BlogHome ServiceRelaksasiIni Dia Manfaat dari Totok Punggung untuk Kesehatan
0
0

Ini Dia Manfaat dari Totok Punggung untuk Kesehatan

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kendati baru populer dalam beberapa tahun terakhir, manfaat totok punggung telah dirasakan oleh banyak orang. Wajar saja karena totok syaraf punggung sendiri telah ada sejak ribuan tahun lalu.

Pada dasarnya totok punggung memiliki kemiripan dengan terapi akupuntur yang telah dipraktikkan sejak tahun 2000 SM. Yang membedakan keduanya adalah teknik atau metode pelaksanaan terapi.

Totok punggung dikenal dengan istilah akupresur karena dilakukan dengan menekan titik tertentu pada tubuh. Baik akupuntur maupun akupresur sama-sama bertujuan menyehatkan tubuh dan membantu proses pemulihan dari berbagai macam penyakit.

Baca Juga:

Teori di Balik Totok Punggung

Source : Freepik

Totok punggung sangat erat kaitannya dengan akupuntur sebab teori yang mendasarinya sama. Dalam ilmu pengobatan asal Tiongkok ini, bahwa di dalam tubuh manusia mengalir energi qi di sepanjang garis meridian.

Aliran energi ini disinyalir berpengaruh terhadap kondisi tubuh secara umum. Ketika tubuh mengalami gangguan kesehatan, artinya terdapat sumbatan aliran energi di sepanjang jalur meridian.

Garis meridian ini tersebar di seluruh tubuh dan dipercaya berhubungan dengan organ vital. Ketika terjadi masalah pada organ tertentu, terapis akan menstimulasi titik tertentu yang dipercaya terhubung dengan organ tersebut.

Tujuannya adalah untuk melancarkan kembali aliran energi qi sehingga tubuh menjadi cepat pulih.

Teknik Totok Punggung

manfaat totok punggung
Source : Freepik

Sebelumnya dijelaskan bahwa totok punggung bertujuan untuk melancarkan aliran energi qi. Tujuan ini sama seperti terapi akupuntur.

Bedanya, akupuntur dilakukan dengan menusukkan jarum khusus yang sangat tipis pada titik-titik tertentu. Sementara itu, totok punggung atau akupresur hanya mengandalkan tekanan.

Dalam praktiknya, terapis totok punggung dapat menggunakan telapak tangan, siku, atau bahkan alat tertentu untuk menekan titik refleksi. Intensitas totok punggung juga bervariasi sesuai dengan kondisi pasien dan penyakit yang diderita.

Terapis juga terkadang memadukan prosedur totok punggung dengan stretching atau peregangan untuk melemaskan otot dan sendi.

Seperti layanan pijat, satu sesi totok punggung bisa berlangsung selama satu jam. Bagi pasien yang menderita gangguan kesehatan tertentu, mungkin dibutuhkan terapi selama beberapa sesi tergantung keparahan penyakit yang diderita.

Namun, umumnya satu sesi totok punggung saja sudah cukup untuk mengatasi keluhan ringan seperti pegal linu, stres, dan sendi kaku.

Baca Juga:

Memahami Cara Kerja Totok Punggung

Meski pengobatan medis modern tidak mengenal aliran energi qi dan garis meridian, ada penjelasan logis terkait manfaat totok punggung. Secara sederhana bisa dipahami bahwa teknik totok punggung melancarkan sirkulasi darah sehingga meningkatkan kinerja organ vital.

Pada pasien yang menderita penyakit tertentu, peningkatan kinerja organ vital ini membantu proses pemulihan tubuh secara lebih cepat. Ditambah lagi, metode terapi totok punggung juga melemaskan otot dan sendi yang kaku sehingga tubuh terasa bugar setelah terapi.

Tak lupa, proses terapi totok punggung memicu reaksi tubuh untuk memproduksi hormon endorfin. Hormon ini dikenal sebagai hormon kebahagiaan yang juga berperan mengurangi rasa sakit.

Itulah mengapa, manfaat terapi totok punggung termasuk untuk mengurangi stres dan meredakan rasa sakit.

Manfaat Totok Punggung untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat yang dirasakan pasien setelah menerima terapi totok punggung atau akupresur, seperti:

Mengurangi Mual

manfaat totok punggung
Source : Freepik

Manfaat akupresur atau totok punggung untuk mengurangi mual telah dibuktikan dalam beberapa penelitian. Umumnya rasa mual ini disebabkan oleh:

  • Efek paska-operasi bedah
  • Pengaruh obat bius
  • Setelah kemoterapi bagi pasien kanker
  • Mabuk perjalanan
  • Kehamilan (morning sickness)

Membantu Pasien Kanker

Source : Freepik

Seseorang yang menderita penyakit kanker memiliki tubuh yang lemah, rentan terhadap stres, serta mengalami rasa nyeri. Bahkan, saat menjalani kemoterapi, energinya terkuras habis sehingga tubuh menjadi lemas.

Dalam hal ini, akupresur atau totok punggung bermanfaat untuk mengurangi stres, rasa nyeri, serta mempercepat pemulihan energi. Tak lupa, totok punggung juga membantu meredakan mual setelah kemoterapi.

Baca Juga:

Meredakan Nyeri Pinggang dan Sakit Kepala

manfaat totok punggung
Source : Freepik

Sebelumnya disebutkan salah satu manfaat terapi totok punggung yaitu untuk meredakan rasa nyeri. Yang dimaksud adalah rasa  nyeri secara umum, mulai dari nyeri pinggang hingga sakit kepala.

Tidak hanya itu saja, totok punggung juga bermanfaat meredakan rasa nyeri pada otot dan persendian. Kondisi ini bisa saja terjadi ketika seseorang terlalu banyak melakukan aktivitas fisik atau justru terlalu banyak diam.

Meredakan Radang Sendi

Source : Freepik

Penyakit radang sendi atau artristis merupakan suatu kondisi ketika terjadi pembengkakan pada persendian tubuh. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari infeksi, asam urat, atau penyakit autoimun.

Manfaat totok punggung untuk membantu meredakan radang sendi yakni dengan memicu produksi hormon endorfin. Peningkatan hormon ini diketahui memberikan efek anti-inflamasi dan meredakan rasa nyeri.

Mengurangi Ansietas dan Stres

manfaat totok punggung
Source : Freepik

Ansietas (anxiety) dan stres adalah kondisi gangguan kesehatan mental yang bisa berujung pada depresi apabila tidak ditangani. Mereka yang mengalami kondisi semacam ini disarankan untuk menghubungi layanan psikolog untuk mendapatkan bantuan yang tepat.

Selain melakukan terapi dengan psikolog, mereka yang mengalami stres dan gangguan kecemasan juga dapat disarankan melakukan aktivitas yang membuat relaks. Contohnya adalah meditasi, yoga, dan totok punggung.

Baca Juga:

Larangan Totok Punggung

Totok punggung merupakan terapi yang tergolong aman untuk kebanyakan orang. Namun, ada beberapa kondisi tertentu tidak disarankan untuk menerima totok punggung, seperti:

Penyakit Kronis

manfaat totok punggung
Source : Freepik

Meski manfaat totok punggung dapat membantu pasien kanker dan artristis, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Apalagi jika kanker yang diderita termasuk tipe ganas, memasuki stadium akhir, atau telah menjalar hingga ke tulang.

Cedera Parah

Source : Freepik

Dalam kondisi cedera parah, tekanan yang diberikan saat terapi bisa menimbulkan rasa nyeri tak tertahankan. Contohnya yakni pada pasien yang menderita cedera tulang belakang ataupun penyakit yang berhubungan dengan tulang.

Ibu Hamil

manfaat totok punggung
Source : Freepik

Terapi totok punggung tidak disarankan bagi ibu hamil karena titik-titik tertentu dapat memicu kontraksi. Di samping itu, area punggung bagian bawah terbilang sensitif karena berdekatan dengan rahim.

Nah, itulah beberapa manfaat totok punggung bagi kesehatan tubuh. Bagaimana, tertarik mencoba?

Jika tubuh merasa lelah dan butuh relaksasi, Pins bisa pesan layanan Massage dari Pinhome Home Service di aplikasi Pinhome. Ada berbagai jenis pijat yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan badan Pins, ya. Download aplikasi Pinhome di sini.

Baca Juga:

Featured Image Source: Sehatq

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Temukan juga beragam penawaran properti rumah di Jakarta Selatan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download