BlogLifestyleMinuman Khas Indonesia
0
0

Minuman Khas Indonesia

Dipublikasikan oleh Aulia Ramadhanti

Sep 20, 2022

8 menit membaca

Copied to clipboard
minuman khas Indonesiatop-right-banner

Minuman Khas Indonesia – Seperti yang telah kita tahu, Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya. Kaya dalam arti luas, artinya bukan kaya dari segi materi, namun kaya akan kearifan lokal dan budaya. Termasuk di dalamnya adalah kuliner yang beragam.

Maka, artikel ini akan mengulas minuman tradisional khas Indonesia, terutama minuman yang masih eksis sampai saat ini.

Dalam kata lain, daftar minuman khas Indonesia yang akan dibahas adalah minuman-minuman yang masih mudah ditemukan dan didapatkan, baik di daerah asalnya ataupun daerah lainnya.

Tentu dengan kita mengenal minuman khas Indonesia, kita akan semakin sadar bahwa Indonesia ini memang benar-benar negara yang kaya raya.

Daftar Minuman Tradisional Khas Indonesia

Berikut ini merupakan daftar minuman tradisional khas Indonesia.

NoNama Minuman Khas
1Es Goyobod
2Es Lilin
3Bajigur
4Es Kuwet
5Teh Jahe
6Es Bir
7Kopi Joss
8Es Teler
9Sapararila
10Bir Pletok

Es Goyobod, Minuman Khas Sunda

Es Goyobod
Sumber: Detik Food

Beruntung rasanya Indonesia memiliki minuman khas seperti es goyobod ini, minuman segar dengan perpaduan serta campuran buah, kelapa dan agar-agar.

Minuman ini sudah ada sejak 30 tahun yang lalu dan termasuk sebagai minuman khas Indonesia yang legendaris.

Es goyobod masih tetap bertahan, meski jaman mengalami perubahan dengan cepat sampai bisa dibilang sulit untuk dikontrol.

Sampai saat ini minuman asal Garut yang menyegarkan ini masih tetap eksis, meski Indonesia sedang berada di tengah-tengah gempuran arus dan gaya internasional.

Tentu saja kita berharap dan berdoa, minuman ini akan senantiasa ada dan dicintai oleh masyarakat, sehingga anak cucu kita kelak masih bisa merasakan segarnya es goyobod.

Es goyobod akan sangat nikmat apabila disandingkan dengan makanan khas Sunda seperti sate ayam atau bahkan dengan mie kocok bandung.

Es lilin, Minuman Khas Indonesia yang Hampir Punah

es lilin
Sumber: Sweetrip Indonesia

Masih dari tanah Sunda, terdapat es dengan bentuk yang sangat lucu, memiliki bentuk lonjong panjang yang berwarna-warni.

Pada masanya es satu ini pernah berjaya di tahun 2000-an, ditandai dengan banyaknya es lilin yang dijual di setiap sekolah.

Tentu saja lain zaman lain cerita, kejayaan es lilin telah meredup, namun tidak sampai menghilang. Hal ini karena beberapa daerah masih terdapat pedagang yang menjajakan es lilin.

Kemunduran es lilin bukan tanpa sebab, es yang lebih modern serta memiliki rasa yang lebih menggugah telah mengalahkan es tradisional ini. Bahkan, zaman sekarang kuliner modern telah berhasil mengekspansi kuliner tradisional.

Parahnya lagi beberapa masyarakat kita menganggap kuliner modern memiliki value yang lebih dibandingkan dengan yang tradisional-tradisional.

Padahal nyatanya tidaklah demikian, bahkan seringkali yang disebut tradisional ini menang telak atas yang disebut dengan modern.

Bajigur, Modernisasi Minuman Khas Indonesia

bajigur
Sumber: Travel Kompas

Bajigur merupakan minuman khas Sunda yang mampu menghangatkan tubuh tatkala tubuh kedinginan.

Mengapa bajigur disebut sebagai minuman tradisional yang mampu dimoderenisasi? Alasannya cukup sederhana, sebab minuman khas Jawa Barat ini telah mampu dijual secara instan, contohnya adalah bajigur produk hanjuang .

Tentu dari segi kualitas mengalami penurunan jika kita bandingkan dengan minuman versi instannya. Akan tetapi dengan begini, minuman satu ini dapat bersaing serta memiliki nilai di pasaran.

Pada masanya bajigur pernah menjadi minuman favorit kolomerat, sebab selain dapat menghangat tubuh, bajigur ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan.

Tak heran jika bajigur dan minuman khas Indonesia lainnya memiliki berbagai macam manfaat, sebab bahan dasar yang digunakan dari alam dengan berbagai jenis rempah-rempah.

Tentunya hal ni berbeda dengan minuman kekinian yang banyak menggunakna pemanis buatan dan pengawet.

Es Kuwut, Es Bali yang Dikenal Mancanegara

es kuwut
Sumber: Okemom

Es kuwet atau es Bali merupakan minuman khas Bali dengan cita rasa serta penampilan yang unik yang berbahan dasar blewah.

Minuman khas Bali ini memiliki rasa yang segar dan menyejukan ketika kita minum di siang hari.

Es kuwet bukan hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia, akan tetapi telah dikenal oleh banyak orang di dunia.

Minuman segar satu ini telah mampu menembus keterbatasannya sebagai minuman tradisional.

Dari sini kita mampu belajar bahwasannya untuk terkenal tidak butuh modern, yang perlu kita lakukan hanya menjadi diri sendiri.

Selain dijajakan di Bali, es kuwet banyak terdapat di daerah-daerah luar Bali, bahkan di beberapa kesempatan es kuwet dijadikan sebagai minuman saat buka puasa.

Teh Jahe, Tehnya Orang Bali

teh jahe
Sumber: Kompas

Bali memiliki teh tradisional sediri yaitu teh jahe. Lalu apa yang membedakan teh biasa dengan teh Bali? yang menjadi pembeda antara teh biasa dengan teh Bali, yaitu soal rasa, sebab teh Bali dicampur dengan jahe.

Perpaduan harum dan rasa teh melebur menjadi satu dengan rasa dan aroma jahe.

Manfaat jahe bagi kesehatan sangatlah banyak, salah satunya adalah fungsinya yang dapat membantu menghangatkan tubuh.

Setiap orang yang bertamu di Bali biasanya tidak disajikan teh biasa, melainkan teh jahe ini.

Jika kalian memiliki kesempatan berkunjung dan bertamu  di Bali, kemudian mendapatkan teh dengan rasa yang berbeda, kemungkinan besar adalah teh jahe.

Es Bir, Bir Tanpa Alkohol

es bir bali
Sumber: Sultra Kini

Minuman khas Indonesia satu ini dikenal dengan nama es bir, yaitu minuman khas Bali. Meskipun namanya es bir, akan tetapi nyatanya tidak mengandung alkohol sama sekali, alias zero.

Es bir adalah minuman jenis tradisional yang berbahan dasar air kelapa yang ditambahkan jeruk atau limun, sehingga memiliki rasa seolah-olah seperti bir.

Bagi kalian yang ingin mencobanya bisa berkunjung ke Bali. Menikmati segelas es bir sambil menikmati keindahan wisata alam seperti Taman Edelweis pasti sangat lengkap rasanya.

Kopi Joss, Jogja Punya

kopi joss
Sumber: Guideku

Jangan bilang kalian pernah ke Jogja jika belum menikmati malam dibarengi segelas kopi joss, minuman satu ini memang sudah terkenal di seantero negeri ini.

Terkenal dengan cara penyajian yang unik, serta menggunakan bahan dasar yang unik pula, yaitu sebongkah arang hitam.

Selain terkesan unik, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan arang ini ternyata dapat mendatangkan banyak manfaat.

Es Teler, Minuman Khas Masyarakat jawa

es teler
Sumber: Minuman Kekinian

Entah dari mana penamaan teler disematkan ke minuman ini, yang jelas es teler mirip sekali dengan es campur.

Atau kalau boleh berspekulasi, penamaan es teler berasal dari rasa yang dihasilkan, jadi saking enaknya, yang mengonsumsinya sampai teler.

Es teler terbuat dari campuran berbagai macam buah yang di iris-iris. Minuman khas Jawa Timur ini sangat mudah ditemukan hampir di seluruh daerah di Indonesia

Sasaparila, Minuman Konglomerat Jawa

saparella
Sumber: BP Guide

Sapararila adalah minuman kolomerat masyarakat jawa pada masanya, yaitu sekitar tahun 50 sampai tahun 70-an.

Saat ini sapararila dapat dinikmati dan dikonsumsi oleh semua orang, minuman ini telah dikemas sedemikian rupa sehingga kita dapat menikmatinya dimana saja dan kapan saja.

Minuman khas Jawa Tengah ini pun terasa unik dengan tampilan yang menarik.

Bir Pletok, Minuman Betawi atau Jawa?

bir pletok
Sumber: Kompas

Entahlah yang betul itu yang mana, sebagian pihak mengklaim bahwa minuman tradisional satu ini adalah minuman betawi, sedangkan yang lainnya menganggap berasal dari Jawa.

Terlepas dari itu semua, kita harus menyadari bahwa minuman tradisonal ini adalah miliki kita yang menyukai dan menyenanginya.

Penutup

Nah itu informasi terkait minuman khas Indonesia, kamu tertarik untuk mencoba yang mana, Pins? Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi kalian dalam menjelajah minuman khas Nusantara, ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Daisy

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download