BlogHome ServiceOtomotifDetail Body Spesifikasi Mobil Jeep Kecil Mini
0
0

Detail Body Spesifikasi Mobil Jeep Kecil Mini

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Mobil jeep kecil dewasa ini sedang digandrungi oleh para pencinta otomotif. Bodinya yang mungil betul-betul menyerupai jeep sungguhan. Ibarat miniatur, mini jeep juga bisa dikemudikan layaknya jeep pada umumnya. Yang membedakan adalah ukuran dan fitur-fiturnya.

Lantas, seperti apa sih spesifikasi mobil jeep kecil? Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Cara Menentukan Ukuran Roof Rack Mobil

Bukan Mobil Mainan

Source : Kompas

Pertama kali dipasarkan di Indonesia pada tahun 2017, mini jeep langsung menggaet banyak peminat. Kendaraan yang dibawa oleh Mini Jeep Indonesia ini memang sangat menarik untuk dimiliki.

Alhasil, perkembangannya pun sangat pesat. Terhitung hingga akhir tahun 2018 saja, sebanyak 120 unit sudah terjual. Sampai sekarang pun mini jeep masih digandrungi.

Meski ukurannya mungil, mobil jeep kecil bukanlah mobil mainan sehingga tidak diperuntukkan bagi anak-anak. Yang menggandrungi mobil jeep kecil ini justru adalah orang dewasa yang hobi otomotif.

Layaknya jeep sungguhan, mobil jeep kecil memiliki fisik yang menyerupai mobil dan dibekali mesin. Karenanya, mobil jeep kecil bisa dikendarai dan bodinya cukup tangguh untuk ditunggangi oleh orang dewasa.

Bagaimana tidak? Bobotnya sendiri bisa mencapai 200 kilogram dan bisa menopang bobot 2 penumpang dewasa.

Rancangan Jepang, Buatan Tiongkok, Rakitan Tangerang

Source : Kompas

Kecil-kecil cabai rawit, begitulah julukan untuk mini jeep. Bagaimana, tidak? Desainnya sendiri tidak main-main yaitu menggunakan desain rancangan oleh Jepang.

Komponennya merupakan buatan Tiongkok, tetapi perakitannya dilakukan di tanah air. Salah satunya di Rempoa, Tangerang Selatan.

Alhasil, mobil jeep kecil ini memiliki desain yang unggulan dan dirakit oleh tangan-tangan anak bangsa yang mumpuni. Menarik, kan?

Desainnya sendiri memiliki konstruksi rangka tubular dengan suspensi independen di empat titik. Mini jeep juga sudah dilengkapi dengan sistem pengeremannya disk brake pada dua titik yang terletak di depan dan di belakang.

Mobil Jeep kecil ini juga sudah ditambah sepasang lampu depan beserta lampu sein dan klakson, lho. Adapun bodinya terbuat dari plastik ABS yang bisa dicat seperti body mobil.

Spesifikasi Mesin dan Varian

Source : Carmudi

Berbeda dengan jeep sungguhan dengan mesin mobil yang gahar, mobil jeep kecil dibekali dengan mesin sepeda motor bebek 4 tak. Kapasitas mesin yang digunakan pun bervariasi antara 125 cc hingga 150 cc tergantung jenisnya.

Kapasitas ini tentu sangat kecil dibandingkan kapasitas mesin jeep yang mencapai ribuan cc. Namun, sudah mumpuni untuk menopang dan menggerakkan mini jeep yang memiliki bodi mungil.

Variannya pun beragam dan menyerupai tampilan jeep legendaris yang banyak diminati. Sebut saja Jeep Wilys, Toyota FJ  40 Hardtop, dan Land Rover Defender. Semuanya didesain tanpa atap dan dilengkapi dua tempat duduk untuk pengemudi dan penumpang.

Body Mungil Performa Tangguh

Source : Otomotif Kompas

Yang membuat mini jeep digandrungi tak lain adalah tampilannya yang keren dan sangat menyerupai jeep aslinya. Di samping itu, mobil jeep mini juga bisa dikendarai dan bahkan bisa melewati tanjakan hingga sudut kemiringan 45 derajat, lho.

Kendati demikian, mini jeep tidak disarankan untuk digunakan melewati tanjakan ekstrem karena pertimbangan keselamatan. Akan tetapi, pemilik tetap bisa bersenang-senang mengendarai mini jeep di medan yang aman seperti taman.

Bisa Maju Mundur

Source : Otomotif Kompas

Layaknya kendaraan roda empat keluaran pabrikan, mobil jeep kecil atau mini jeep juga mengalami upgrade, lho. Salah satunya adalah penambahan counter gear, yakni pemasangan gigi yang memungkinkan mobil untuk disetir mundur.

Cara mengemudikannya pun mudah, apalagi buat kamu yang sudah terbiasa mengemudikan mobil. Untuk memundurkan mini jeep, naikkan tuas dari posisi netral. Adapun untuk percepatan, turunkan tuas ke bawah.

Harga Mobil Jeep Kecil

Mini jeep yang dilengkapi dengan dua tempat duduk ini memiliki kisaran harga Rp50 juta per unit. Akan tetapi, pemilik bebas melakukan modifikasi untuk membuat tampilan dan performanya makin ciamik.

Setelah modifikasi, harga mini jeep bisa mencapai Rp85 juta. Wajar saja karena modifikasinya sendiri tentu juga membutuhkan ongkos sesuai jenis modifikasi yang dilakukan.

Tidak untuk Dikendarai di Jalan Umum

Source : Detik

Mini Jeep yang pertama kali diperkenalkan di SEMA SHOW Amerika Serikat 2016 ini merupakan kendaraan hiburan. Artinya, mini jeep bisa dimiliki sebagai pemuas hobi tetapi tidak bisa digunakan sebagai alat transportasi.

Nah, karena termasuk kategori hiburan, pemilik mini jeep tidak akan mendapatkan dokumen kendaraan. Meski harganya puluhan juta, mini jeep tidak mendapatkan plat motor.

Jadi, Pins tidak disarankan untuk mengendarai mini jeep di jalan umum dengan lalu lintas aktif kendaraan bermotor. Selain dapat mengganggu arus lalu lintas, mengendarai mini jeep di jalan umum juga bisa membahayakan pengendara.

Ini karena mini jeep tidak dibekali fitur-fitur keamanan memadai layaknya jeep sungguhan. Kendati demikian, Pins bisa mengendarai mini jeep di area tertentu seperti taman, lapangan, dan area sejenis yang tidak mengganggu orang lain.

Perawatan Mini Jeep

Layaknya mobil betulan, mini jeep juga perlu perawatan. Apalagi kendaraan yang dibeli karena hobi, biasanya pemilik memberi perhatian khusus.

Sayangnya, kendaraan hobi juga bisa cepat rusak kalau terlalu lama dibiarkan menganggur. Karenanya, sempatkan untuk memanaskan mesin atau membawanya berkendara sesekali di akhir pekan.

Mencuci mini jeep juga sama pentingnya, apalagi setelah dipakai keliling taman. Meski jarang dipakai, mini jeep yang dibiarkan di garasi juga bisa menumpuk debu dan berkarat.

Pastinya Pins tidak ingin ini terjadi, kan? Makanya, cuci dan bersihkan mini jeep secara berkala. kalau tak sempat mencuci sendiri karena kesibukan, tak ada salahnya memanggil bala bantuan.

Baca Juga: 12 Tips dan Cara Mencuci Mobil, dari Eksterior hingga Interiornya

Kini ada layanan cuci mobil dari Pinhome Home Service yang bisa Pins panggil ke rumah. Tak perlu  khawatir mempercayakan cuci mobil mini jeep kesayangan karena dilakukan oleh tenaga profesional. Pemesanannya pun mudah, bisa lewat aplikasi PinHome. Yuk, coba sekarang!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download