BlogLifestyleMinuman Khas Jawa Tengah
0
0

Minuman Khas Jawa Tengah

Dipublikasikan oleh Aulia Ramadhanti

Apr 6, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
minuman asal jawa tengahtop-right-banner

Minuman Khas Jawa Tengah – Halo Pins, menikmati minuman khas Indonesia memang tidak akan pernah cukup rasanya. Seluruh wilayah Nusantara memiliki kuliner dan minuman khas masing-masing yang sangat menarik untuk dieksplor.

Demikan pula dengan Jawa Tengah, kota ini terkenal memiliki banyak minuman segar yang sangat nikmat. Bagi kalian yan berdomisili di Jawa Tengah dan sekitarnya, tentu tidak asing lagi dengan beberapa minuman ini.

Namun bagi kalian yang ingin berkunjung ke Jawa Tengah, pastikan kalian mencoba minuman khasnya ini, ya! Yuk, kita simak lebih lanjut di bawah!

Baca juga: Minuman Khas Aceh

9+ Minuman Khas Jawa Tengah

Berikut merupakan daftar minuman khas Jawa Tengah yang harus Pins coba.

NoNama Minuman
1Bir Pletok
2Es dawet Cendol
3Es Doger
4Es Oyen
5Skoteng
6Es Slendang Mayang
7Es Teler
8Limun Sasaparila
9Wedang Uwuh
10Bajigur

Supaya lebih jelas kita menganal minuman khas Jawa tengah ini, yuk kita bahas satu per satu!

Bir Pletok

bir pletok
Sumber: Jakarta Banget

Bir pletok, namanya telah terkenal di Nusantara, bahkan telah menjadi ciri khas bagi masyarakat Jawa. Lalu minuman seperti apakah bir pletok ini?

Bir pletok mungkin lebih dikenal sebagai minuman khas Betawi, akan tetapi tahukah kalian, bahwa minuman ini banyak dijual di daerah Jawa Tengah seperti Semarang dan sekitarnya.

Meski namanya bir, namun minuman ini tidak mengandung alkohol, jadi bisa dikatakan halal.

Jika dilihat dari segi tampilan, bir pletok memiliki warna cokelat pekat, bahkan jika dilihat sekilas mirip dengan kopi. Sementara untuk segi rasa, minuman satu ini rasanya sangat segar.

Es Dawet Cendol

es dawet cendol
Sumber: Karawang Post

Jika di Jawa Barat terdapat es cendol, lain halnya dengan Jawa Tengah yang memiliki es dawet cendol.

Minuman asal Jawa Tengah ini memanfaatkan cendol dan dawet sebagai bahan dasarnya, sedangkan untuk penyajianya sendiri cukup mirip.

Campuran gula merah dan es yang membasahi cendol serta dawet, membuat minuman satu ini terasa menyegarkan dengan rasa manis khas yang berasal dari gula merah.

Es Doger

es doger
Sumber: Resepnya

Entahlah darimana minuman tradisional ini berasal, pada nyatanya setiap daerah mengklaim es doger adalah sebagai minuman khasnya, termasuk Jawa Tengah.

Es doger dengan kesederhanaannya tak henti-henti senantiasa mengikat para pecintanya, baik dari segi rasa maupun tampilan.

Perpaduan es, sirup, tape serta buah-buahan, menjadikan es doger salah satu minuman favorit di Nusantara, termasuk Jawa Tengah.

Es Oyen

es oyen
Sumber: Cooking Mama

Jika di Jawa Barat terdapat es campur dan es goyobod, Jawa Tengah tak mau kalah, mereka memiliki minuman khas, yang disebut dengan es oyen. Meski sebenarnya di Jawa Barat Juga ada. Apakah es oyennya mirip atau bahkan sama?

Sebenarnya hampir sama dan mirip, tapi tentu tidak menjadi masalah dari mana minuman ini berasal. Es oyen cocok sekali diminum di siang hari, atau dijadikan takjil saat puasa.

Skoteng

es sekoteng
Sumber: Her World Indonesia

Sekoteng adalah makanan atau minuman asli Jawa Tengah, hidangan ini begitu segar, dengan perpaduan jahe yang membuat tubuh kita terasa hangat.

Cita rasa minuman ini mungkin sekilas akan mirip dengan tehjahe yang merupakan minuman khas Bali, namun tentunya mmiliki ciri khasnya sendiri.

Selain di Jawa Tengah, kuliner satu ini bisa juga ditemukan di Tasikmalaya. Harganya pun tegolong murah, yaitu sekitar Rp. 10.000 saja.

Jika Pins tidak dapat menemukan penjuak sekoteng, kalian dapat membuatnya sendiri di rumah.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan sekoteng selain jahe adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina serta potongan-potongan roti.

Es Slendang Maya

Selendang Mayang
Sumber: Top Wisata

Selendang mayang, namanya saja unik nan cantik, apalagi rasanya.

Sng mayang lebih dikenal sebagai makanan atau jajanan khas Betawi, namun pada kenyataannya minuman ini banyak terdapat di Jawa Tengah.

Selain seger dan enak, selendang mayang memiliki tampilan menarik, tidak kalah menarik dengan es oyon dan doger.

Namun sayang sekali, meski peminatnya banyak dan enak, minuman satu ini mulai punah.

Es Teler

es teler
Sumber: Top Wisata

Es teler merupakan minuman dingin yang terbuat dari potongan alpukat, kemudian dicampur dengan roti, kelapa muda, santan, nangka, serta santan. Akan tetapi santan yang digunakan biasanya lebih encer dibandingkan dengan santan yang biasa digunakan dalam makanan lain.

Sedangkan untuk pemanis yang digunakan selain susu, es teler biasanya menggunakan susu dan sirup.

Seiring perkembangannya, es teler memiliki banyak variasi bukan hanya alpukat saja, akan tetapi seperti kolang kaling, pacar cina, potangan macam buah-buahan dan juga agar-agar.

Limun Sasaparila

limun sasaparilla
Sumber: BP Guide

Limun sasaparila muncul pertama kali di daerah Jogjakarta yang ada sejak zaman dahulu, katanya minuman ini sangat terkenal diantara tahun 50-an sampa dengan tahun 70-an.

Limun sasaparila adalah minuman berkarbonasi seperti halnya coca-cola atau sprite. Bahkan penikmatnya menyebut limun sasaparila dengan nama cola Jawa.

Berdasarkan cerita dan sejarah, minuman satu ini pernah berada di peringkat teratas minuman favorit kaum berada sehingga bisa dibilang minuman sasaparila adalah minuman kelas atas, minumannya kaum elit.

Wedang Uwuh, Wedangnya Jawa Tengah

wedang uwuh
Sumber: Pegi pegi

Minuman tradisional Jawa Tengah selanjutnya adalah wedang uwuh.

Wedang uwuh merupakan minuman tradisional Jawa Tengah yang dihasilkan dari kreativitas luar biasa, melalui beberapa percobaan. Secara umum wedang uwuh mirip dengan wedang lainnya di Jawa Tengah.

Selain di Jawa Tengah, kalian juga bisa menemukan minuman satu ini sebagai minuman khas Jawa Timur, tentunya dengan sedikit perbedaan cita rasa.

Bajigur

bajigur
Sumber: Kompas Travel

Buka hanya di Jawa Barat saja, ternyata bajigur menjadi minuman khas di Jawa Tengah. Bajigur merupakan minuman yang sehat dan membuat hangat badan yang meminumnya. Maka tidaklah heran jika minuman ini disukai banyak kalangan dan banyak orang.


Nah, itu dia 9+ minuman khas Jawa Tengah yang bisa saya bagikan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat. Jangan lupa cintai kuliner khas Indonesia, termasuk minuman khas Jawa Barat dan minuman khas Medan.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Daisy

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download