BlogLifestyleKesehatan10 Jenis Minuman Pencegah Kehamilan yang Dipercaya
0
0

10 Jenis Minuman Pencegah Kehamilan yang Dipercaya

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Agu 24, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
minuman pencegah kehamilantop-right-banner

Hamil atau kehamilan adalah tahap dalam hidup seorang wanita yang bisa membawa kebahagiaan besar. Namun, tidak sedikit juga pasangan yang saat ini sedang fokus pada perencanaan keluarga dan ingin mencegah kehamilan, bahkan lewat minuman pencegah kehamilan.

Memang membangun keluarga membutuhkan persiapan yang matang. Misalnya, kamu harus mempersiapkan hunian yang cocok untuk keluarga seperti Griya Parama atau rumah di Bogor lainnya. 

Tapi, jangan khawatir! Kamu bisa wujudkan rumah impian lewat Pengajuan KPR agar lebih mudah temukan rumah yang sesuai dengan kebutuhan. Nggak harus rumah baru, Pins juga bisa membeli rumah lain seperti rumah second di Kec Depok.

Lantas, apa saja contoh minuman pencegah kehamilan? Benarkah khasiat dari minuman-minuman tersebut? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

1. Minuman Tinggi Vitamin C

Source : iStock

Vitamin C, selain dikenal sebagai penambah sistem kekebalan tubuh, memiliki sifat asam yang dapat mempengaruhi lingkungan dalam rahim. 

Beberapa orang menganggapnya sebagai opsi kontrasepsi alami. Meskipun ada penelitian yang menunjukkan bahwa dosis tinggi vitamin C dapat mempengaruhi hormon progesteron yang mendukung kehamilan, efektivitasnya masih diragukan dan perlu penelitian lebih lanjut. 

2. Teh Peppermint

Teh peppermint telah lama dikenal karena sifat menenangkan dan kemampuannya mengurangi stres. 

Selain itu, keyakinan bahwa senyawa dalam peppermint dapat mengurangi kemungkinan sel telur untuk melekat pada dinding rahim juga menarik perhatian. 

Namun, perlu diingat bahwa klaim ini masih bersifat spekulatif dan belum terbukti secara ilmiah.

3. Makanan dengan Kandungan Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3, yang dapat ditemukan dalam minyak ikan dan beberapa biji-bijian, telah mendapatkan reputasi yang baik atas manfaat kesehatannya yang luas. 

Selain itu, ada pandangan bahwa asam lemak ini juga dapat mempengaruhi lingkungan rahim sehingga tidak ramah bagi sel telur yang telah dibuahi. 

Namun, apakah asam lemak omega-3 benar-benar memiliki dampak signifikan pada kesuburan dan apakah bisa diandalkan sebagai metode pencegah kehamilan masih perlu diteliti lebih lanjut.

Baca juga: 13 Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin E

4. Buah Cranberry

minuman pencegah kehamilan
Source : iStock

Buah cranberry telah lama diakui karena kemampuannya dalam mencegah infeksi saluran kemih. 

Namun, beberapa sumber juga telah mengajukan klaim bahwa mengonsumsi jus cranberry secara teratur dapat membantu mencegah kehamilan dengan mengubah keseimbangan pH dalam rahim. 

5. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol, terutama bir, telah lama dianggap memiliki efek kontraseptif ringan. Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa mengandalkan alkohol sebagai metode kontrasepsi tidaklah aman dan dapat berisiko bagi kesehatan. 

Baca juga: 10 Contoh Minuman Berenergi Serta Manfaat dan Bahayanya

6. Teh Hijau

Teh hijau telah lama dikenal karena kandungan antioksidannya yang melimpah dan berbagai manfaat kesehatannya. 

Namun, apakah senyawa dalam teh hijau benar-benar memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan sel telur yang seharusnya dibuahi masih menjadi pertanyaan yang menarik. 

7. Cuka Apel

Source : Shutterstock

Cuka apel telah mendapatkan perhatian karena klaim bahwa ia dapat berperan dalam pengaturan siklus menstruasi. 

Meskipun beberapa orang mungkin telah mengamati perubahan dalam siklus menstruasi mereka setelah mengonsumsi cuka apel, perlu diingat bahwa klaim ini belum didukung dengan bukti ilmiah yang kuat. 

8. Kopi

Kopi adalah sumber kafein yang populer dan telah dikaitkan dengan pengaruhnya pada sistem reproduksi. Beberapa wanita percaya bahwa manfaat mengonsumsi kopi dalam jumlah tertentu dapat membantu mencegah kehamilan. 

Meskipun terdengar menarik, Pins perlu mempertimbangkan baik dampak positif maupun negatif dari kafein pada kesehatan reproduksi. 

9. Air Lemon

Tidak diragukan lagi, air lemon yang segar dengan kandungan vitamin yang melimpah telah menjadi minuman yang populer di seluruh dunia. 

Baik sebagai minuman yang menyegarkan di pagi hari atau sebagai pilihan yang menenangkan di sore hari, lemon telah memperoleh tempat istimewa di dalam berbagai jenis rencana diet dan pola hidup sehat. 

Namun, apakah Pins pernah mendengar tentang klaim bahwa air lemon juga bisa memiliki dampak pada kesuburan dan rencana perencanaan keluarga?

Beberapa sumber telah mengklaim bahwa air lemon memiliki kemampuan untuk mengubah tingkat pH dalam vagina, yang pada gilirannya menciptakan lingkungan yang kurang kondusif bagi sperma.

Baca juga: 11 Manfaat Jeruk Bali bagi Kesehatan Tubuh

10. Jahe

minuman pencegah kehamilan
Source : iStock

Manfaat jahe telah dianggap memiliki sifat pencegah kehamilan dalam beberapa budaya. Namun, klaim ini belum didukung oleh bukti ilmiah yang kuat.

Itu tadi beberapa contoh minuman pencegah kehamilan yang bisa Pins ketahui. Namun, perlu diingat bahwa semua klaim di atas belum sepenuhnya dibuktikan melalui penelitian ilmiah yang kuat. 

Selain itu, mengandalkan minuman sebagai satu-satunya metode pencegahan kehamilan tidaklah disarankan. Konsultasikan selalu dengan profesional kesehatan sebelum mengadopsi metode kontrasepsi apa pun. 

Meskipun minuman tertentu mungkin memiliki sifat pencegahan kehamilan, menggabungkannya dengan pengetahuan yang akurat dan metode yang terbukti secara medis akan lebih bijaksana dalam merencanakan perencanaan keluarga yang efektif.

Baca juga:

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Griya Parama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download