BlogHome ServiceElektronikYuk Ketahui Penyebab Kulkas Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala
0
0

Yuk Ketahui Penyebab Kulkas Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kulkas tidak dingin tapi lampu menyala adalah salah satu masalah yang umum dijumpai pada alat pendingin ini. Ketahui penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala agar kamu tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Sama seperti peralatan elektronik di dalam rumah, kulkas juga akan mengalami kerusakan seiring pemakaian. Salah satu masalah yang kerap dijumpai adalah kulkas tidak dingin tapi lampu menyala.

Untuk mengetahui penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala secara lebih jelas, simak penjelasan berikut.

Lampu Kulkas Bukan Patokan Sistem Pendingin Bekerja

(Quora)

Pins perlu memahami kalau ada dua sistem yang berjalan ketika kulkas bekerja, yaitu sistem kelistrikan dan sistem pendinginan. Nah, lampu pada kulkas tidak ada hubungannya dengan sistem pendinginan kulkas.

Lampu ini menjadi indikasi bahwa sistem kelistrikan bekerja dengan baik. Namun, bukan berarti sistem pendinginannya juga bekerja.

Ketika kulkas dibuka, otomatis lampu akan menyala. Sebaliknya, ketika kulkas ditutup, lampu akan padam.

Selain membuka dan menutup pintu kulkas, kamu bisa menekan tombol di pojok bagian dalam pintu untuk menyalakan atau mematikan lampu.

Jadi, lampu kulkas menyala bisa menjadi indikator bahwa sistem kelistrikan bekerja dengan baik. Maka, sumber masalah kulkas tidak dingin bukan pada sistem kelistrikan, melainkan pada sistem pendinginan.

Baca Juga:

Penyebab Kulkas Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

(Freepik)

Kulkas yang tidak dingin artinya sistem pendinginannya tidak bekerja. Maka, kemungkinan penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala adalah masalah pada komponen pendingin.

Perlu diketahui, ada perbedaan kulkas 1 pintu dan dua pintu yang terletak pada sistem pendinginan. Itu sebabnya, penyebab kulkas tidak dingin juga berbeda pada kedua jenis kulkas ini.

Penyebab Kulkas 1 Pintu Tidak Dingin

(BMTrada)

Berikut ini beberapa kemungkinan sumber masalah ketika kulkas satu pintu tidak dingin:

Kompresor Tidak Bekerja

Kompresor adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam fungsi pendinginan kulkas. Komponen ini bekerja dengan cara memompa freon dan menyebarkannya ke seluruh bagian pada kulkas.

Freon sendiri merupakan zat yang bekerja menyerap panas dan mendinginkan kulkas. Jadi, kalau kompresor tidak bekerja, akibatnya tidak ada aliran freon.

Aliran Freon Tersumbat

Seperti disebutkan sebelumnya, freon berfungsi mendinginkan kulkas.  Jadi, kalau aliran freon tersumbat, otomatis kulkas tidak dingin.

Nah, pada kulkas satu pintu biasanya bagian freezer menghasilkan bunga es. Pada kulkas satu pintu, tidak adanya aliran freon akan menyebabkan bunga es tidak terbentuk. Alhasil, kamu harus membersihkan bunga es pada kulkas agar fungsinya kembali normal.

Evaporator Bocor

Penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala juga bisa disebabkan oleh kebocoran pada evaporator. Komponen ini terbuat dari logam anti karat yang tempat mengalirnya freon.

Kalau ada kebocoran pada evaporator, otomatis freon akan keluar dari aliran sistem pendinginan.

Pada kulkas satu pintu, evaporator terletak di balik kotak freezer. Kebocoran pada evaporator bisa disebabkan karena tertusuk benda tajam.

Karenanya, Pins tidak disarankan untuk mengambil makanan beku di freezer dengan menggunakan benda tajam seperti pisau.

Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin

(Freepik)

Berikut ini beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin:

Kebocoran pada Aliran Freon

Sama seperti penyebab kulkas 1 pintu tidak dingin, kulkas  dua pintu juga menggunakan zat freon untuk proses pendinginan. Maka, jika terjadi kebocoran pada aliran freon, kulkas menjadi tidak dingin.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Membersihkan Kulkas Agar Terbebas dari Bau Tak Sedap

Penyumbatan Jaringan Pipa

Jaringan pipa pada sistem pendinginan kulkas berfungsi mengalirkan zat freon. Jika terjadi penyumbatan, freon tidak akan mendinginkan kulkas sebagaimana mestinya.

Sumbatan pada jaringan pipa pendinginan kerap terjadi di evaporator. Biasanya, evaporator menjadi beku. Solusinya adalah dengan menyiramkan air panas untuk menghilangkan sumbatan.

Masalah pada Sistem No Frost

Sebelumnya disebutkan bahwa kulkas satu pintu selalu menghasilkan bunga es, sedangkan kulkas dua pintu tidak menghasilkan bunga es. Hal ini karena kulkas dua pintu menggunakan sistem no frost.

Fitur no frost tidak menghasilkan bunga es karena kulkas akan secara otomatis mencairkan bunga es dengan menaikkan suhu. Jika sudah mencapai suhu tertentu, fitur no frost akan mati dengan sendirinya.

Nah, adanya masalah pada sistem no frost ini bisa menyebabkan kulkas tidak dingin

Motor Fan Sirkulasi Tidak Menyala

Motor Fan merupakan bagian dari sistem kerja kulkas dua pintu. Fungsi komponen ini adalah untuk menyirkulasikan suhu dingin yang dihasilkan oleh evaporator

Jika motor fan tidak bekerja, tidak udara dingin akan berkumpul di evaporator saja. Akibatnya, evaporator jadi beku tetapi bagian dalam kulkas tidak dingin.

Kerusakan pada Komponen Lain

Selain masalah pada komponen-komponen di atas, penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala juga bisa bersumber dari komponen lain. Kemungkinan sumber masalah adalah pada komponen defrost timer, thermostat, dankompresor sehingga diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Itulah beberapa penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala. Untuk mengetahui sumber masalah secara pasti, diperlukan pengecekan komponen-komponen tadi.

Sebaiknya Pins tidak melakukan pembongkaran kulkas sendiri untuk melakukan perbaikan. Segera hubungi teknisi untuk melakukan pemeriksaan sekaligus perbaikan.

Namun, dengan mengetahui kemungkinan penyebab kulkas tidak dingin tadi, Pins bisa memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan.

Tidak harus langsung melakukan perbaikan atau penggantian komponen, kamu bisa menghubungi teknisi untuk melakukan pengecekan dulu.

Umumnya biaya untuk pengecekan kondisi kulkas cukup terjangkau. Untuk penanganan masalah, tarifnya variatif tergantung jenis tindakan yang diperlukan. Tentunya biaya lebih mahal jika diperlukan penggantian komponen.

Baca Juga: Yuk Ikuti 8 Cara Memperbaiki Kulkas Mati Total Berikut


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Source feature Image: Amazon

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download