BlogLifestyleHewan PeliharaanKura-Kura Galapagos
0
0

Kura-Kura Galapagos

Dipublikasikan oleh Harsanto Maulana Ibrahim dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Apr 10, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Apakah kamu pernah mendengar tentang kura-kura Galapagos? Bagi kamu yang seorang pecinta hewan ( khususnya pecinta reptil ), kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan nama dari salah satu jenis kura-kura darat terbesar di dunia ini.

Yups, tepat sekali. Kura-kura Galapagos adalah jenis kura-kura darat terbesar yang ditemukan di kepulauan yang berada sekitar 1000 km ke arah barat Ekuador.

Kepulauan ini diberi nama sama dengan nama kura kura darat yang ditemukan di pulau tersebut, yaitu pulau Galapagos. Negara yang memiliki pulau galapagos adalah ekuador.

Kura Kura Galapagos

Hampir 1 abad alias 100 tahun berlalu, kura-kura Galapagos ini sempat dinyatakan sebagai salah satu jenis hewan yang punah. Namun, sebuah keajaiban terjadi. Dimana sekitar tahun 2009 ditemukan kan kura-kura di kepulauan Galapagos yang diyakini sebagai salah satu spesies dari kura-kura Galapagos.

Apakah kamu semakin penasaran dengan kura-kura Galapagos? Ingin tahu ciri-ciri, makanan, habitat sampai karakteristik dari kura-kura Galapagos? Bila demikian, mari simak beberapa informasi singkat mengenai berbagai hal tentang kura-kura Galapagos di bawah ini.

Jenis Kura Kura Galapagos

Berdasarkan klasifikasinya kura-kura Galapagos termasuk ke dalam genus Chelonoidis. Kura-kura ini memiliki kurang lebih 14 spesies. Namun, sayangnya empat spesies ini sudah dinyatakan punah.

Spesies tersebut punah dikarenakan bencana alam, layaknya letusan gunung berapi. Namun, ada pula spesies yang di pulau Santa Fe punah karena eksploitasi yang berlebihan dari manusia.

Kura Kura Galapagos

Bentuk Fisik / Ciri-ciri

Secara umum bentuk fisik dari kloroplas dapat dilihat melalui tempurungnya. Ada dua jenis tempurung Galapagos, yaitu berbentuk kubah dan saddleback. Umumnya Galapagos bertempurung kubah memiliki leher yang lebih pendek dibandingkan Galapagos bertempurung saddleback.

Akan tetapi Galapagos sendiri sebenarnya memiliki leher yang cukup panjang dengan tubuh yang bersisik.

Habitat & Karakteristik

Habitat asli dari kura-kura Galapagos tentunya ada di kepulauan Galapagos. Namun, uniknya bukan nama kura-kura yang diambil dari nama pulau. Nama pulau Galapagos diambil dari banyaknya spesies kura-kura Galapagos yang hidup di pulau tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan habitat Kalau bagus di pulau Espanola, pulau Fernandia, pulau Floreana, pulau Pinta, pulau Pinzon, pulau San Cristobal, pulau Santa Cruz, pulau Santa Fe Santiago serta 5 gunung berapi yang ada di kepulauan Isabella.

Sedangkan untuk karakteristiknya sendiri, Galapagos merupakan jenis hewan pemalas. Hal ini dikarenakan 16 jam sehari hanya digunakan untuk istirahat atau berdiam diri saja. Selain itu, sebagai hewan yang besar gerakan Galapagos juga cukup lambat. Galapagos hanya mampu bergerak 0,5 km per jamnya.

Usia / Umur

Kura-kura Galapagos merupakan jenis hewan yang memiliki umur panjang. Rata-rata umur kura-kura ini lebih dari 100 tahun. Bahkan kura-kura Galapagos paling tua yang pernah tertangkap memiliki usia sekitar 170 tahun.

Sebenarnya dengan usia panjang, cukup aneh bila Galapagos cepat punah. Terlebih kura-kura ini tidak memiliki predator alami. Satu-satunya musuh dari kura-kura ini adalah eksploitasi manusia yang memburunya. Sehingga kini keberadaannya sangat memprihatinkan.

Ukuran Kura-kura Galapagos

Ukuran kura-kura Galapagos sangat besar. Bahkan satu ekor Galapagos dewasa bisa mencapai panjang 1,2 sampai 1,84 meter. Bahkan tak menutup kemungkinan panjang ini akan terus bertambah.

Tak hanya itu, berat dari Galapagos juga bisa mencapai berat ratusan kilogram. Umumnya berat dari Galapagos mencapai sekitar 3 kuintal atau 300 kg. Namun, ada pula Galapagos yang memiliki berat mencapai 417 kg. Sangat besar, bukan? Jadi bukan hal aneh bila Galapagos menjadi jenis kura-kura darat terbesar di dunia.

Harga Kura Kura Galapagos

Karena kura-kura Galapagos sempat menjadi salah satu jenis kura-kura yang dianggap punah, maka bukan hal aneh bila harga dari kura-kura Galapagos melambung tinggi. Bahkan harga satu ekor anakan kura-kura Galapagos bisa mencapai jutaan sampai puluhan juta rupiah.

Harga yang sangat fantastis, bukan? Namun, ini terlihat wajar. Sebab hanya sedikit orang yang masih berani untuk menjual kura-kura jenis ini.

Makanan

Kura-kura Galapagos adalah jenis hewan herbivora. Sehingga makanan dari hewan ini hanyalah tumbuh-tumbuhan. Oleh karena itu, dari kecil Galapagos sudah memakan tumbuh-tumbuhan, layaknya kaktus lunak, buah-buahan ataupun rumput.

Sayuran Untuk Galapagos

  1. Daun Singkong
  2. Kecipir
  3. Sawi
  4. Kangkung
  5. Toge
  6. Wortel
  7. Bayam
  8. Selada
  9. Jagung Muda

Namun, tak hanya itu. Ada fakta menarik tentang kura-kura Galapagos. Dimana Galapagos mampu bertahan hidup walau tidak makan dan minum selama 1 bulan penuh.

Sebab Galapagos akan menyimpan air di kandung kemih dengan sistem mirip punuk unta. Sedangkan untuk memenuhi rasa lapar, Galapagos bisa memecah lemak dalam tubuhnya sebagai sumber nutrisi.

Kandang

Meskipun berjenis kura darat, namun tentu perawatan Galapagos sangat unik dan lain daripada yang lain. Sehingga bila ingin membuat kandang Galapagos pun harus dibuat secara khusus. Selain itu kandang juga harus memiliki ukuran yang sangat besar dan menyerupai habitat aslinya.

Kandang Kura Kura Darat

Cara Merawat / Memelihara Kura Kura Galapagos Bagi Pemula

Cara merawat atau memelihara Galapagos, sebenarnya tak jauh beda dengan memelihara kura-kura darat lainnya. Namun karena ukuran Galapagos yang sangat besar maka kamu juga harus memperhatikan hal tersebut, sebelum memutuskan untuk merawatnya.

Hal ini dikarenakan perawatan dan pemeliharaan Galapagos tentunya lebih besar dibandingkan kura-kura darat jenis lainnya. Khususnya bagi pemula, kamu harus lebih berhati-hati dalam memutuskan untuk mencoba merawat Galapagos.

Membedakan Jantan dan Betina

Cara untuk membedakan kura-kura Galapagos jantan dan betina bukanlah perkara sulit. Kamu hanya perlu memperhatikan bagian bawah Galapagos. Bila bagian bawah Galapagos membentuk cekungan maka kura-kura tersebut berjenis kelamin jantan. Sedangkan bila rata maka berjenis kelamin betina.

Cara Ternak Kura kura Galapagos

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, Galapagos merupakan jenis kura-kura darat terbesar yang langka dan beberapa malah telah punah. Oleh karena itu, ternak kura-kura Galapagos yang dimaksud adalah cara membudidayakannya. Supaya kelangsungan hidup Galapagos dapat membaik.

Ketika kamu memutuskan untuk membudidayakan kura-kura Galapagos, maka alangkah baiknya bila kamu totalitas dalam proses tersebut. Seperti halnya dengan membuat kandang khusus yang sangat besar sampai dengan memberikan makanan yang bergizi dan bernutrisi.

Selain itu, kamu juga harus mempelajari dengan baik semua yang berhubungan dengan kura-kura Galapagos lebih rinci. Sehingga proses budidaya pun bisa berkembang dengan baik.

Sebenarnya lebih baik lagi bila Galapagos dilestarikan bukan di dalam kandang. Namun di dalam habitat aslinya. Sehingga Galapagos tidak kesusahan dalam beradaptasi di tempat pembudidayaannya.

Cara Jual Kura Kura Galapagos

Galapagos merupakan jenis kura-kura yang dilindungi. Bahkan oleh International Union for Conservation of Nature. Oleh karena itu, Galapagos sebenarnya tidak boleh dijual secara bebas di pasaran. Bahkan meskipun kamu telah membudidayakannya sendiri. Apalagi di alam jumlah Galapagos dari berbagai spesies hanya tersisa sekitar kurang lebih 15 ribu ekor saja.

Baca Juga Mengenai : Kura Kura Aldabra

Demikianlah beberapa informasi menarik tentang kura-kura Galapagos yang harus kamu ketahui. Bagaimana? Kura-kura Galapagos termasuk jenis hewan yang sangat menarik, bukan?

Namun yang harus kamu ingat dengan baik, meskipun cantik dan sangat menarik kura-kura Galapagos adalah spesies kura-kura darat yang terancam punah. Sehingga kamu harus turut menjaga kelestariannya. Supaya kelangsungan hidup kura-kura Galapagos di habitatnya tetap terjaga dengan baik.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download