BlogLifestyleKesehatan11 Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui
0
0

11 Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Jul 9, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
manfaat-mengkudutop-right-banner

Bagi Pins yang tinggal di daerah New Abaya Village pasti menemukan tanaman seperti pohon mengkudu. Tapi, apakah kamu tahu bahwa di buah ini memiliki banyak manfaat mengkudu bagi kesehatan. Berbagai macam manfaat buah mengkudu yang ditawarkan bisa kamu dapatkan ketika mengkonsumsinya lho. Sama seperti ketika kamu mengkonsumsi bunga rosella, atau manfaat buah rambutan

Manfaat buah mengkudu ini ternyata mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, Vitamin B, dan lain sebagainya. Penasaran bukan apa saja manfaat lain yang diberikan oleh mengkudu ini, yuk simak artikelnya di bawah ini. 

Apa Itu Buah Mengkudu

manfaat mengkudu
Source : viva.co.id

Buah mengkudu, juga dikenal sebagai noni, adalah buah yang berasal dari pohon Morinda citrifolia yang tumbuh di daerah tropis seperti Asia, Pasifik, dan Polinesia. Buah ini memiliki ukuran sekitar 4 hingga 7 cm dan memiliki bentuk oval atau lonjong. Kulit buah mengkudu berwarna hijau saat masih muda dan berubah menjadi kuning atau putih saat matang.

Buah mengkudu memiliki aroma yang kuat dan khas, yang banyak orang dan mungkin termasuk Pins menggambarkannya sebagai bau yang tidak sedap. Daging buahnya berair dan berwarna putih hingga kekuningan dengan tekstur yang lembut. Buah mengkudu mengandung banyak biji kecil yang tidak dapat dikonsumsi. 

Meskipun buah mengkudu memiliki rasa yang pahit dan asam, banyak orang mengkonsumsinya karena manfaat kesehatan yang dikaitkan dengannya. Buah ini dapat dikonsumsi segar atau diolah menjadi jus, minuman, atau suplemen makanan. Dan, jika Pins yang ingin mencari hunian baru di Bandung bisa untuk mengunjungi website Pinhome ya!

11 Manfaat Mengkudu

Buah mengkudu mengandung berbagai nutrisi, termasuk vitamin C, vitamin A, vitamin B, zat besi, kalsium, dan serat. Meskipun rasanya mungkin tidak disukai oleh semua orang, buah mengkudu terus menarik minat karena potensi manfaat kesehatannya.

Selain buahnya, daun mengkudu juga memiliki kegunaan dalam pengobatan tradisional. Daun mengkudu biasanya digunakan dalam bentuk teh atau ekstrak untuk mengambil manfaatnya.

1. Manfaat Mengkudu Memiliki Antioksidan

Manfaat buah mengkudu yang pertama yaitu memiliki antioksidan. Mengkudu mengandung senyawa-senyawa antioksidan yang tinggi seperti xeronin, asam askorbat, dan beta-sitosterol. Antioksidan ini membantu untuk melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit lho Pins. 

2. Antiinflamasi yang Diberikan Mengkudu

Ternyata manfaat daun mengkudu juga memberikan dampak yang baik bagi tubuh. Pasalnya, kandungan antiinflamasi dalam daun mengkudu dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, seperti arthritis dan penyakit inflamasi lainnya. 

3. Mampu Menurunkan Tekanan Darah

manfaat mengkudu
Source : siloamhospital.com

Dari beberapa penelitian, manfaat mengkudu menunjukkan bahwa buah ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sama seperti manfaat bawang dayak, senyawa-senyawa dalam mengkudu dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. 

4. Manfaat Mengkudu Untuk Menyehatkan Jantung

Manfaat mengkudu juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini juga dapat ditemukan di manfaat propolis yang dimana senyawa-senyawa dalam propolis dan mengkudu dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

5. Menurunkan Resiko Diabetes

Diabetes menjadi musuh utama manusia lho Pins. Maka dari itu, mengkonsumsi mengkudu dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Ini dapat membantu mengurangi resiko diabetes tipe 2 yang tentunya dapat kamu temui di manfaat brotowali

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Source : kompas.com

Mengkudu mengandung senyawa-senyawa yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, seperti vitamin C dan flavonoid. Hal ini juga dapat kamu temui di manfaat jambu air karena senyawa ini dapat membantu melawan infeksi dan penyakit. 

7. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat mengkudu tentunya dapat membantu memperbaiki gangguan pencernaan, seperti sembelit, diare, dan gangguan pencernaan lainnya. Seperti yang kita ketahui bahwa manfaat daun mengkudu juga memiliki sifat pencahar alami. 

8. Mampu Mengurangi Risiko Kanker

Dari beberapa penelitian, manfaat mengkudu menunjukkan bahwa manfaat buah mengkudu memiliki potensi sebagai agen antikanker. Senyawa-senyawa aktif di dalam mengkudu dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker lho Pins. Masih ragu dengan manfaat mengkudu? 

9. Menyehatkan Tulang dan Sendi

Source : mediaindonesia.com

Mengkudu mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti kalsium, magnesium, dan vitamin K, yang penting untuk kesehatan tulang dan sendi. Tentunya hal ini juga dapat Pins temui di manfaat terong yang bisa kamu konsumsi. 

10. Manfaat Mengkudu Untuk Menyehatkan Kulit

Selain manfaat ikan gabus, mengkudu juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Minyak atau ekstrak mengkudu sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk mengobati jerawat, luka, dan masalah kulit lainnya. 

11. Menyehatkan Sistem Saraf

manfaat mengkudu
Source : detik.com

Manfaat buah mengkudu yang terakhir ialah menyehatkan sistem saraf. Mengkudu dapat membantu menjaga kesehatan sistem saraf. Dari beberapa penelitian, manfaat mengkudu menunjukkan bahwa senyawa-senyawa yang terkandung dalam mengkudu dapat melindungi neuron dan meningkatkan fungsi otak. 

Nah, perlu Pins ketahui bahwa walaupun mengkudu memiliki banyak sekali potensial, maka penting bagi kamu untuk mengingat bahwa jangan mengkonsumsinya terlalu berlebihan.

Jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang berada dalam masa pengobatan, maka lebih baik melakukan konsultasi dengan profesional medis sebelum menggunakan mengkudu sebagai pengobatan alternatif. Semoga artikel ini bermanfaat ya Pins!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Intan Residence Bogor dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download