BlogLifestyleEdukasiPengertian Biomaterial Menurut Para Ahli dan Jenisnya
0
0

Pengertian Biomaterial Menurut Para Ahli dan Jenisnya

Dipublikasikan oleh Ani Ramdhani

Apr 13, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
Pengertian Biomaterial dan Jenis-Jenis Biomaterialtop-right-banner
Pengertian Biomaterial Menurut Para Ahli
Pengertian Biomaterial Menurut Para Ahli

Istilah biomaterial atau yang juga dikenal dengan biomaterials seringkali dipergunakan dalam ilmu pengetahuan, baik kimia, biologi, bahkan kedokteran. Secara singkat biomaterial ini dapat diberikan arti sebagai segala wujud material yang ada dalam kehidupan, baik organik atau non organik, baik alami atau sintetis yang kemudian dipergunakan dalam tubuh manusia.

Pengertian Biomaterial

Biomaterial adalah sebagai material selain obat, baik berasal dari makhluk hidup maupun yang sintetik, yang dimaksudkan untuk berhadapan dengan sistem biologis dengan tujuan mengobati, menambah atau mengganti jaringan, organ atau fungsi tubuh.

Pengertian Biomaterial Menurut Para Ahli

Adapun definisi biomaterial menurut para ahli, antara lain;

  1. Ylinen (2006)

Respon sistem biologis ketika material berinteraksi dengan sistem pada tubuh manusia sangatlah ditentukan oleh komposisi kimia dan struktur fisik dari material tersebut. Suatu biomaterial dapat diklasifikasikan berdasarkan respon khusus material tersebut terhadap lingkungan biologis yaitu :

Jenis Biomaterial

Antara lain;

  1. Biotoleran, yaitu material yang dapat bertahan tanpa memberikan efek atau kerusakan pada jaringan tubuh. Biasanya akan muncul jaringan tipis yang membungkus material ini sebagai antarmuka dengan jaringan atau susunan tubuh. Contoh biomaterial dalam biotoleran ini misalnya saja jenis material ini adalah stainless steel dan cobalt-chrome.
  2. Bioinert dapat diartikan sebagai suatu bentuk reaksi dalam pembentukan fibrous oleh jaringan tubuh manusia pada susunan atau permukaan biomaterial.
  3. Bioaktif adalah suatu ikatan secara langsung dalam biokimia dan juga biologis pada antarmuka biomaterial dan juga tulang induk melalui proses lapisan apatit biomaterial..
  4. Jenis biomaterial, yang ke-4 ini adalah material biotoleran dan bioinert, contohnya seperti logam dan karbon yang biasanya disebut dengan istilah “implan”, alasannya karena ketika ditanamkan ke jaringan tubuh manusia, material jenis ini ini tidak akan pernah menyatu dengan jaringan tubuh.
  5. Material Kalsium fosfat yang sering digunakan banyak digunakan dalam bidang ortobedi dan kedokteran gigi sebagai material pengganti tulang. Cara yang digunakan adalah dengan memberikan mineral tulang pada bagian yang sudah mengalami kerapuhan melalui suntikan suspensi atau koloid mineral atau hormon ke tulang pada bagian yang rapuh yaitu Injectable bone substitute.

Demikianlah pembahasan mengenai biomaterial yang mencangkup pengertian biomaterial menurut para ahli dan jenis-jenisnya. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat memberikan wawasan serta pengetahuan bagi pembaca yang sedang mencari referensi tentang “Biomaterial”.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download