BlogLifestyleEdukasiPengertian Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual
0
0

Pengertian Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual

Dipublikasikan oleh Ani Ramdhani

Apr 13, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Pengertian Kecerdasan Intelektual, Emosional, Dan Spiritualtop-right-banner
Pengertian Kecerdasan Intelektual, Emosional, Dan Spiritual
Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual

Kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual pada hekekatnya dimiliki oleh setiap manusia, dimana manusia diciptkan oleh Tuhan YME sebagai mahluk yang paling sempurna, dibadingkan dengan mahluk lainnya. Manusia diberikan akal, fikiran, nafsu, indra, dan lain sebagainya.

Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual

Menurut Efindri, dalam istilah The Success Triangle yang diadopso dari buku “Minang Entrepreneurship” yang menggambarkan tentang tiga komponen kecerdasan, yaitu kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EI/EQ) dan kecerdasan spiritual (SI/SQ) yang saling bersinergi dan kaitannya dengan bisnis atau wirausaha. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini akan menjelaskan  sekaligus membahasan tentang pengertian kecerdasan tersebut.

  1. Pengertian Kecerdasan Intelektual (Intellectual Quotient / IQ)

Kecerdasan intelektual lazim disebut dengan intelegensi. Istilah ini dipopulerkan kembali pertama kali oleh Francis Galton, seorang ilmuwan dan ahli matematika yang terkemuka dari Inggris. Inteligensi adalah kemampuan kognitif yang dimiliki organisme untuk menyesuaikan diri secara efektif pada lingkungan yang kompleks dan selalu berubah serta dipengaruhi oleh faktor genetic.

Menurut spearman, mengelompokan inteligensi ke dalam dua kategori. Kategori  yang pertama adalah g-faktor atau biasa disebut dengan kemampuan kognitif yang dimiliki individu secara umum, misalnya kemampuan mengingat dan berpikir. Kategori yang kedua disebut dengan s-factor yaitu merupakan kemampuan khusus yang dimiliki individu.

G faktor dalam kecerdasan intelektual lebih merupakan potensi dasar yang dimiliki oleh setiap orang untuk belajar dan beradaptasi. Intelligensi ini dipengaruhi oleh faktor bawaan. Sedangkan faktor s merupakan intelligensi yang dipengaruhi oleh lingkungan sehingga faktor s yang dimiliki oleh orang yang satu akan berbeda dengan orang yang lain. Akan tetapi setiap faktor s pasti mengandung faktor g

  1. Pengeratian Kecerdasan Emosional (Emotional Intelligence /EI/EQ)

Kecerdasan emosional berkaitan dengan emosi dan pemikiran manusia. Bandura (dalam Zakarevičius dan Župerka) mengaitkan kecerdasan emosi dengan  dengan kesadaran diri (persepi emosi, manajemen emosi, sikap empati dan eimpulsivitas).

Menurut golmen, kecerdasan emosional atau kecerdasan emosi adalahkemampuan mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri dan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri atau dalam hubungan dengan orang lain.

Secara garis besar Golmen membagi kecerdasan emosi dalam dua lingkup, yaitu kemampuan emosi dalam diri sendiri (kesadaran diri, keyakinan, ketekunan dan motivasi) serta kemampuan emosi social (empati, komunikasi dan manajemen konflik).

Sementara itu Mayor dan Solve  (dalam Morgan)  menyatakan bahwa kecerdasan emosi meliputi kemampuan untuk memahami secara akurat, menilai dan mengekspresikan emosi, kemampuan untuk mengakses dan/atau menghasilkan perasaan manakala mereka berfikir, kemampuan untuk memahami emosi dan pengetahuan tentang emosi, serta kemampuan untuk mengatur emosi untuk mempromosikan emosional dan pertumbuhan intelektual.

  1. Pengertian Kecerdasan Spiritual (Spiritual Intelligence/ SI/SQ)

Emmons (dalam Amram) menulis bahwa kecerdasan spiritual adalah suatu kerangka kerja untuk mengidentifkasi dan mengorganisir ketrampilan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk penggunaan adaptif spiritualitas.

Komponen Kecerdasan Spiritual

Emmons mengusulkan lima komponen dalam memaksimalkan kecerdasan spiritual, diantaranya;

  1. Kemampuan untuk memanfaatkan sumber-sumber spiritual untuk memecahkan masalah
  2. Kemampuan untuk memasuki level tertinggi dari kesadaran
  3. Kemampuan untuk menginvestasikan kegiatan dan hubungan sehari-hari dengan rasa yang kudus
  4. Kapasitas untuk transedensi dari fisik dan materi
  5. Kapasitas untuk menjadi pribadi yang saleh

Demikianlah pembahasan mengenai kecerdasan yang terdiri dari Pengertian Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual (iq eq sq) secara lengkap. Semoga bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari referensi tentang “Jenis-Jenis Kecerdasan”.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download