BlogHome ServiceElektronikBegini Cara Mengatur Suhu Kulkas Min atau Max dengan Tepat
0
0

Begini Cara Mengatur Suhu Kulkas Min atau Max dengan Tepat

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika

Des 4, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Mengatur suhu kulkas min atau max diperlukan untuk menjaga kualitas bahan makanan yang tersimpan di dalamnya. Di samping itu, pengaturan suhu kulkas normal juga bermanfaat agar lemari es lebih tahan lama dan tidak cepat rusak.

Adapun cara yang dilakukan untuk mengatur suhu kulkas sebetulnya tidak sulit. Pins hanya perlu memutar tombol pengatur suhu yang biasanya terdapat di dalam lemari es bagian atas.

Kendati demikian, penanda pada tombol pengatur suhu kadang kala tampak acak sehingga sulit dipahami. Nah, untuk lebih jelasnya tentang pengaturan suhu kulkas, yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: Waktu dan Cara Mematikan Kulkas yang Benar

Arti Tombol Pengatur Suhu Kulkas

mengatur suhu kulkas min atau max
Source : Shutterstock

Mengatur suhu kulkas min atau max bisa dilakukan dengan memutar kenop atau tombol tertentu. Pins bisa menemukannya di dalam unit lemari es, biasanya terletak di bagian atas.

Sama halnya dengan Rumah Ekslusif di aplikasi Pinhome yang menawarkan berbagai spesifikasi berbeda, masing-masing kulkas juga memiliki tombol pengaturan suhu yang berbeda.

Untuk kulkas 1 pintu, umumnya hanya ada 1 tombol yang terpasang di bawah kotak freezer. Namun, pada kulkas 2 pintu terdapat 2 tombol pengaturan suhu, yakni pengaturan suhu freezer dan pengaturan suhu kulkas.

Tombol ini berupa kenop yang bisa diputar untuk menyesuaikan level suhu kulkas. Kenop pengatur suhu kulkas juga disertai dengan penanda berupa angka 1-5 atau keterangan seperti min, med, max, dan stop.

Untuk lebih mudah memahami artinya, simak penjelasan berikut:

Baca juga: 5 Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Sharp

Pengatur Suhu dengan Angka 1-5

Untuk kenop yang disertai penanda berupa angka, maka angka 1 menandakan suhu minimal dan angka 5 suhu maksimal. Saat disetel di angka 1, kulkas akan beroperasi dengan suhu dingin minimal, atau bisa dibilang tidak terlalu dingin.

Sementara itu, saat disetel di angka 5, maka kulkas akan beroperasi dengan suhu dingin maksimal atau sangat dingin. Jadi, kalau mau mengatur suhu kulkas min atau max tinggal menyesuaikan, yaitu angka 1 untuk suhu minimum dan angka 5 untuk suhu maksimum.

Baca juga: Cara Membuang Air di Belakang Kulkas dengan Benar

Pengatur Suhu dengan Penanda Tulisan

Kenop pengatur suhu dengan penanda berupa kode tulisan lebih mudah dipahami, berikut penjelasannya:

  • Min: pengaturan suhu minimum
  • Med: pengaturan suhu medium/menengah
  • Max: pengaturan suhu maksimum
  • Stop: Kulkas dalam keadaan off atau berhenti beroperasi

Jadi, kalau Pins ingin mengatur suhu kulkas min atau max tinggal putar saja kenopnya mengarah pada kode tertentu. Arahkan pada kode min untuk suhu minimum dan kode max untuk suhu dingin maksimum.

Selain kode di atas, kulkas satu pintu keluaran terbaru juga disertai satu fitur lagi, yaitu defrost atau pencair bunga es. Dengan menekan tombol ini, Pins bisa mencairkan bunga es di dalam freezer tanpa repot-repot mematikan kulkas.

Baca juga: Begini Cara Menghidupkan Kulkas Setelah Dibersihkan

Cara Mengatur Suhu Kulkas Min atau Max

mengatur suhu kulkas min atau max
Source : Shutterstock

Mengatur suhu kulkas min atau max harus disesuaikan dengan jenis makanan yang disimpan di dalamnya. Pasalnya, beberapa makanan perlu suhu yang lebih dingin untuk menjaga kualitas.

Sebagai contoh, daging dan ikan segar harus disimpan di suhu beku agar tetap segar dan tidak terkontaminasi bakteri. Sebaliknya, sayuran segar lebih baik disimpan di chiller bawah yang suhunya tidak terlalu dingin.

Nah, untuk mengetahui berapa suhu yang tepat untuk jenis makanan tertentu, Pins bisa menggunakan termometer khusus kulkas. Bagaimana cara penggunaannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Membuat Kulkas Cepat Rusak

Cek Suhu Kulkas dengan Termometer Khusus

Source : Shutterstock

Untuk mengecek suhu kulkas dengan tepat, cara yang paling umum digunakan yaitu dengan segelas air dan termometer. Pertama-tama, simpanlah segelas air di dalam kulkas selama semalam penuh. Kemudian, masukkan termometer kulkas ke dalam gelas berisi air tersebut untuk mengukur suhunya.

Cara yang kedua yaitu dengan menempatkan termometer di dalam kulkas selama beberapa jam. Hasil pengukurannya akan menunjukkan suhu internal lemari es secara tepat.

Kenapa mengukur suhu lemari es tidak bisa dilakukan secara instan? Sebab, suhu internal lemari es tidak konsisten. Sebagai contoh, saat pintu dibuka, kulkas menjadi kurang dingin dan suhunya tentu berbeda dengan kondisi sebelum kulkas dibuka.

Dengan meletakkan termometer selama beberapa jam, Pins bisa mendapatkan pengukuran yang lebih tepat. Hal ini juga berlaku jika Pins ingin mengukur suhu freezer. Caranya yaitu dengan menempatkan termometer di dalam kotak freezer selama beberapa jam atau semalam penuh.

Baca juga: 8 Cara Menyimpan Udang di Kulkas Agar Tetap Segar

Atur Suhu Sesuai Jenis Makanan

mengatur suhu kulkas min atau max
Source : Shutterstock

Agar makanan lebih awet tersimpan di dalam kulkas maupun freezer dan tetap aman untuk dikonsumsi, pengaturan suhu yang tepat sangat penting. Kalau tidak, bisa-bisa makanan jadi cepat basi, busuk, dan terkontaminasi bakteri.

Nah, suhu ideal yang direkomendasikan untuk kulkas adalah 4 derajat Celsius, sedangkan untuk freezer adalah -18 derajat Celsius. Akan tetapi, setiap makanan membutuhkan suhu yang berbeda-beda sehingga Pins harus pintar-pintar mengatur penataan makanan di kulkas.

Melansir The BC Cook tentang Keamanan Makanan, Sanitasi, dan Kebersihan Perorangan, berikut ini panduan suhu ideal untuk jenis makanan tertentu:

  • Produk susu idealnya disimpan dalam suhu suhu 2-4°C.
  • Kebanyakan makanan segar bisa disimpan di kulkas dengan suhu 2-4°C agar segar lebih lama dan tidak cepat rusak.
  • Buah mentah tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas karena akan menghambat pematangan. Idealnya buah mentah disimpan pada suhu 10-15°C.
  • Pisang yang disimpan di kulkas akan cepat menghitam. Idealnya pisang disimpan dalam kisaran suhu 10-15° C.
  • Daging karkas harus disimpan pada suhu 1-3°C. Letakkan kertas penyerap di bawah daging untuk menyerap tetesan air.
  • Potongan daging seperti steak dan daging giling harus disimpan di wadah tertutup pada suhu 2-4°C.
  • Daging ayam dan ikan harus disimpan di dalam freezer dengan suhu -1 hingga 2°C.
  • Frozen food harus disimpan pada suhu -18°C untuk menjaga kualitas dan kandungan vitaminnya.

Jadi, mengatur suhu kulkas min atau max harus disesuaikan dengan jenis makanan yang disimpan di dalamnya ya, Pins. Hal ini penting untuk menjaga kualitas makanan agar nutrisinya tidak berkurang dan tetap segar untuk dikonsumsi.

Selain itu, penting juga untuk memastikan kulkas bekerja sebagaimana mestinya. Sebab, kalau sampai rusak, bahan-bahan makanan di dalamnya juga akan ikut rusak. Jika ini terjadi, segera panggil teknisi servis untuk melakukan perbaikan.

Kulkas bukan satu-satunya barang elektronik di rumah yang perlu perawatan. Apalagi jika Pins tinggal di rumah dengan konsep smart home seperti perumahan Bali Resort Tangerang,. Agar tahan lama dan tetap dingin, AC juga perlu diservis secara berkala.

Setidaknya, Pins perlu mencuci AC untuk membersihkan kotoran dan debu di dalamnya. Agar lebih aman, gunakan jasa cuci AC dari Pinhome Home Service yang bisa dipesan di aplikasi Pinhome.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download