BlogLifestyleTeknologiMembatalkan pesanan di Shopee apakah uang kembali?
0
0

Membatalkan pesanan di Shopee apakah uang kembali?

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang

Apr 11, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Apakah kalau pesanan di Shopee dibatalkan, uang bisa kembali? Di Shopee, pengguna bisa membatalkan pesanan, baik itu pesanan yang pembayarannya di depan, maupun yang pembayarannya COD. Kalau pembahasan tentang pembatalan pesanan COD di Shopee sudah saya bahas di postingan sebelumnya. Adapun bahasan kali ini adalah tentang pembatalan pesanan di Shopee dengan metode pembayaran di awal.

Shopee menyediakan beragam pilihan pembayaran seperti lewat transfer bank, Indomaret, Alfamart, dan sebagainya. Dengan adanya beragam pilihan metode pembayaran, tentu sangat memudahkan bagi para pembeli. Bagi yang tidak punya ATM, masih tetap bisa memesan barang di Shopee dengan memilih pembayaran via Indomaret / Alfamart.

Namun, bagaimana kalau setelah pesanan dibayar tapi ingin membatalkan pesanan tersebut? Apakah uang bisa kembali? Bagaimana kalau ingin membatalkan pesanan tapi barang sudah terlanjur dikirimkan?

Membatalkan pesanan yang belum dibayar
Jika pesanan belum dibayar dan tidak jadi pesan, pesanan bisa batal secara otomatis jika dalam 24 jam pesanan tidak dibayar.

Membatalkan pesanan yang sudah dibayar
Anda bisa membatalkan pesanan di Shopee yang sudah Anda bayar. Ribet tidaknya, bergantung pada kapan Anda membatalkan pesanan tersebut. Jika belum ada satu jam sejak pembayaran pesanan tersebut terverifikasi, Anda bisa membatalkan pesanan tersebut dengan klik Batalkan Pesanan, kemudian uang yang Anda bayarkan akan masuk ke Shopeepay. Saldo Shopeepay tersebut bisa Anda gunakan untuk berbelanja di Shopee, atau dicairkan ke rekening bank.

Misal, Anda pesan barang jam 09.00. Kemudian Anda melakukan pembayaran pesanan tersebut pada pukul 10.00. Sebelum pukul 11.00, Anda bisa membatalkan pesanan, kemudian pesanan akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem, dengan catatan penjual belum memasukkan nomor resi atau mengatur pengiriman.

Lalu bagaimana kalau penjual sudah mengatur pengiriman atau input nomor resi pengiriman?
Jika menggunakan resi otomatis, nomor resi sudah keluar meski barang sudah dikirimkan. Misal, di Shopee untuk pengiriman via J&T, nomor resinya otomatis, setelah penjual mengatur pengiriman, kemudian akan muncul nomor resi. Ini juga berlaku untuk JNE Cashless. Jika nomor resi belum dikonfirmasi oleh layanan ekspedisi (contoh: J&T), ada kemungkinan pesanan belum diproses.

Tapi, jika penjual tidak menggunakan resi otomatis, penjual mesti mengirimkan barang dulu untuk mendapatkan nomor resi, untuk mengonfirmasi pengiriman. Dengan begitu, jika resi belum dimasukkan, berarti kemungkinan barang belum dikirimkan. Kenapa saya katakan kemungkinan? Karena bisa jadi barang sudah dikirimkan, nomor resi sudah ada, tapi belum di-input oleh penjual.

Jika Anda ingin membatalkan pesanan di Shopee, tapi sudah lewat dari 1 jam sejak pembayaran terverifikasi, Anda tetap bisa mengajukan pembatalan dengan klik Batalkan Pesanan. Pilih alasan pembatalan pesanan, entah itu berubah pikiran, ingin membuat rincian dan membuat pesanan baru, maupun alasan lainnya.

Mengajukan pembatalan pesanan cukup sekali saja, tidak bisa dua kali dalam sekali pesanan. Jangan membatalkan pengajuan pembatalan. Dalam hal ini, pesanan tidak batal secara otomatis, tapi menunggu jawaban dari penjual, apakah menyetujui atau menolak pengajuan pembatalan tersebut. Jika dalam 1×24 jam tidak ada respon dari penjual, maka pesanan akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem, kemudian uang yang dibayarkan untuk pesanan tersebut masuk ke Shopeepay.

Lalu bagaimana jika pesanan Shopee sudah berhari-hari belum juga diproses?
Tanpa mengajukan pembatalan, pesanan di Shopee juga bisa dibatalkan secara otomatis oleh sistem jika penjual tidak memproses pesanan dalam batas waktu yang ditentukan. Pesanan juga bisa otomatis dibatalkan jika penjual sudah memproses pesanan, tetapi tidak memasukkan nomor resi, atau nomor resi tidak bisa dikonfirmasi oleh sistem sampai masa berlaku untuk memproses pesanan berakhir.

Dengan sistem yang seperti ini, tentu tidak bisa kalau penjual memasukkan nomor resi asal-asalan, sehingga lebih aman dari penipuan.

Lalu bagaimana kalau barang pesanan sudah sampai, tapi karena suatu hal ingin dikembalikan? Apakah bisa? Tentu bisa. Setelah barang diterima, ada dua pilihan, konfirmasi pesanan telah diterima dengan klik Pesanan Diterima, atau Ajukan Pengembalian jika ingin mengembalikan pesanan. Anda bisa mengajukan pengembalian jika pesanan Anda masih dalam masa garansi Shopee (yang bisa diperanjang satu kali selama 3 hari). Silakan isi data-data yang diperlukan untuk pengembalian barang pesanan Shopee.

Jadi, pesanan Shopee yang sudah dibayar bisa dibatalkan, dan uang yang sudah dibayarkan ke Shopee akan menjadi saldo Shopeepay setelah pesanan tersebut dibatalkan. Saldo Shopeepay bisa digunakan untuk belanja di Shopee, atau dicairkan ke rekening bank. Pengembalian dana pesanan yang dibatalkan tidak bisa lewat Indomaret maupun Alfamart.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download