BlogLifestyleEdukasiMengenal Pakaian Adat Lampung Pria dan Wanita
0
0

Mengenal Pakaian Adat Lampung Pria dan Wanita

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi Ratnasari

Okt 16, 2023

9 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Lampung yang memiliki julukan lain sebagai Kota Pisang menyimpan berbagai kekayaan budaya yang tentunya sangat mempesona. Selain ada rumah adat Lampung dan alat musik Lampung, provinsi ini juga mempunyai berbagai budaya lain yang memang khas. Salah satunya budaya yang paling dikenal oleh masyarakatnya yakni pakaian adat Lampung.

Pakaian adat Lampung mempunyai nilai estetika yang memang sangat tinggi, baik itu untuk penggunanya ataupun untuk masyarakat lain. Sama seperti fitur PinValue yang memiliki nilai tersendiri bagi penggunanya untuk memberi kemudahan dalam panduan membeli rumah impian.

Lewat fitur Pinvalue, kamu bisa mengetahui perkiraan harga rumah bekas di Bogor seperti Avoria Estate ataupun jual rumah baru di Kabupaten Bekasi tanpa harus bertanya ke pemilik properti secara langsung.

Pakaian Adat Lampung untuk Pria

Pakaian adat lampung untuk wanita
Source : Orami

Selain makanan khas Lampung yang terkenal enak ternyata pakaian adatnya juga sering mencuri perhatian. Pakaian atau baju adat laki-laki suku Lampung pada umumnya terkesan sederhana, yaitu berupa lengan panjang dengan warna putih, celana panjang hitam, sarung tumpal, sesapuran dan khika akhir. Meskipun sederhana namun akan semakin menambah efek karismatik bagi siapapun pria yang menggunakannya.

Sarung tumpal yaitu sebuah kain sarung khas dari Lampung yang ditenun dengan menggunakan benang emas. Sarung ini digunakan di luar celana, panjangnya mulai dari lutut hingga sampai ke pinggang.

Selain sarung, adalah khikat akhir atau selendang bujur sangkar yang dipakai dengan melingkarkan ke pundak menutupi bahu. Pakaian adat untuk pengantin laki-laki suku Lampung dilengkapi beragam aksesoris atau pernik perhiasan. 

Setidaknya ada 8 perhiasan yang biasa dipakai oleh pengantin laki-laki. Pernak-pernik perhiasan tersebut antara lain seperti kopiah emas berujim perhiasan leher berupa kalung, perhiasan pinggang, perhiasan dada, serta perhiasan lengan. 

Baca juga: 2 Jenis Pakaian Adat Gorontalo Lengkap Dengan Penjelasannya

Aksesoris Pakaian Adat Lampung untuk Pria

Ada beberapa aksesoris yang biasanya dipakai pria ketika menggunakan pakaian adat lampung. Yuk pelajari aksesoris yang khusus untuk pria.

1. Kopiah Emas

Source : Adat Nusantara

Kopiah emas digunakan oleh perias sebagai hiasan kepala dengan bahan kuningan. Pada kopiahnya bertahta karangan bunga dan bentuk penutup kepala ini bulat ke atas. Bagian ujungnya terdiri atas bentuk ruji-ruji tajam.

2. Kalung Papan Jajar

Source : Shopee

Yaitu kalung dengan gantungan berwujud 3 lempengan siger kecil atau perahu yang disusun dengan ukuran yang berbeda. Makna filosofis dari kalung ini yaitu merupakan simbol kehidupan baru yang akan mereka jalani serta dilanjutkan secara turun temurun ke anak cucu.

3. Kalung Buah Jukum

kalung buah jukum
Source : DocPlayer

Kalung buah jukum merupakan jenis hiasan kalung yang terdiri atas gantungan dan menyerupai serangkaian miniatur buah jukum. Bentuk dari kalung buah jukum ini juga tidak kalah indahnya dengan kalung papan jajar. Makna filosofis yang terkandung pada kalung ini menyimbolkan sebuah doa supaya para pengantinnya bisa segara mempunyai keturunan.

4. Selempang Pinang

Selempang pinang merupakan salah satu jenis kalung yang berukuran panjang dan terdiri atas gantungan serta mirip dengan buah atau bunga. Kalung selempang pinang ini biasanya dikombinasikan dengan kalung-kalung lainnya dengan bentuk warna yang hampir serupa, sehingga dapat membaur dengan hiasan-hiasan lainnya.

5. Ikat Pinggang

ikat pinggang pakaian adat lampung
Source : RomaDecade

Ikat pinggang merupakan jenis sabuk yang biasa dipakai pada pakaian adat pria, atau yang disebut dengan bulu seperti yang dilengkapi dengan terapang (keris). Selain itu sabuk itu sendiri memiliki warna yang sama dengan hiasan-hiasan kalung yang dipakainya yakni warna kuning.

6. Gelang Burung

gelang burung akeesoris pakaian adat lampung
Source : Blibli

Gelang burung ini dalam bentuk gelang datar memiliki aksesori yang menonjol berbentuk elang. Sesuai namanya, Garuda melambangkan karakteristik Indonesia. Pergelangan tangannya dikenakan di lengan kiri dan kanan, yang berarti umur panjang dan kekeluargaan akan sangat erat setelah menikah.

7. Gelang Kano

Gelang kano
Source : Shopee

Gelang kano merupakan bentuk yang mirip ban. Gelang kano sendiri biasanya digunakan di bawah gelang burung yang mempunyai arti filosofis melambangkan sebuah pembatas tentang perbuatan buruk setelah melaksanakan pernikahan.

8. Gelang Bibit

Pakaian adat lampung
Source : Selasar

Gelang bibit merupakan simbol doa supaya para pengantin bisa segera memiliki keturunan. Bentuknya lingkaran pipih dan tipis dari logam berwarna kuning keemasan. Dinamakan gelang bibit karena berada paling awal dari pergelangan tangan.

9. Gelang Ruwi

Source : Facebook

Gelang ini melambangkan keberanian dalam menjaga keamanan. Fungsi utamanya selain sebagai hiasan adalah penangkis.

Baca juga: 2 Jenis Pakaian Adat Jambi Lengkap Dengan Penjelasannya

Pakaian Adat Lampung Untuk Wanita

Pakaian adat lampung untuk wanita
Source : Orami

Pakaian Adat Lampung untuk pengantin wanita tidak begitu berbeda dengan pakaian laki-lakinya. Sesapuran, khikat akhir, sarung rumpai (tapis) juga terdapat pada pakaian pengantin wanita ini. Akan tetapi, pada wanita ada aksesoris lain yang menambah nilai filosofis dan estetis di antaranya selappai, bebe, katu tapis dewa sano.

Selappai adalah sebuah baju tanpa lengan dengan tepi bagian bawah berhias rumbai ringgit Bebe adalah sulaman benang satin yang berbentuk bunga teratai mengambang. Sedangkan katu tapis dewa sano adalah rumpai ringit dari kain tapis jung jarat.

Meski pakaian tradisional Lampung untuk wanita terkesan sederhana, akan tetapi ada cukup banyak aksesoris yang mesti dikenakan. Diantaranya adalah siger, seraja bulan, peneken, selapai siger, subang, kembang rambut, serta berbagai perhiasan leher dan dada.

Baca juga: Simak, 2 Jenis Pakaian Adat Bali Lengkap Dengan Penjelasannya

Aksesoris Pakaian Adat Lampung untuk Wanita

Wanita juga memiliki aksesoris khusus untuk pakaian adat yang akan dipakai. Berikut ini aksesoris yang biasanya dipakai oleh wanita.

1. Siger

Source : RomaDecade

Siger merupakan jenis mahkota emas yang biasa dipakai pada pakaian adat lampung wanita. Selain itu mahkota emas ini juga menyimbolkan dari 9 ruji yang menunjukkan dari sebuah 9 sungai yang dimiliki pada Provinsi Lampung.

Seperti halnya dengan sungai Way Sekampung, Way Kanan, Way Tulang Bawang, Way Seputih, Way Abung Pareng, Way Semangka, Way Sunkai, Way Kanan, dan Way Mesuji, siger ini juga mempunyai filosofis sebagai simbol kebudayaan adat Lampung.

2. Bellatung

Bellatung merupakan sanggul yang berbentuk malang. Pada zaman dulu banyak wanita memiliki rambut panjang dan disisir dengan dililitkan seperti angka delapan atau memalang.

3. Seraja Bulan

seraja bulan
Source : RomaDecade

Seraja Bulan adalah serangkaian mahkota kecil dengan tes tiga tingkat yang terletak di atas harimau dengan 5 buah. Filosofi yang terkandung dalam kostum ini adalah bahwa pernah ada lima kerajaan yang memerintah Lampung, ratu di atas, ratu di belakang, ratu di belakang, ratu di panggilan, dan ratu darah putih.

Selain itu, Seraja Bulan juga memiliki makna filosofis lain yang melambangkan lima filosofi kehidupan yang dimiliki oleh masyarakat Lampung, harga diri, senjata terbuka, kehidupan sosial, nama panggilan, dan kerja sama timbal balik.

4. Subang

Source : Selasar

Subang merupakan hiasan yang biasa digunakan pada ujung daun telinga pada pakaian adat wanita. Bentuk subang terbuat dari emas yang menyerupai seperti buah kenari. Pada bagian subang ini, bisa kita temukan kawat kuning dengan bentuk bulat lonjong, umumnya dipakai sebagai sangkutan umbai-umbai.

5. Perhiasan Leher dan Dada

pakaian adat lampung
Source : RomaDecade

Perhiasan leher dan dada merupakan hiasan pakaian wanita, dikenal juga dengan kalung buah jukum, kalung papanjajar, dan kalung ringit. Semua ini sebenarnya sama dengan hiasan yang terdapat pada pakaian adat laki-laki. Kalung buah jukum sendiri juga merupakan kalung yang terdiri atas gantungan dan berupa seperti serangkaian miniatur buah jukum.

Sedangkan untuk kalung papanjajar sendiri merupakan kalung yang mempunyai gantungan dan berbentuk menyerupai 3 lempengan perahu serta tersusun secara berbeda-beda. Lalu untuk kalung ringgit sendiri merupakan kalung dengan sembilan buah uang ringit.

6. Perhiasan Pinggang Dan Lengan

pakaian adat lampung
Source : Shopee

Pada bagian pinggang dan lengan, biasanya akan dikenai pakaian selempang pinang yang biasa digantung secara melintang dan mirip dengan bunga. Umumnya dikenakan dengan sejenis ikat pinggang yang berbahan beludru serta berhias pada kelopak bunga dengan bahan dari kuningan. Sedangkan pada perhiasan lengan menyerupai seperti gelang burung, gelang bibit, gelang kano, dan gelang duri.

Baca juga: Pakaian Adat Jawa

Ragam Pakaian Adat Lampung

Pakaian adat Lampung umumnya terbagi dua golongan yang didasarkan atas sukunya yaitu Saibatin dan Pepadun. Ada pula pakaian adat Lampung yang lebih modern dan bisa disimak selengkapnya sebagai berikut:

1. Pakaian Adat Lampung Saibatin

Source : Orami

Saibatin merupakan makna yang berarti satu batin serta memiliki satu junjungan. Semua ini sesuai dengan susunan sosial yang pakaiannya berciri khas warna merah.

Selain itu budaya Suku Saibatin umumnya bersifat aristokratis, hal ini dikarenakan kedudukan adat hanya bisa diwariskan melalui garis keturunan saja. Ciri lain dari suku Saibatin adalah pakaian adat yang dipakai biasanya menggunakan mahkota pengantin yang memiliki tujuh lekuk.

2. Pakaian Adat Lampung Pepadun

Source : Pariwisata Indonesia

Pakaian adat ini biasa digunakan oleh warga Lampung yang berada di daerah dataran tinggi seperti Kotabumi, Tulang Bawang, Way Kanan, dan Way Seputih. Dominasi warna bajunya adalah putih yang melambangkan kesucian dan kebersihan. Pada pengantin wanita menggunakan kebaya putih dengan bordir emas, kain tapis putih hingga selop berwarna putih atau emas.

3. Baju Adat Lampung Modern

Source : Lampung.co

Baju adat Lampung modern merupakan baju adat yang biasa digunakan ketika ada acara seperti pernikahan oleh pengantin. Pada dasarnya pakaian adat modern ini tidak jauh berbeda dengan pakaian adat Lampung yang lama.

Namun ada sedikit perbedaan pada warna dan bentuk pakaiannya. Baju adat Lampung modern memiliki berbagai ragam warna, tidak cuma merah dan putih saja. Sementara baju adat Lampung lama mempunyai keterbatasan pilihan warna yakni merah atau putih.

4. Baju Adat Lampung Anak

pakaian adat lampung anak
Source : Rimba Kita

Pada dasarnya bentuk dan motif pakaian adat anak ini tidak jauh berbeda dengan pakaian adat lampung dewasa, perbedaannya hanya ukuran dan tambahan – tambahan yang mungkin kurang lengkap ketimbang aslinya.

Pakaian adat Lampung memang memiliki banyak atribut. Setiap aksesoris yang digunakan bukan hanya sebagai hiasan namun mempunyai makna tersendiri baik bagi pria maupun wanita.

Baca juga: 7 Alat Musik Tradisional Bali

Feature Image Source: Wikipedia


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Villa Jatiluhur dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download