BlogHome ServiceOtomotifKelebihan Oli MPX 1 dan SPX 1, Pemiliki Motor Honda Wajib Tahu!
0
0

Kelebihan Oli MPX 1 dan SPX 1, Pemiliki Motor Honda Wajib Tahu!

Dipublikasikan oleh Omri Cristian

Des 4, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sebagai salah satu produsen motor tersukses di Indonesia, AHM (Astra Honda Motor) juga mengeluarkan lubricant atau pelumas khusus untuk motor keluarannya. AHM Oil yang memang sudah diformulasikan secara khusus dengan motor-motor honda dan kondisi iklim di Indonesia. Kelebihan Oli MPX 1 dan SPX pun tidak bisa diragukan lagi.

AHM Oil sendiri terdiri dari berbagai macam dengan karakteristik masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, misal nih AHM Oil mengeluarkan MPX 2 yang digunakan khusus untuk motor matic harian. Ada juga MPX 1 yang didesain untuk montor bebek honda pada umumnya.

Lalu, apa berbedaan di antara keduanya? Adakah kelebihan dan kekurangannya? Simak jawabannya di bawah ini.

Baca juga: 12 Komponen Sistem Pendinginan Mobil dan Cara Kerjanya

Klasifikasi Oli pada AHM Oil

Perbedaan Oli MPX 1 dan SPX 1
Source : bisaotomotif.com

Di belakang nama MPX dan SPX kamu bisa melihat terdapat angka 1, 2, 3. Nah, itu sebagai klasifikasi untuk jenis oli motor Honda. Angka 1 digunakan untuk oli yang khusus untuk motor bebek dan sport. Angka 2 digunakan untuk oli yang diformulasikan khusus motor matic. Dan angka 3 untuk oli yang memiliki kekentalah lebih, ini untuk motor yang sudah berusia lanjut.

Baca juga: 10 Merk Pelumas Rantai Motor Terbaik

Perbedaan Oli MPX 1 dan SPX 1

Perbedaan Oli MPX 1 dan SPX 1
Source : bisaotomotif.com

Oli Honda MPX merupakan singkatan dari Maximum Protection Expert yang merupakan oli Honda yang diformulasikan khusus sepeda motor yang digunakan untuk sehari-hari. 

Sedangkan, Oli honda SPX (Superior Protection Expert) merupakan oli yang fully syntetic yang diformulasikan khusus untuk motor yang biasa digunakan untuk berbalap. Artinya yang biasa digunakan untuk kecepatan tinggi.

Baca juga: Ganti Oli Motor Matic

Persamaan Oli MPX 1 dan SPX 1

Oli MPX maupun SPX sama-sama digunakan untuk motor bebek seperti Supra X 125, Honda Blade, CBR 150 R, Sonix 150 R, Supra GTR.

Baca juga : Ketahui 5 Fungsi Sistem Pelumasan pada Mobil Berikut Ini!

Perbandingan Performa MPX 1 dan SPX 1

Oli MPX 1 dan SPX 1 memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini beberapa karakteristik kedua oli tersebut:

Kelebihan dan Kekurangan SPX 1

Source : Honda Cengkareng

Kedua-duanya sama saja digunakan untuk motor bebek, tapi untuk yang SPX 1 dengan bahannya yang sudah Fully Synthetic maka akan membuat gesekan yang timbul lebih sedikit dan akan membuat tekanan pada temperatur tinggi lebih stabil.

Oli jenis SPX ini sangat cocok digunakan untuk motor-motor sport yang digunakan untuk kecepatan tinggi. Sebagai contoh motor-motor seperti Honda CB 150 R, CBR 150 R, Sonix 150 R, Verza dll.

Dari segi performa, untuk kecepatan tinggi oli SPX 1 lebih unggul karena mesin lebih terasa halus dan lebih nyaman buat kecepatan tinggi. Tapi kelemahannya ketika digunakan di dalam kota pada jalan-jalan macet, mesin terasa lebih cepat panas.

Kelebihan dan Kekurangan MPX 1

Source : Suara

Berbeda dengan oli MPX yang masih murni, oli ini juga sama-sama digunakan untuk motor bebek. Hanya saja akan optimal bila digunakan pada motor-motor untuk harian, seperti berkendara di dalam kota. Motor yang cocok menggunakan oli ini seperti Supra 125, Honda Blade, Revo dll.

Selain itu, pelumat ini terbilang hemat karena dapat diganti dengan lebih lama. Selain itu, oli ini memberikan daya lubrikasi terbaik untuk sepeda motor Honda dengan tipe kopling basah.

Oli MPX 1 sendiri memang dikhususkan untuk harian dan tidak memerlukan performa tinggi. Ketika di dalam kota atau jalan-jalan macet, oli ini sangat cocok, mesin tidak terlalu panas dan masih fine-fine aja. Tapi pada saat kecepatan tinggi, rasa-rasanya tidak sehalus saat menggunakan oli SPX 1.

Demikian artikel mengenai kelebihan Oli MPX 1 dan SPX. Jadi kedua-duanya memang ada dibuat untuk masing-masing kebutuhan, tinggal menyesuaikan kebutuhan kamu aja. Kamu menggunakan motor itu untuk kecepatan tinggi terus, atau kebanyakan untuk di jalan yang macet dengan kecepatan sedang.

Baca juga : 2 Jenis Suspensi Motor dan Fungsinya


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download