menjadwal bersih-bersih rumah setiap akhir pekan. Daripada hanya duduk santai di sofa, mengisi waktu dengan bersih-bersih rumah mampu menjaga badan tetap bugar dan rumah bersih maksimal.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Meja, Dijamin Bebas Debu dan Kotoran Seketika

Memperbaiki Mood

(Pexels)

Coba bayangkan bila setelah seharian bekerja, Pins hendak beristirahat namun melihat rumah masih berantakan. Tentunya hal ini membuat suasana hati akan bertambah buruk, bukan?

Berbeda jika melihat rumah yang bersih dan rapi tentu mood akan jauh lebih baik. Menurut Psychology Today pemilihan warna dan kondisi ruangan tertata rapi mampu menimbulkan efek positif terhadap penghuninya.

Melancarkan Aktivitas Didalam Rumah

(Pexels)

Selain itu, manfaat membersihkan rumah berpengaruh pada efektivitas ruang gerak penghuninya. Rumah yang tertata rapi akan memudahkan Pins menemukan barang yang dibutuhkan lebih cepat.

Pins juga dapat terhindar dari luka benturan atau sayatan dari perabot di rumah. Misalnya saja sisi tajam meja kaca, jarum pentul yang terjatuh di karpet atau ruang gerak terbatas ketika ada di dalam rumah.

Hidup Lebih Teratur

Dalam proses membersihkan rumah tentu erat kaitannya dengan menata barang-barang lebih teratur. Secara otomatis hidup turut tertata dan tidak sembarangan. 

Pins dapat mengetahui dimana letak barang-barang yang ada di rumah. Perilaku ini akan membawa efek positif tidak hanya di lingkungan rumah, tetapi juga beraktivitas di luar rumah.

Mengurangi Stress

Manfaat membersihkan rumah ternyata mampu mengurangi stres, apalagi pada kelompok usia dewasa. Menurut Ketchum Global Research & Analytics menyatakan bahwa 79% orang dewasa AS mengalami stres dan 72 % diantaranya kesepian.

Hal ini berpengaruh pula pada World Happiness Index AS yang terus menurun. Solusi sederhananya atas masalah tersebut adalah pembersihan. Dengan bersih-bersih rumah ini, kebanyakan orang yang disurvei merasa lebih rileks.

Stres juga ikut berkurang karena berada di rumah yang bersih. Berdasarkan analisis biometrik seseorang yang memasuki ruang bersih mampu meningkatkan kebahagiaannya.

Sementara mereka yang tinggal di tempat kotor rentan tidak bahagia. Mereka yang suka bersih-bersih rumah mampu meningkatkan kebahagiannya sebesar 25 % dan 57 % peningkatan modal sosial.

Baca Juga: 10 Cara Membersihkan Karpet Bulu Agar Tidak Bau

Meningkatkan Kenyamanan Bagi Tamu

(Pexels)

Manfaat membersihkan lingkungan rumah tidak hanya berpengaruh pada penghuninya saja, melainkan juga bagi para tamu yang datang. Ketika rumah bersih, tamu akan lebih nyaman untuk tinggal berlama-lama di rumahmu.

Selain itu, tamu dapat menilai kepribadian Pins dari kondisi rumah yang dihuni. Apabila tampak rapi dan bersih, kamu bisa dianggap sebagai pribadi yang rajin. 

Mencegah Serangga & Alergi

(Pexels)

Rumah yang kotor memang mengundang serangga yang datang. Serangga ini bisa menimbulkan alergi bila dibiarkan. Sebagai contoh, tungau pada kasur, kutu beras atau rayap yang muncul pada perabotan kayu. Selain itu, debu bisa memicu reaksi alergi pada beberapa orang.

Untuk itu, rumah yang bersih artinya mencegah tungau pada kasur muncul, bukan? Maka dari itu, kamu perlu menerapkan aturan bersih-bersih rumah untuk mencegah timbulnya reaksi alergi seperti gatal pada kulit, ya!

Kualitas Tidur Terjamin

(Pexels)

Melansir survei perusahaan produk tidur CPAP, hanya ada 26% orang yang memiliki kualitas tidur yang baik dalam kondisi rumah yang berantakan. Di sisi lain, kebanyakan responden justru merasa cemas saat ruangan kamar tidur tidak rapi.

Menurut Christine Lawler yakni pakar tidur dari The Peacefull Sleeper mengatakan otak dapat terjaga saat dikelilingi dengan kekacauan. Dengan kamar yang rapi maka Pins dapat terlelap lebih cepat dan nyenyak.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kebersihan rumah juga mampu menjaga kesehatan jantung. Seseorang yang lebih aktif bergerak dapat mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular hingga 24 %.  

Aktivitas seperti membersihkan rumah mampu menyehatkan jantung. Jadi setelah tahu  manfaat membersihkan rumah diatas masih malas untuk merampungkan pekerjaan rumah ?


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download