BlogHome ServiceElektronik8 Rekomendasi Mesin Roasting Kopi Terbaik
0
0

8 Rekomendasi Mesin Roasting Kopi Terbaik

Dipublikasikan oleh  

Des 4, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kopi adalah salah satu jenis bahan pangan yang telah dibudidayakan sejak lama. Kopi pertama kali ditemukan dan menjadi minuman berkhasiat pada tahun 1000 sebelum masehi silam di Benua Afrika oleh bangsa Ethiopia. Dewasa ini kopi diolah menjadi berbagai bahan makanan dan minuman. Indonesia sendiri juga memiliki berbagai macam jenis biji kopi yang tersebar di setiap daerah dengan ciri khas rasanya masing-masing. Penting bagi Pins untuk tahu mesin roasting kopi supaya tidak salah.

Tingginya permintaan biji kopi di Indonesia juga ditandai dengan semakin ramainya kedai kopi yang mulai buka setiap tahunnya. Setiap kedai kopi menyediakan berbagai pilihan biji kopi dengan kualitas terbaik dan menggunakan biji pilihan sebagai ciri khas kedai tersebut. Untuk mendapatkan biji kopi bermutu tinggi, tidak jarang pecinta kopi yang rela untuk bepergian jauh menyusuri dataran tinggi suatu daerah demi dapat menemukan biji kopi terbaik. 

Setelah menemukan biji kopi dengan rasa yang diinginkan, agar biji kopi yang masih mentah dapat berubah menjadi biji kopi yang siap dijadikan minuman perlu melalui beberapa tahapan produksi. Proses produksi biji kopi tersebut biasa disebut dengan roasting coffee yang diartikan sebagai memasak biji kopi. 

Roasting biji pada dasarnya merupakan suatu proses yang bertujuan untuk mengeluarkan air dalam biji, mengeringkan dan mengembangkan bijinya, mengurangi berat, serta memberikan aroma pada kopi. Proses roasting kopi biasanya akan memakan waktu mulai dari 10 menit hingga 15 menit, tergantung roasting yang diinginkan dan seberapa banyak kadar air pada biji kopi. 

Untuk menghasilkan biji kopi dengan aroma sedap akan melalui roasting dengan suhu sekitar 195 sampai 205 derajat celcius. Jika Pins sedang membukan usaha coffee shop atau cafe kopi, maka akan sangat disarankan untuk memiliki mesin roasting kopi sendiri.

Membeli mesin roasting kopi memang cukup memakan banyak biaya. Pasalnya, mesin-mesin roasting tersebut memang dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Terlebih jika Pins membeli mesin roasting yang diperuntukkan untuk biji partai besar. Maka harga mesin roasting juga akan sangat mahal. 

Namun meskipun mahal, mesin roasting tersebut jatuh ke dalam golongan aset dan akan selalu menghasilkan nilai ekonomis. Jika Pins penasaran apa saja mesin roasting kopi terbaik, simak beberapa rekomendasinya berikut ini. 

Baca Juga:

Gene Cafe CBR-101 L Roaster Large Chaff Collector

(Coffindo)

Rekomendasi mesin roasting kopi terbaik yang pertama datang dari produk dengan brand Gene Cafe CBR-101 L. Mesin roasting ini diproduksi oleh perusahaan asal Korea Selatan, yaitu Genesis Corporation South Korea. Mesin ini memiliki ketahanan yang telah teruji dan bisa menghasilkan biji kopi berkualitas. Kapasitas yang dimiliki oleh Gene Cafe CBR-101 L sebesar 300 gram untuk ukuran roaster mini. 

Roasting kopi dengan mesin ini Pins bisa melihat proses sangrai kopi dengan mudah. Suhu pemanggangan juga dapat Pins atur secara manual tanpa mempengaruhi operasional mesin. Gene Cafe CBR memiliki fitur Auto Cooling and Stop yang akan memudahkan Pins untuk mengetahui waktu pemanggangan dan otomatis berhenti ketika sudah selesai sesuai dengan profil yang diinginkan. Pins bisa mendapatkan mesin roasting ini dengan harga 7,9 juta rupiah dan mendapatkan garansi produk selama 6 bulan. 

Baca juga:

WE X SUJI Mini Roaster 100

(William Edison Roaster)

Produk mesin roasting terbaik selanjutnya kali ini hadir dari produk buatan lokal anak negeri. Tidak bisa dipungkiri, produk lokal asal Indonesia ini juga memiliki kualitas yang tidak kalah dengan mesin roasting luar. WE x SUJI Mini Roaster 100 memiliki desain yang mirip dengan mesin roasting ukuran besar beserta 9 pilihan warna. Metode yang digunakan oleh mesin ini menggunakan drum roasting dengan kapasitas 120 gram dan juga sudah dilengkapi dengan fitur pendingin. WE x SUJI Mini Roaster 100 dibanderol dengan harga mulai dari 15 juta rupiah. 

Gater Coffee Roaster BN-98A

(Shopee)

Mesin roasting yang satu ini cocok bagi Pins pecinta kopi yang ingin memproduksi biji kopi sendiri di rumah. Mesin roasting asal China ini memiliki kapasitas 300 gram dan memakan daya listrik sebesar 1.600 watt dengan tegangan 220-240 V.Gater Coffee Roaster BN-98A memiliki dimensi mini yang dapat Pins letakkan di banyak tempat. Dengan merogoh kocek 4,2 jutaan Pins sudah bisa membawa pulang mesin roasting berkualitas ini.

Baca Juga: Simak, 5 Cara Membuat Lontong Isi Oncom Gurih dan Padat 

Behmor 2020SR Plus

(Roast Rebels)

Kelebihan yang dimiliki oleh mesin roasting biji kopi ini dilengkapi dengan lima program roasting kopi otomatis. Behmor 2020SR Plus memang hadir sebagai mesin roasting terbaik bagi Pins yang ingin memproduksi kopi di rumah. Berat mesin ini hanya sekitar 454 gram dengan dimensinya yang mini. Harga Behmor 2020SR Plus mulai dari 7,9 jutaan saja. 

Beanplus Coffee Roaster Machine

(Best Advisor)

Rekomendasi mesin roasting kopi terbaik jatuh kepada Beanplus Coffee Roaster Machine yang sangat cocok Pins beli untuk menyangrai biji kopi di rumah. Mesin roasting ini dilengkapi dengan sistem pemanggangan yang aman karena terdapat tutup yang bisa Pins kunci dengan pengaman. Jika Pins buka tutup tersebut maka mesin ini akan otomatis berhenti beroperasi. 

Selain itu mesin roasting ini juga sangat membantu untuk Pins yang masih pemula di dunia perkopian karena sudah memiliki fitur 9 level pemanggangan. Asap yang dihasilkan mesin ini juga dapat hilang dengan cepat karena proses roasting 90% memiliki sistem reduksi asap pintar. Produk mesin roasting asal Korea Selatan ini dibanderol mulai dari harga 7,7 juta rupiah. 

NOR Norkit 250

(Nor Coffee Roaster)

Mesin roasting terbaik kali ini memiliki sistem sangrai artisan, yaitu dilengkapi dengan software yang dapat merekam, menganalisis, dan mengontrol profil sangrai. Dengan software ini Pins bisa menghasilkan biji kopi dengan cita rasa yang sempurna. Pins juga bisa menghubungkan mesin ini ke laptop dengan menggunakan USB. Dalam satu Pins bisa menghasilkan 5 kg biji kopi yang dapat disangrai. Norkit 250 dibanderol mulai dari harga 12 juta rupiah saja. 

Ikawa Smart Home Coffee Roaster System

(Tokopedia)

Harga mesin roasting memang ditawarkan dalam nilai yang cukup tinggi. Namun bukan tanpa alasan, mesin roasting yang mahal memang menawarkan fitur-fitur yang mumpuni untuk menghasilkan biji kopi berkualitas. Salah satunya adalah Ikawa Smart Home Coffee Roaster System. Dibanderol dengan harga 22 juta rupiah membuat mesin roasting ini sebagai mesin yang serba otomatis. Dengan satu tombol Pins sudah bisa menghasilkan biji kopi sesuai keinginan. Desainnya yang simple dan futuristik sudah dilengkapi dengan kapasitas 60 gram. Dimensinya yang tidak besar akan memudahkan Pins untuk meletakkannya di mana saja. 

Rockwood Roasting Machine

(Shopee)

Mesin roasting kopi ini memiliki desain yang cukup berbeda dari mesin roasting lainnya. Rockwood Roasting Machine tampil dengan desain sleek yang menyerupai magic com. Mesin roasting ini memiliki sumber daya yang berasal dari listrik  serta proses pengoperasian yang mudah. Kapasitas mesin roasting ini juga cukup besar dengan daya tampung sebesar 750 gram. Harganya pun juga cukup terjangkau, mesin ini dibanderol mulai dari harga di bawah 1 jutaan. 

Itulah beberapa rekomendasi mesin roasting kopi terbaik yang dapat Pis gunakan untuk memproduksi kopi sendiri di rumah. Semua mesin roasting tersebut memiliki kelebihannya masing-masing. Pins dapat memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Guna mendukung udara yang bersih penting untuk menjaga rumah tetap bersih. Nah, untuk Pins yang terkadang malas bersih-bersih di rumah, bisa pakai layanan Home Cleaning dari Pinhome Home Service melalui aplikasi pinhome. Harganya mulai 50ribu untuk 1 jam dengan berbagai promo tersedia. Klik di sini untuk coba.

Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download