BlogLifestyleKecantikanRambut Berkutu? Tenang, Ada 8 Rekomendasi Obat Kutu Rambut Ampuh!
0
0

Rambut Berkutu? Tenang, Ada 8 Rekomendasi Obat Kutu Rambut Ampuh!

Dipublikasikan oleh Maria Talitakumi dan Diperbarui oleh Maria Talitakumi

Mar 1, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
obat kutu rambuttop-right-banner

Memiliki rambut kutuan pastinya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Pasalnya, rambut kutuan tidak hanya membuat gatal, namun juga dapat merusak kesehatan kulit kepala. Maka dari itu, ada beberapa obat kutu rambut yang dapat dicoba untuk menanganinya.

Namun apa sih sebenarnya penyebab dan bagaimana cara mengobatinya? Sebelum membahas obat kutu yang ampuh bagi rambut, mari membahas penyebabnya terlebih dahulu.

Baca juga: 13 Shampoo untuk Rambut Rontok dan Tipis

Penyebab Rambut Berkutu

Source : Unsplash

Sebenarnya bagaimana sih kutu dapat bersarang di rambut seseorang? Ya, sebenarnya kutu rambut merupakan penularan dari penderita sebelumnya. Jadi, apabila rambut kamu berkutu, bisa jadi kamu tertular dari orang lain.

Konsep penularan ini berasal dari barang-barang yang biasa Pins gunakan bersama dengan penderita lain tersebut. Misalnya sisir, topi, syal, bantal, atau jepit rambut. 

Penularan dapat terjadi dengan cepat, sebab kutu berpindah tempat hanya dengan terbang atau melompat. Kutu juga dapat bertahan di kepala seseorang hingga 30 hari lamanya.

Pengobatan Rambut Berkutu

obat kutu rambut
Source : Unsplash

Terdapat beberapa pengobatan tradisional yang dapat Pins lakukan sendiri di rumah apabila Pins memiliki rambut berkutu. Contohnya dengan menyisir rambut basah dengan serit. Kutu akan otomatis mati dalam waktu 12-24 jam setelah terlepas dari rambut.

Pins dapat melakukannya secara mandiri 3 hingga 4 kali sehari selama 2 minggu. Sebagai tambahan, kamu juga disarankan untuk mencuci rambut dengan shampoo khusus pembasmi kutu.

Nah, berikut adalah langkah-langkah untuk membasmi kutu dengan serit.

  1. Keramaslah dengan shampoo pembasmi kutu
  2. Coba gunakan obat kutu rambut yang ampuh, sesuai dengan anjuran dokter
  3. Tutuplah rambut dengan kain selama kurang lebih 5 jam
  4. Sisir rambut dengan serit untuk menghilangkan kutu yang masih berada di rambut
  5. Bilas rambut yang telah diseriti
  6. Jangan mencuci rambut lagi sampai 2 hari
  7. Gunakan serit dengan rutin hingga kutu mati dan hilang dari rambut

Rekomendasi Obat Kutu Rambut Terbaik

obat kutu rambut
Source : Unsplash

Untuk membasmi kutu dengan sempurna, mungkin kamu akan membutuhkan beberapa rekomendasi obat kutu rambut ampuh. Beberapa diantaranya mungkin akan terdengar familiar bagi Pins. Yuk, segera simak daftarnya berikut ini!

Peditox

Source : Unsplash

Peditox merupakan obat kutu rambut ampuh yang cukup terkenal sejak dulu. Obat ini berbentuk cair dengan kandungan yang bernama Permethrin 1%. Kandungan ini terkenal untuk membasmi kutu rambut dan mencegah epidemi kutu rambut.

Penggunaannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskannya pada kulit kepala yang telah kamu cuci bersih dengan shampoo. Kemudian tutup rambut dengan handuk atau shower cap, diamkan selama 10 menit.

Ketika kamu telah membuka handuk, dapat dipastikan kutu yang telah mati akan berjatuhan. Namun, masih ada kemungkinan terdapat kutu pada rambut, sehingga kamu perlu menyisirnya dengan serit.

Apabila masih terdapat kutu pada rambutmu, kamu bisa menggunakan Peditox untuk kedua kali. Tidak perlu khawatir, sebab obat ini telah memiliki izin edar dari BPOM. Kandungan Permethrin didalamnya juga telah dinilai aman karena dosisnya yang tidak terlalu tinggi.

Oleh karena itu, Peditox dapat menjadi saran obat kutu terbaik bagi orang dewasa maupun anak-anak.

Shirami Original

Source : Unsplash

Selain Peditox, kamu juga bisa mempertimbangkan Shirami Original sebagai shampoo kutu rambut yang ampuh. Sebab Shirami Original mengandung beberapa zat aktif yang mampu membasmi kutu pada rambut Pins.

Kandungan zat aktif tersebut adalah ekstrak lemon dan allium cepa yang dapat mengatasi masalah kutu rambut dan gejala gatal. Shampoo Shirami Original ini juga lengkap dengan kemiri dan minyak zaitun untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambut.

Cara menggunakannya cukup mudah. Basahi rambut, kemudian tuang shampoo secukupnya. Pijat merata di bagian kulit kepala dan rambut, diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas. Sisir rambut dengan serit setelahnya, untuk merontokkan kutu-kutunya.

Baca juga: Ungkap Rahasia Cara Menghilangkan Kutil dengan Mudah Menggunakan 7 Bahan Alami Ini

DexTox

obat kutu rambut
Source : Unsplash

Untuk membasmi kutu, ada baiknya apabila Pins mencoba membasmi telurnya juga. Sebab dengan membasmi telur kutu, pastinya penanganan untuk rambut berkutu akan lebih cepat.

Cara menggunakannya adalah dengan membasahi rambut terlebih dahulu. Apabila telah basah, oleskan DexTox ke seluruh rambut dan juga kulit kepala, lalu diamkan selama 10-30 menit.

Setelah itu, kamu dapat menyisir rambutmu dengan serit, agar kutu dan telurnya yang telah mati segera berjatuhan.

Nosuri

obat kutu rambut
Source : Pixabay

Obat kutu yang satu ini terbuat dari 100% bahan alami. Dalam kandungannya juga terdapat minyak nabati dan obat penghilang kutu. Karena bahannya yang alami, obat ini aman bagi semua kalangan, bahkan ibu hamil dan menyusui.

Tidak hanya membasmi kutu, namun obat ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan kulit kepala yang luka. Kulit kepala yang luka akibat gigitan kutu dapat sembuh cepat dengan mengaplikasikan obat ini secara rutin.

Cara penggunaannya pun tidak rumit. Cukup oleskan obat kutu ini ke seluruh kulit kepala. Lalu pijat perlahan agar obat terserap dengan baik. Kemudian, diamkan semalaman atau kurang lebih 6 jam.

Setelah langkah-langkah ini selesai, bilas rambut dengan shampoo dan ulangi pemakaian hingga beberapa hari guna menghilangkan kutu serta telurnya. 

Baca juga: Trend Model Rambut Wanita Ala Korea Ini Bisa Kamu Tiru Lho!

Tumbonan Spray

Source : Pixabay

Obat kutu jenis spray ini amat mudah untuk Pins gunakan, lho. Sebab kamu hanya tinggal menyemprotkannya di kulit kepala, lalu tunggu hingga 30 menit sebelum kamu membilasnya.

Terlebih lagi, spray ini aman bagi kulit kepala kamu, sebab terbuat dari bahan alami. Penggunaan beberapa kali dapat membuat kutu rambut hilang sepenuhnya.

Tumoklin

Source : Unsplash

Sama dengan Tumbonan, Tumoklin ini juga merupakan obat kutu berbentuk spray. Kamu dapat dengan mudah menyemprotkannya ke seluruh kulit kepala hingga merata. Jangan lupa untuk menutup kepala dengan kain atau handuk sampai 30 menit.

Setelah itu, kamu dapat menyisir rambut dengan serit agar kutu beserta telurnya rontok. Dan untuk penggunaan yang lebih maksimal, kamu dapat menggunakan 2-3 botol sekali pakai. Segeralah keramas dengan shampoo anti kutu setelah penggunaan obat kutu ini, ya.

Byelice Hair Shampoo dan Serum

Source : Pixabay

Rambut berkutu terjadi pada anak-anak? Tenang! Ada shampoo sekaligus serum yang cocok bagi kulit sensitif anak-anak. Sebagai tambahan, terdapat kandungan ekstra daun teh yang mampu melembapkan dan merawat kulit kepala secara menyeluruh.

Kamu dapat menggunakannya dengan cara menyemprotkan serum ini ke seluruh kulit kepala dalam keadaan kering. Lalu, tutuplah rambut dengan kain atau handuk, dan diamkan selama 15 menit.

Kemudian, jangan lupa untuk keramas dengan Byelice Hair Shampoo dan bilas dengan air bersih. Dan ingatlah untuk menyisir rambut dengan serit agar kutu beserta telurnya rontok.

Medscab

Source : Freepik

Obat kutu yang satu ini mampu mengatasi infeksi kulit yang disebabkan oleh parasit yang bernama sarcoptes scabiei. Parasit ini adalah tungau hidup dan menempel pada kulit maupun di kulit kepala manusia.

Obat ini mampu bekerja dengan mengganggu polarisasi dinding sel saraf parasit melalui ikatan dengan natrium. Dengan demikian, repolarisasi dinding sel akan terhambat, dan parasit akan menjadi tidak berdaya.

Jadi, jangan takut dengan kutu rambut ya! Sebab berbagai pilihan obat telah tersedia untuk membasminya. Kamu tinggal memastikan agar kamu dapat mengaplikasikannya secara rutin.

Baca juga: Cara Menghilangkan Keputihan Abnormal Pada Wanita dengan Bahan Alami


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Griya Pataruman Asri dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download