BlogHome ServiceKebersihan Rumah5 Manfaat Sapu Lidi Selain untuk Menyapu
0
0

5 Manfaat Sapu Lidi Selain untuk Menyapu

Dipublikasikan oleh  

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sapu sekilas terlihat seperti alat rumah tangga yang sederhana bahkan terkesan remeh. Namun, sapu memiliki banyak manfaat penting terutama dalam menjaga kebersihan rumah. Jika tidak ada benda yang satu ini, kegiatan membersihkan rumah jadi terasa lebih sulit. Terlebih sapu telah ada sejak zaman dulu dan masih digunakan hingga saat ini. Mungkin banyak dari Pins yang masih beranggapan bahwa sapu lidi hanya digunakan untuk membersihkan halaman rumah saja. Padahal sapu memiliki banyak manfaat lain lho! Bahkan ada kepercayaan tertentu yang menganggap sapu lidi sebagai pelindung dari mahluk halus. Bagi kamu yang penasaran apa saja manfaat sapu lidi, simak ulasannya di bawah ini yuk!

Sejarah Sapu di Dunia

(Canva Pro)

Sapu pertama kali ditemukan pada tahun 1797 di Amerika Serikat. Alat yang satu ini ditemukan seorang petani bernama Levi Dickenson. Kualitas dari sapu sangat efektif dalam membersihkan lantai. Sapu terus berkembang dan semakin populer digunakan untuk membersihkan rumah. 

Selain itu, keberadaan sapu juga tidak dapat dipisahkan dengan tradisi. Orang Kanada memiliki tradisi tarian sapu yang sangat unik. Tarian ini melibatkan gerakan kaki yang cepat dan melompat-lompat.

Kemudian pada Perang Dunia II, para awak kapal selam Amerika akan mengibarkan sapu di depan kapal ketika kembali ke pelabuhan sebagai isyarat bahwa mereka berhasil. Ya, sapu lidi sering digunakan sebagai penanda kemenangan di zaman dulu. 

Baca juga:

Cara Membuat Sapu Lidi

(Canva Pro)

Manfaat yang diberikan sapu lidi memang cukup banyak dan sangat penting dalam menjaga kebersihan rumah. Tak heran hampir setiap rumah memiliki sapu lidi. Namun tahukah Pins kalau membuatnya sangat mudah lho! Kamu bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, pastikan kamu telah menyiapkan alat dan bahan seperti pelepah kelapa, pisau, dan tali untuk membuat sapu lidi.
  • Lalu pisahkan daun yang ada di pelepah kelapa dengan pisau agar lebih mudah.
  • Setelah semua sudah dipisahkan, jemur lidi tersebut dibawah sinar matahari agar kering dan kuat.
  • Jika Pins ingin menggunakan gagang pada sapu, tambahkan bambu atau kayu pada bagian tengah kumpulan sapu lidi sebelum diikat.
  • Selanjutnya, lidi yang sudah kering disatukan semua dan diikat menjadi satu dengan tali yang kuat agar sapu tidak mudah lepas.
  • Setelah itu sapu sudah bisa digunakan atau sapu bisa di jual.

Manfaat Sapu Lidi

(Canva Pro)

Sapu lidi memang menjadi benda umum yang hampir di setiap rumah memilikinya. Fungsinya untuk membersihkan rumah menjadikannya sangat penting. Namun jika kebanyakan dari kamu berpikir sapu lidi hanya digunakan untuk menyapu, kamu harus memperhatikan daftar manfaat lain dari sapu lidi berikut ini.

Membersihkan Langit-Langit

Manfaat sapu lidi yang pertama adalah dapat digunakan untuk membersihkan langit-langit. Sapu lidi memiliki bagian yang agak tajam pada bagian bawahnya sehingga memudahkan kamu dalam membersihkan langit-langit dari debu dan sarang laba-laba. Kamu cukup mengusap bagian langit-langit dengan sapu atau memutar sarang laba-laba dengan ujung sapu lidi.

Mengusir Serangga

Mengusir serangga menjadi manfaat kedua dari sapu lidi. Biasanya sapu lidi ini digunakan untuk mengusir nyamuk atau lalat dari dalam rumah. Sapu lidi bisa membuat serangga takut dan kabur. Bagi kamu yang takut serangga, sapu lidi ini perlu tersedia di rumah agar kamu tidak perlu repot-repot mengusir serangga. Cara penggunaan sapu lidi ini pun tidak sulit, kamu hanya perlu memukul serangga atau menakut-nakutinya dengan memukul sapu lidi ke permukaan benda dekat serangga.

Membersihkan Kasur

Manfaat sapu lidi lainnya adalah untuk membersihkan kasur. Sapu lidi umumnya terdiri dari dua jenis, yaitu sapu lidi untuk membersihkan dalam ruangan dan sapu lidi untuk bagian luar ruangan. Guna membersihkan kasur, Pins bisa menggunakan sapu lidi dalam ruangan yang memiliki lidi lebih halus dan tipis sehingga tidak merusak kasur. 

Mebersihkan Karpet

Karpet sering kotor karena debu, terkena percikan makanan atau minuman, hingga kotor karena bulu-bulu anabul yang menempel. Biasanya sulit sekali membersihkan debu-debu karpet, terlebih jika bulu-bulu anabul sudah menempel. Nah kamu bisa menggunakan sapu lidi untuk membersihkan karpet. Cara penggunaan sapu untuk membersihkan karpet ini hanya dengan menyapukan karpet sehingga debu dan bulu-bulu anabul bisa lepas dari permukaan karpet. Gunakan bagian bawah yang lebih tipis untuk menyapu permukaan karpet sehingga debu lebih mudah terangkat.

Pengganti Sikat untuk Membersihkan Lantai

Jika Pins suka membersihkan lantai teras dengan sikat, kamu bisa menggunakan sapu lidi sebagai penggantinya. Cara penggunaan sapu lidi untuk membersihkan lantai teras pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menuangkan sabun pada lantai dan menyapukan lantai dengan sapu lidi dengan posisi sapu setengah tidur. Dengan menggunakan sapu lidi, jegiatan membersihkan lantai teras jadi lebih cepat karena permukaannya yang lebih lebar dibandingkan sikat. Jadi bekerja dengan sapu lidi ini memang sangat efektif.

Itulah 5 manfaat sapu lidi selain untuk menyapu. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan kamu mengenai fungsi sapu lidi dan membersihkan rumah ya!

Baca juga:

Nah, untuk Pins yang terkadang malas bersih-bersih di rumah, bisa pakai layanan Home Cleaning dari Pinhome Home Service melalui aplikasi pinhome. Harganya mulai 50ribu untuk 1 jam dengan berbagai promo tersedia. Klik di sini untuk coba.

Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download