BlogLifestyleEdukasiOrang yang Berkata Dusta Merupakan Salah Satu Tanda Tidak Baik. Simak Detailnya di Sini!
0
0

Orang yang Berkata Dusta Merupakan Salah Satu Tanda Tidak Baik. Simak Detailnya di Sini!

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
orang yang berkata dusta merupakan salah satu tandatop-right-banner

Dusta merupakan sifat orang yang munafik. Oleh karena itu, sebagai umat muslim kita tidak boleh melakukannya. Pasalnya, dengan berdusta atau berbohong segala amalan baik bisa hilang begitu saja. Selain itu, berdusta pun akan mendatangkan mundarat lainnya. Tak heran jika orang yang berkata dusta merupakan salah satu tanda orang tak baik.  

Pinhome – Yuk, kita sama-sama belajar mengerti perilaku berdusta atau berbohong dalam ulasan ini. Berikut dijelaskan landasan hadis serta ganjaran untuk mereka yang berdusta. 

Hadis Tentang Berbohong atau Berdusta

Source : Your Tango

Dalam Islam, seseorang yang sering berbohong merupakan salah satu ciri orang munafik. Perilaku ini tidak disukai Allah SWT karena dapat melukai dan merugikan orang lain.  

Terdapat tiga ciri-ciri orang munafik yang diriwayatkan dalam Hadits Abu Hurairah. Berikut bacaan hadis tersebut: 

آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

Artinya: “Rasulullah SAW bersabda: Tanda orang munafik ada tiga; apabila berkata ia berbohong, apabila berjanji mengingkari, dan bila dipercaya ia mengkhianati.”

Mengenai perilaku bohong sendiri, sebetulnya hal tersebut termuat dalam hadis dari Bahaz bin Hakim. Berikut bacaan hadisnya: 

وَيْلٌ لِلَّذِى يُحَدِّثُ فَيَكْذِبُ لِيُضْحِكَ بِهِ الْقَوْمَ وَيْلٌ لَهُ وَيْلٌ لَهُ

Artinya: “Rasulullah SAW bersabda: celaka bagi orang yang berbicara lalu bohong agar orang-orang ketawa. Sungguh celaka dia. Celaka dia.”

Dari kedua hadis di atas, tentunya Pins tahu bahwa perbuatan berbohong atau berdusta ini sifatnya haram. Terlebih bila tindakan tersebut merugikan orang lain, sekalipun hanya candaan. 

Baca Juga: 9 Tips Beli Rumah Agar Terhindar Dari Penipuan

Hukum Berbohong Walau Bercanda

orang yang berkata dusta merupakan salah satu tanda
Source : Medical News Today

Allah SWT tidak menyukai sikap seseorang yang suka berbohong atau berdusta. Termasuk ketika berbohong saat bercanda. Pasalnya, orang yang berkata dusta merupakan salah satu tanda orang yang yang tak baik. Contoh kalimat bohong dalam candaan, misalnya: 

  • “Si X kabarnya kemarin meninggal ya? Meninggalkan kantor lamanya maksudnya.”
  • “Dekat rumahku banyak polisi tidur. Berhubung aku baik hati, ya selimutin ajalah. Kasihan, kedinginan kalau malam-malam jaga.”

Dua kalimat di atas ialah contoh bercanda yang mengandung kebohongan. Walau sepele, tapi hal tersebut tidak diperbolehkan oleh agama. Larangan ini termuat dalam hadis sebagai berikut: 

وَيْلٌ لِلَّذِى يُحَدِّثُ فَيَكْذِبُ لِيُضْحِكَ بِهِ الْقَوْمَ وَيْلٌ لَهُ وَيْلٌ لَهُ

Artinya: “Celakalah orang yang berbicara kemudian dia berdusta agar suatu kaum tertawa karenanya. Kecelakaan untuknya. Kecelakaan untuknya.” – HR Abu Dawud no. 4990. Hasan.

Selain hadis di atas, ada pula seruan bahwa Nabi Muhammad SAW akan memberikan surga bagi mereka yang tidak berbohong meski bercanda. Berikut hadisnya: 

أَنَا زَعِيمٌ بِبَيْتٍ فِي رَبَضِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْمِرَاءَ وَإِنْ كَانَ مُحِقًّا وَبِبَيْتٍ فِي وَسَطِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْكَذِبَ وَإِنْ كَانَ مَازِحًا وَبِبَيْتٍ فِي أَعْلَى الْجَنَّةِ لِمَنْ حَسَّنَ خُلُقَهُ

Artinya: “Saya memberikan jaminan rumah di pinggiran surga bagi orang yang meninggalkan perdebatan walaupun dia orang yang benar. Saya memberikan jaminan rumah di tengah surga bagi orang yang meninggalkan kedustaan walaupun dia bercanda. Saya memberikan jaminan rumah di surga yang tinggi bagi orang yang membaguskan akhlaknya.” – HR. Abu Dawud, no. 4800; shahih. 

Lantas, sebetulnya mengapa berbohong walau bercanda ini dilarang? Jika Pins penasaran, agaknya perlu menyimak hadis berikut: 

لاَ يَأْخُذَنَّ أَحَدُكُمْ مَتَاعَ أَخِيهِ لاَعِبًا وَلاَ جَادًّا

Artinya: “Tidak boleh seorang dari kalian mengambil barang saudaranya, baik bercanda maupun serius.” – HR. Abu Dawud, shahih.

Dari hadis tersebut, tentunya Pins tahu bahwa berbohong saat bercanda ini pun bisa menyakiti perasaan orang lain. Pasalnya, bisa jadi orang tersebut menganggap apa yang diucapkan sebetulnya bukan bohong atau bercanda. 

Selain itu, berbohong saat bercanda juga termasuk perilaku yang membuang-buang waktu. Hal ini tidak disukai oleh Allah SWT.

Baca Juga: Desain Mushola Dalam Rumah Yang Membawa Suasana Tenang Dan Nyaman

Kebohongan atau Perbuatan Dusta yang Diperbolehkan

orang yang berkata dusta merupakan salah satu tanda
Source : Pexels

Berbohong atau berdusta merupakan perilaku yang tidak disukai Allah SWT. Pasalnya, tindakan ini dapat merugikan orang lain dan diri sendiri. Maka, tidak heran jika semua umat muslim dilarang berbohong, karena akan sulit mendapatkan kepercayaan lagi dari orang lain. 

Walau demikian, ada beberapa kebohongan yang diperbolehkan dalam Islam. Kebohongan ini umumnya disampaikan untuk ‘menutupi’ suatu kebenaran atau fakta yang bisa jadi penyakitnya. 

Imam Al Ghazali dalam karyanya menyampaikan adanya dispensasi berbohong pada tiga kondisi. Hal tersebut disesuaikan dari habis yang berbunyi: 

أَنَّهَا سَمِعَتْ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَهُوَ يَقُولُ: «لَيْسَ الْكَذَّابُ الَّذِي يُصْلِحُ بَيْنَ النَّاسِ، وَيَقُولُ خَيْرًا وَيَنْمِي خَيْرًا» قَالَ ابْنُ شِهَابٍ: وَلَمْ أَسْمَعْ يُرَخَّصُ فِي شَيْءٍ مِمَّا يَقُولُ النَّاسُ كَذِبٌ إِلَّا فِي ثَلَاثٍ: الْحَرْبُ، وَالْإِصْلَاحُ بَيْنَ النَّاسِ، وَحَدِيثُ الرَّجُلِ امْرَأَتَهُ وَحَدِيثُ الْمَرْأَةِ زَوْجَهَا.رواه مسلم

Artinya: “Bahwa sesungguhnya Ummu Kultsum binti Uqbah Abi Mu’ith mendengar Rasulullah saw. berkata; “Tidak ada kebohongan yang dapat mendamaikan dua orang (yang bertikai), kemudian ia berkata baik dan melebih-lebihkan kebaikan.” Ibnu Syihab berkata (dalam riwayat lain) dan aku belum pernah mendengar Nabi mentolerir kebohongan kecuali dalam tiga kondisi; pada saat perang, mendamaikan dua orang, dan perkataan suami kepada istri, atau sebaliknya.”

Namun demikian, Imam ath-Thabari yang menampik toleransi atas tiga pemakluman tersebut. Menurutnya, kebohongan pada tiga situasi tersebut merupakan bentuk tauriyah atau mengelabui. 

Untuk lebih jelasnya, berikut tiga kebohongan yang diperbolehkan: 

  1. Strategi perang untuk mengalahkan musuh, yang jelas tidak bisa disampaikan kepada lawan secara terang-terangan. 
  2. Berbohong untuk mendamaikan dua orang atau pihak yang sedang bertikai. Namun harus dilakukan dengan cara yang baik pula, misalnya melalui mediasi. 
  3. Kebohongan suami kepada istri atau sebaliknya dengan tujuan untuk menampakkan rasa sayang, misalnya berupa pujian atau gombal. Meski demikian, kebohongan ini juga dianggap haram bila bersangkutan dengan kewajiban keduanya dalam menjalankan peran atau fungsi rumah tangga. Contohnya, yakni memakai uang keluarga untuk foya-foya atau berjudi.

Kebohongan atau perbuatan dusta kerap dianggap sepele oleh sebagian orang. Sayangnya, hal ini sebetulnya merupakan salah satu hal yang tidak disukai Allah SWT. Yuk, Pins, hindari kebiasaan berbohong, agar tidak merugikan orang lain dan diri sendiri.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download