BlogLifestyleKecantikanYuk, Kenali 11 Penyebab Rambut Rontok!
0
0

Yuk, Kenali 11 Penyebab Rambut Rontok!

Dipublikasikan oleh Shinta Dewi Kurniawati dan Diperbarui oleh Shinta Dewi Kurniawati

Jan 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
penyebab rambut rontoktop-right-banner

Rambut rontok dapat terjadi bukan hanya pada kulit kepala, namun pada rambut di bagian tubuh lainnya. Rambut rontok bisa menjadi kondisi yang sementara atau permanen. Jika Pins mengalami hal tersebut, kamu perlu mengetahui apa sih yang jadi penyebab rambut rontok.

Pada umumnya, rambut manusia mengalami kerontokan sebanyak 50-100 helai per hari. Hal ini merupakan kondisi yang wajar. Namun, yang menjadi tidak wajar ketika rambut yang rontok melebih jumlah tersebut. Berikut adalah beberapa penyebab rambut rontok yang dapat kamu perhatikan.

Baca juga: 13 Shampo Untuk Rambut Rontok dan Tipis

Stres Emosional

penyebab rambut rontok
Source : Shutterstock

Penyebab rambut rontok yang pertama adalah stres secara emosional. Terkadang, masalah yang kita alami menjadi beban pikiran kita setiap harinya. Hal inilah yang dapat menyebabkan stres sehingga berdampak pada kerontokan rambut.

Perlu diketahui, bahwa fase pertumbuhan rambut terbagi dengan tiga tahap, pertumbuhan, istirahat, dan rontok. Saat kita mengalami stres emosional, rambut akan berada pada fase istirahat, sehingga tidak ada pertumbuhan serta akan rontok dalam jumlah banyak.

Lelah Fisik

penyebab rambut rontok
Source : Shutterstock

Sama seperti stres emosional, lelah atau stres secara fisik juga dapat menjadi penyebab rambut rontok. Aktifitas fisik berat seperti berolahraga, bekerja lembur, maupun melahirkan (bagi wanita) dapat menyebabkan stres fisik.

Fisik yang terlalu lelang membuat hormon di dalam tubuh menjadi tidak stabil. Selain itu, lelah fisik juga membuat rambut berada pada fase istirahat, sehingga pertumbuhan tidak ada dan kerontokan justru semakin banyak saat kita menyisir maupun memegang rambut.

Faktor Keturunan

penyebab rambut rontok
Source : Shutterstock

Penyebab rambut rontok yang berikutnya adalah faktor keturunan. Hal ini merupakan penyebab paling umum dari rambut rontok. Faktor keturunan menyebabkan kerontokan rambut seiring dengan penambahan usia.

Kerontokan rambut dari faktor keturunan biasanya terjadi secara bertahap, mulai dari rontok di bagian tepi, hingga membentuk pola atau garis di kepala. Pada akhirnya, di usia tertentu, rambut rontok akan membuat penderitanya memiliki rambut tipis di bagian tertentu.

Kekurangan Gizi

penyebab rambut rontok
Source : Shutterstock

Tumbuh kembang manusia sangat tergantung oleh asupan gizi sehari-hari. Gizi yang baik akan mendukung perkembangan fisik yang baik pula. Begitu juga dengan kekurangan gizi, ini dapat menjadi penyebab rambut rontok jika dibiarkan terus menerus.

Kekurangan gizi bisa terjadi dalam kondisi sengaja maupun tidak. Sengaja dalam hal ini disebabkan oleh kemampuan manusia yang terbatas untuk mengakses sumber gizi seimbang. Sedangkan, kekurangan gizi tidak sengaja dapat disebabkan oleh pola hidup tidak sehat, seperti gemar mengonsumsi junk food, gorengan, dan lain sebagainya.

Perubahan Hormon

penyebab rambut rontok
Source : Shutterstock

Tidak dapat dipungkiri, seiring bertambahnya usia dan kondisi lingkungan sekitar, hormon manusia pun bisa berubah. Perubahan hormon ini dapat menjadi penyebab rambut rontok secara sementara maupun permanen.

Ada beberapa penyebab perubahan hormon yang dapat dialami sepanjang hidup kita, seperti kehamilan dan persalinan. Dalam kondisi ini, wanita dapat mengalami penurunan hormon estrogen yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Selain itu, ada juga kondisi seperti tiroid dan menopause yang menyebabkan perubahan hormon.

Baca juga: 15 Model Rambut Wanita Segi Layer Kekinian

Kurang Darah

penyebab rambut rontok
Source : Kompas

Anemia atau kurang darah adalah kondisi dimana jumlah sel darah merah dalam darah berkurang secara drastis. Seiring berkurangnya sel darah merah, jumlah zat besi dalam tubuh juga berkurang, sehingga menyebabkan rambut rontok.

Zat besi diperlukan sebagai nutrisi pertumbuhan rambut. Fungsi zat besi adalah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh lewat darah. Oleh karena itu, penderita anemia umumnya mengalami kerontokan rambut.

Efek Samping Obat

penyebab rambut rontok
Source : Kompas

Efek samping obat merupakan penyebab rambut rontok yang berikutnya. Berikut adalah beberapa obat yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

  • Antidepresan
  • Anti inflamasi
  • Anti hipertensi
  • Obat jerawat
  • Penurun kolestrol
  • Pengencer darah
  • Obat TBC
  • Penstabil mood
  • dan lain sebagainya

Jika Pins rutin mengonsumsi obat ini, maka wajar jika mengalami kondisi rambut rontok. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan info selengkapnya.

Kemoterapi atau Terapi Radiasi

penyebab rambut rontok
Source : Kompas

Penyebab rambut rontok berikutnya adalah penanganan medis seperti kemoterapi atau terapi radiasi. Kemoterapi umumnya kita kenal sebagai salah satu cara untuk membunuh sel kanker. Namun, tidak jarang efek samping dari terapi ini adalah rambut rontok. Umumnya terapi ini menyebabkan kerontokan rambut secara permanen.

Penyakit Kulit Kepala

penyebab rambut rontok
Source : Kompas

Penyakit kulit kepala yang menyebabkan rambut rontok biasanya diakibatkan oleh faktor eksternal. Faktor umum yang mengakibatkan hal tersebut adalah infeksi jamur. Jamur ini membuat kulit kepala mengalami benjolan merah serta bercak hitam.

Benjolan merah atau bercak hitam pada kulit kepala menyebabkan peradangan dan selalu terasa gatal. Sehingga, penderitanya akan terus menggaruk dan menimbulkan luka pada kulit kepala. Hal inilah yang membuat rambut menjadi rontok.

Produk Perawatan Rambut

penyebab rambut rontok
Source : Shutterstock

Tampil menarik dan menawan jadi dambaan setiap manusia. Merawat rambut menjadi salah satu cara yang ditempuh agar tampil menarik. Oleh karena itu, sangat banyak produk perawatan rambut yang menawarkan keindahan dan estetika rambut.

Namun, jika produk tersebut tidak cocok dengan kulit kepala kita, bukannya menjadi indah, malah dapat menyebabkan kerusakan dan kerontokan rambut. Ada baiknya untuk mengenali tipe rambut dan kulit kepala kita agar tidak salah dalam memilih produk perawatan rambut yang akan Pins gunakan.

Baca juga: Berikut Cara Menebalkan Rambut dengan Cepat

Penataan Gaya Rambut

penyebab rambut rontok
Source : Tokopedia

Penyebab rambut rontok yang terakhir adalah penataan gaya rambut. Menata gaya rambut dapat membuat penampilan kita menjadi lebih menarik. Selain itu, ada juga profesi yang menuntut orang untuk tampil beda dalam setiap waktu, yang melibatkan penataan gaya rambut.

Sering menggunakan catokan, ikat rambut terlalu kencang, dan perlakuan lain terhadap rambut dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak. Sehingga, kerontokan rambut jadi hal yang tidak dapat dicegah.

Itulah beberapa faktor penyebab rambut rontok yang dapat Pins pelajari. Jika kamu mengalami rambut rontok, maka jangan ragu untuk merubah kebiasaan atau berkonsultasi dengan dokter. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Pins.

Baca juga: 15 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Manjur

Source feature image: Shutterstock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Griya Purwosari Asri dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download