BlogHome ServiceKecantikan6 Manfaat Seledri Untuk Rambut, Ketahui Cara Menggunakannya!
0
0

6 Manfaat Seledri Untuk Rambut, Ketahui Cara Menggunakannya!

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Selama ini, Pins mungkin mengenal seledri sebagai lalapan dalam masakan atau untuk manfaat kesehatannya, seperti mengatasi hipertensi dan mengontrol gula darah. Siapa sangka ternyata seledri juga efektif untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Apa manfaat seledri untuk rambut dan bagaimana penggunaannya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Fakta Manfaat Daun Seledri Untuk Rambut

Source : klikdokter.com

Untuk menambah jumlah atau kekurangan pada rambut, orang tua tua biasa membuat jus dari daun seledri lalu mengoleskannya pada rambut dan kepala sebagai masker rambut. Cara ini dinilai efektif untuk menebalkan rambut yang Pins punya. 

Sebenarnya, ini dilakukan bukan tanpa alasan. Dari segi nilai gizi, daun seledri mengandung vitamin dan mineral yang dapat merangsang pertumbuhan rambut, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, serta asam folat dan magnesium. 

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Jerawat di Hidung  

Karena nilai gizinya, wajar jika daun seledri telah digunakan sebagai penyubur rambut secara turun-temurun. Namun, bukan berarti dengan menggunakan daun seledri  bisa langsung membuat rambut Pins lebih lebat dan kencang. Sejauh ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa daun seledri dapat menebalkan rambut bayi.

Berikut ini manfaat seledri untuk rambut secara detail yang perlu Pins ketahui. Apa saja? Yuk simak artikel dibawah ini!

Membantu Mengatasi Kebotakan

Source : detik.com

Kebotakan atau kerontokan rambut merupakan masalah rambut dan kulit kepala yang sering dikeluhkan banyak orang. Alopecia Areata adalah rambut rontok ekstrim yang menyebabkan kebotakan. 

Banyak hal yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Jurnal Comparative Medicine menyebutkan bahwa salah satu penyebab kerontokan rambut adalah peradangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. 

Nah, seledri merupakan salah satu tanaman yang memiliki sifat antibakteri, sehingga bisa melawan bakteri. Oleh karena itu, salah satu khasiat seledri untuk kulit kepala adalah membantu mengurangi kerontokan rambut yang dapat berujung pada kebotakan.

Mengurangi Kerusakan Akibat Paparan Sinar Matahari

Source : klikdokter.com

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan rambut seperti rambut kering, rapuh dan rapuh. Seledri mengandung senyawa flavonoid yang  membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari. Senyawa ini juga dapat membantu mempertahankan kelembaban pada rambut agar tetap sehat dan mencegah kerusakan.

Baca juga: 12 Pelembab untuk Kulit Bruntusan

Mengatasi Ketombe

Source : giovannybarbershop.com

Daun seledri tidak hanya dapat mengontrol kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut, tetapi juga efektif melawan ketombe. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Research Chemistry mengklaim bahwa ekstrak seledri, yang digunakan sebagai minyak esensial dan dioleskan ke rambut, dapat melawan bakteri penyebab ketombe Pityrosporum ovale. Sifat antibakteri ini menjadikan seledri sebagai bahan anti ketombe yang potensial.

Menjaga Warna Alami Rambut

Source : tribunnews.com

Manfaat seledri untuk rambut juga dapat membantu menjaga warna alami rambut kamu. Kandungan gizi seledri seperti vitamin A, B dan C dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan mencegah warna rambut memudar dan memudar.

Menjaga Kelembaban Kulit Kepala

Source : finansialku.com

Manfaat seledri lainnya untuk rambut adalah menjaga kelembaban kulit kepala. Seledri mengandung beberapa nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala, salah satunya adalah vitamin A. 

Vitamin A dalam sayuran hijau seperti seledri dapat membantu produksi sebum atau minyak alami. Itu membuat rambut terlindungi sementara kelembaban dipertahankan.

Baca juga: 11 Sabun Cuci Muka untuk Kulit Bruntusan

Mengurangi Kerusakan Akibat Polusi

Source : soco.id

Manfaat seledri untuk rambut juga dapat menetralkan efek negatif polusi pada rambut. Polusi udara dapat menyebabkan kerusakan pada rambut seperti rambut kering, rusak dan rapuh. Seledri mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat polusi dan memperbaiki kerusakan yang sudah terjadi.

Cara Menggunakan Daun Seledri Untuk Rambut

Source : ayosemarang.com

Setelah membaca artikel diatas, Pins dapat mengetahui manfaat seledri untuk rambut dan cara pemakaiannya yang bisa kamu ikuti. Jus seledri mengandung banyak air dan vitamin A. Keduanya baik untuk rambut. Sayuran ini dapat membantu menjaga kelembaban kulit kepala dan menutrisi akar dan helai rambut. 

Ini juga dapat membantu pertumbuhan rambut dengan memperbaiki tekstur dan pertumbuhannya. Jus daun seledri juga dapat mengurangi peradangan dengan melemaskan folikel rambut, akar, dan kulit kepala. Sifat antioksidan daun seledri juga dapat mendorong pertumbuhan rambut yang cepat. Ini juga membantu memperkuat rambut, yang berarti mengurangi kerusakan dan kerontokan. 

Lantas, bagaimana cara menggunakan daun seledri untuk perawatan rambut di rumah? Ikuti petunjuk sederhana ini.

Baca juga: 12 Cara Mengobati Jerawat di Punggung Manjur!

  • Langkah pertama yang perlu Pins lakukan adalah mempersiapkan beberapa batang seledri yang akan digunakan.
  • Lalu bilas hingga bersih tanpa tersisa kotoran yang menempel.
  • Kemudian, potong-potong seledri menjadi beberapa bagian, tidak perlu terlalu kecil. Hal ini bertujuan untuk mempermudah saat dimasukkan ke dalam blender. 
  • Selanjutnya Pins bisa blender batang dan daun seledri yang sudah dipotong.
  • Tambahkan secukupnya air hingga mencapai konsistensi yang diinginkan. Ingat! Jangan terlalu encer jus daun seledri nya ya.
  • Setelah di blender, saring jus seledri untuk memisahkan ekstrak dan ampasnya.
  • Lalu bisa Pins oleskan jus seledri pada rambut dan kulit kepala secara menyeluruh. Diamkan beberapa saat, dan bilas.

Lakukan cara diatas setiap 1 minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah manfaat seledri untuk rambut dan cara pemakaiannya. Pins bisa menggunakannya secara rutin untuk mendapatkan hasilnya. Semoga artikel ini membantu kamu ya!

Featured image: sehatq.com

Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download