BlogLifestyleHobiPeraturan Permainan Bulu Tangkis
0
0

Peraturan Permainan Bulu Tangkis

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Okt 1, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
peraturan permainan bulu tangkistop-right-banner

Sam halnya dengan sepak bola, bulu tangkis juga banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai ccabang olahraga yang satu ini. Tidak heran jika sudah banyak orang cukup memahami peraturan permainan bulu tangkis.

Salah satu olahraga yang paling terkenal di Indonesia adalah Bulu Tangkis, atau yang sering kita sebut dengan Badminton. Banyak atlet Indonesia yang telah membangkan tanah airnya di kancah dunia.

Dalam permainan bulu tangkis, ada BWF sebagai induk organisasi yang mengatur segala peraturan dan ketentuan untuk bermain bulu tangkis. Pada kali ini, Pinhome akan membahas mengenai peraturan permainan bulu tangkis sesuai standar BWF.

Sebelum membahas lebih lanjut, Pinhome ingin memperkenalkan fitur PinValue yang bisa membantu kamu mencari rumah impian. Kamu bisa memnafaatkan fitur pencarian pintar seperti rumah di Cipayung, rumah bekas di Bekasi ataupun rumah dekat lapangan bulu tangkis. Nantinya semua rumah yang sesuai preferensi kamu akan tampil dan memudahkan kamu untuk memilih mana rumah yang ingin kamu beli.

Baca juga: 10 Formasi Terbaik dalam Sepakbola

Peraturan Pertandingan Bulutangkis Ganda dan Tunggal

Ada perbedaan aturan antara pertandingan ganda dan tunggal. Berikut ini penjelasannya.

peraturan permainan bulu tangkis
Source : Unsplash

1. Peraturan Permainan Bulu Tangkis untuk Ganda

Setiap permainan bulu tangkis memiliki aturannya, salah satunya adalah peraturan dalam permainan bulu tangkis ganda. Ada beberapa peraturan yang harus anda taati.

  • Ketika melakukan servis kok pertama harus melakukannya dibidang sebelah kanan.
  • Servis pertama telah ditentukan sebelum permainan dimulai. Pemain lawan yang berdiri secara diagonal akan menerima servis dari pemain yang berada di bidang sebelah kanan.
  • Pemain yang hanya boleh menerima kok atau shuttlecock adalah pemain yang berdiri secara diagonal di hadapan pemain yang melakukan servis di daerah lawan.

Apabila, penerima servis bukan orang yang sedang berdiri secara diagonal dan berhadapan dengan pemain servis, maka poin akan di berikan kepada tim yang melakukan servis.

Baca juga: Klub Bulu Tangkis Indonesia

2. Peraturan Permainan Bulu Tangkis untuk Tunggal

Ada perbedaan peraturan bulu tangkis ganda dengan bulu tangkis tunggal. Apabila poin pemain yang akan melakukan servis genap, maka pemain akan melakukan atau menerima servis pada bidang lapangan sebelah kanan. Pemain akan melakukan servis pada bidang lapangan sebelah kiri apabila nilai pemain yang melakukan servis adalah bilangan ganjil. Contohnya angka 1, 3, 5 dan seterusnya.

Jika mendapatkan poin saat bermain di lapangan, maka kedua pemain akan mengubah posisi dari bidang lapangan. Jika sebelumnya berada di bidang kiri, maka ketika mendapatkan poin, pemain akan berpindah ke sebelah kanan.

Baca juga: 6 Pemain Legendaris Bulu Tangkis di Indonesia

Peraturan Penilaian Poin dan Set

Setiap olahraga memiliki perbedaan dalam penilaian atau angka untuk memenangkan suatu pertandingan. Dalam permainan bulu tangkis memiliki peraturan sendiri.

peraturan permainan bulu tangkis
Source : Unsplash

1. Peraturan Poin

Untuk memenangkan pertandingan, pemain bulu tangkis harus mencetak poin sebanyak 21. Namun jika kedua pemain mendapatkan angka sama 20-20. Pertandingan akan dilanjutkan sampai salah satu pemain mendapatkan poin dengan selisih 2 angka. Contohnya 22-20.

Maksimal angka yang bisa didapatkan dalam satu pertandingan adalah 30. Maka jika kedua pemain sama-sama mendapatkan poin 29. Pemain yang lebih dulu mendapatkan poin ke 30 akan memenangkan pertandingan.

2. Peraturan Set

Pertandingan bulu tangkis dilakukan sebanyak dua kali atau dua set. Jika salah satu pemain langsung memenangkan dua set secara berturut-turut, maka ia langsung memenangkan pertandingan tersebut.

Akan tetapi jika dalam dua pertandingan setiap pemain memenangkan satu set. Maka pertandingan akan berlanjut pada set ketiga untuk menentukan pemenangnya. Set ketiga ini juga sering disebut rubber games.

Baca juga: Teknik Dasar Bulu Tangkis

Kesalahan Dalam Permainan Bulu Tangkis

Selain memahami aturan permainan dan penilaian poin. Pins juga wajib mengetahui kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam permainan bulu tangkis.

peraturan permainan bulu tangkis
Source : Unsplash

1. Kesalahan Jatuhnya Bola Saat Servis

Ada cukup banyak pemain yang salah saat melakukan servis, terutama di level amatir. Dalam bulu tangkis, jika pemain melakukan kesalahan dalam servis, maka lawan akan otomatis langsung mendapatkan poin.

Ketika seorang pemain akan melakukan servis, maka posisi shuttlecock harus berada diatas ketinggian pinggang dari pemain yang akan melakukan servis terhadap musuh. Posisi tersebut dilakukan saat shuttlecock di sentuh oleh raket. Atau bisa juga dengan posisi lengan pemain yang memegang raket harus berada lebih tinggi posisinya dari pada lengan pemain yang tidak memegang raket.

Bila peraturan di atas dilanggar oleh salah satu pemain yang berada di lapangan, maka service judge akan meneriakan fouls kepada pemain tersebut. Jadi, lawan mendapatkan poin dari kesalahan pemain tersebut.

Kesalahan yang sering dilakukan saat servis juga ketika shuttlecock jatuh di depan garis servis pendek atau dibelakang garis panjang. Maka lawan berhak mendapatkan poin.

Apalagi shuttlecock jatuh di luar bidang garis samping lapangan. Pemain yang menerima bisa membiarkan shuttlecock tersebut dan mendapatkan poin. Kondisi ini sering disebut dengan out.

2. Kesalahan Kaki Saat Servis

Peraturan selanjutnya adalah kaki pemain yang akan melakukan servis. Bila kaki pemain yang akan melakukan servis berada di sembarang diagonal lapangan, maka ia telah melakukan pelanggaran saat melakukan servis. Ketika pemain melakukan servis lalu melakukan gerakan tipuan yang membuat lawan hilang konsentrasi, maka hal tersebut akan dinyatakan salah atau melanggar peraturan.

Nah itulah dia peraturan-peraturan permainan bulu tangkis yang bisa dibahas pada artikel kali ini. Semoga artikel ini bisa membantu Pins dan memberikan wawasan baru.

Baca juga: Tips Memperkuat Pukulan Smash Pada Bulu Tangkis


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download