BlogHome ServiceKebersihan RumahIkuti 7 Cara Membersihkan Halaman Rumah Berikut!
0
0

Ikuti 7 Cara Membersihkan Halaman Rumah Berikut!

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bukan hanya kebersihan di dalam rumah saja yang berpengaruh pada kesehatan penghuni rumah. Membersihkan halaman rumah juga sama pentingnya untuk menjaga kesehatan lingkungan.

Pasalnya, halaman yang kotor dengan sampah berserakan dan ditumbuhi rumput liat bisa mengundang hewan liar. Tikus dan kecoak bisa bersembunyi di balik tumpukan barang, sedangkan nyamuk menyukai semak belukar.

Jika dibiarkan saja, hewan-hewan ini bisa membawa penyakit yang membahayakan seluruh keluarga. Belum lagi, halaman yang berantakan tentu mengganggu estetika rumah jika dilihat dari luar.

Cara Membersihkan Halaman Rumah

Ada banyak cara untuk membersihkan halaman rumah, tergantung dari gangguan apa saja yang ada di sana. Biasanya gangguan yang mengotori halaman rumah termasuk:

  • Rumput liar dan semak-semak
  • Dedaunan yang menguning dan berjatuhan
  • Sampah yang dibuang sembarangan
  • Selokan kotor dan bau
  • Lantai berdebu dan berkerak
  • Sarang laba-laba di sudut teras
  • Kursi dan meja berdebu

Nah, untuk membersihkan halaman rumah secara menyeluruh, lakukan tips berikut ini.

Sapu Halaman Rumah

Membersihkan halaman rumah yang paling ringan adalah dengan menyapu. Singkirkan sampah dan dedaunan yang berguguran menggunakan sapu lidi.

Kemudian, kumpulkan di satu tempat dan timbun. Pins tidak disarankan membakar sampah dedaunan karena asapnya yang bau bisa mengganggu penghuni rumah ataupun tetangga.

Sebaiknya, sampah dedaunan, ranting, dan sampah organik lainnya ditimbun saja agar menjadi kompos.

Nah, kalau kamu punya pepohonan besar di halaman, tentu menyapu halaman harus dilakukan setiap hari. Waktu terbaik untuk menyapu adalah di pagi atau sore hari.

Selain tidak panas, saat pagi maupun sore hari juga tidak ada angin kencang yang akan membuat dedaunan berhamburan.

Singkirkan Semak dan Rumput Liar

Semak dan rumput liar bisa menjadi sarang nyamuk dan serangga lainnya seperti laba-laba dan hama. Selain itu, tumbuhnya rumput dan semak liar bisa mengganggu tanaman lain yang ada di halaman.

Yang tak kalah penting, adanya semak dan rumput liar juga mengganggu pemandangan halaman rumah. Itu sebabnya, segera basmi rumput dan semak liar dengan cara mencabuti.

Pins tidak disarankan menggunakan pembasmi rumput berbahan kimia karena berbahaya jika terhirup. Selain itu, penggunaan pembasmi rumput juga bisa berdampak pada tanaman lainnya.

Ditambah lagi, pembasmi rumput kimia tidak sepenuhnya menyelesaikan masalah karena Pins masih harus mencabuti rumput juga. Lagi pula, penggunaan pembasmi rumput hanya bekerja sementara dan nantinya rumput masih bisa tumbuh lagi.

Baca Juga: 10 Alat Housekeeping yang Wajib Ada di Setiap Rumah

Siram Tanaman dan Rumput Hias

Tanaman maupun rumput hias di halaman perlu perawatan juga agar selalu subur menghiasi halaman. Kalau tanaman layu tentu tidak enak dipandang dan daunnya juga akan menguning dan berguguran.

Buat kamu yang halamannya ditanami rumput hias, penyiraman perlu dilakukan setiap hari agar tampak hijau dan asri. Untuk tanaman hias, penyiraman dilakukan sesuai kebutuhan.

Tanaman yang ada di pot halaman luar dan terpapar sinar matahari perlu penyiraman setiap hari. Apalagi jika termasuk tanaman berbunga seperti mawar, bunga matahari, lusiana, dan sebagainya.

Namun, untuk tanaman yang diletakkan di teras tanpa terpapar sinar matahari langsung, penyiraman dua hari sekali sudah cukup.

Sembari menyiram tanaman, perhatikan juga kondisi tanaman dan beri pupuk jika dirasa pertumbuhannya terhambat. Jangan lupa singkirkan daun yang sudah menguning, ya!

Bersihkan Selokan supaya Lancar

Membersihkan selokan idealnya dilakukan seminggu sekali, apalagi kalau kamu tinggal di kawasan padat penduduk. Pasalnya, selokan rawan mampet karena sampah yang tersangkut.

Kalau sudah tersumbat, selokan akan jadi bau dan menjadi sumber penyakit. Karenanya, kalau di dekat rumahmu ada selokan, jangan malas untuk membersihkannya.

Gunakan cangkul untuk mengambil sampah serta endapan yang menyumbat. Pins disarankan menggunakan alat pelindung seperti sarung tangan dan masker saat membersihkan selokan.

Baca Juga: 11 Cara Mengatasi Saluran Paralon Mampet, Mudah dan Cepat

Gosok Lantai Teras

Lantai teras cenderung lebih mudah kotor dibandingkan lantai di dalam rumah. Pasalnya, lantai teras terkena air hujan dan dilewati kendaraan atau sepatu kotor dari luar.

Selain kotoran berupa tanah dan pasir, lantai teras yang lama tidak dibersihkan bisa berkerak dan berlumut. Itu sebabnya, luangkan waktu untuk menyikat keseluruhan lantai teras agar kembali bersih dan kesat. Kamu juga bisa mengepel lantai teras agar lebih bersih.

Selain tampilannya jadi berkilau, lantai yang bersih dan kesat juga lebih aman karena meminimalkan risiko terpeleset.

Bersihkan Furnitur di Teras

Membersihkan halaman rumah jangan sampai melupakan meja dan kursi yang ada di teras. Kalau sudah lama tidak dibersihkan, debu bisa menumpuk pada permukaan furnitur.

Bukan hanya debu, laba-laba bahkan bisa bersarang di sela-sela tersembunyi jika furnitur tidak pernah dibersihkan. Maka dari itu, bersihkan furnitur teras menggunakan kemoceng dan lap.

Jika memungkinkan, cucilah furnitur teras yang terbuat dari bahan logam agar bersih menyeluruh.

Kalau sudah bersih, tambahkan tanaman hias untuk mempercantik teras. Tambahkan juga bantal duduk agar makin nyaman saat bersantai di teras.

Sediakan Tempat Sampah

Tidak jarang halaman rumah menjadi kotor karena sampah yang dibuang sembarangan. Maka dari itu, penting untuk menyediakan tempat sampah di halaman rumah.

Adanya tempat sampah ini juga akan memudahkan ketika Pins hendak membuang sampah setelah menyapu rumah.

Oh ya, sediakan juga asbak di teras agar jika ada yang merokok, mereka tidak membuang abu dan puntung rokok sembarangan.

Demikian beberapa cara membersihkan halaman rumah agar makin rapi, bersih, dan sehat. Membersihkan halaman rumah bisa jadi kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, lho.

Jadi, pastikan melibatkan seluruh anggota keluarga agar bersih-bersih juga jadi lebih ringan.

Baca Juga: 13 Cara Membersihkan Rumah yang Efektif


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download