BlogHome ServiceResep Masakan3 Perbedaan Edamame dan Kedelai yang Perlu Kamu Tahu
0
0

3 Perbedaan Edamame dan Kedelai yang Perlu Kamu Tahu

Dipublikasikan oleh Putra 

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Terlihat mirip, namun ternyata edamame dan kedelai memiliki perbedaan. Edamame dan kedelai adalah dua jenis kacang-kacangan yang sering digunakan dalam makanan sehari-hari. Meskipun keduanya berasal dari keluarga yang sama, mereka memiliki perbedaan yang cukup mencolok dalam hal penampilan, rasa, dan manfaat kesehatan. 

Tentunya, mengenali perbedaan dari edamame dan kedelai dapat membuat kegiatan di dapur semakin nyaman. Nyamannya sama seperti rumah yang ada di perumahan Puri Tenjo, di perumahan ini terdapat banyak rumah yang nyaman untuk kamu.

Perumahan ini memiliki banyak sekali pilihan rumah eksklusif yang bisa kamu jadikan rumah impian.

Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga:

Artikel ini akan membahas tiga perbedaan utama antara edamame dan kedelai yang perlu kamu ketahui.

1. Perbedaan Edamame dan Kedelai dari Asal Tanaman

Perbedaan pertama dari edamame dan kedelai, bisa kamu lihat dari asal tanamannya. Berikut ini penjelasannya:

Edamame

perbedaan edamame dan kedelai
Source : Pexels

Edamame memiliki cita rasa yang lembut dan tekstur yang renyah, membuatnya menjadi pilihan yang sehat dan mengenyangkan. Selain itu, edamame juga dikenal kaya akan protein, serat, dan sejumlah nutrisi penting seperti vitamin K dan folat. 

Makanan ini mudah disiapkan dengan cara direbus sebentar dan ditaburi sedikit garam, membuatnya cocok untuk dinikmati sebagai camilan sehat di rumah atau sebagai pelengkap hidangan utama. 

Selain itu, edamame juga sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam salad atau hidangan lainnya, menambahkan rasa dan gizi yang khas. Dengan kepopulerannya yang terus meningkat, edamame kini dapat ditemukan di berbagai pasar dan toko makanan internasional di seluruh dunia.

Kedelai

perbedaan edamame dan kedelai
Source : Pexels

Kedelai, di sisi lain, adalah kedelai yang sudah matang. Mereka biasanya diolah menjadi produk-produk seperti tepung kedelai, susu kedelai, dan berbagai jenis olahan makanan lainnya. Kedelai adalah salah satu tanaman kacang-kacangan yang paling banyak ditanam di seluruh dunia. 

Kedelai juga memiliki manfaat gizi yang tinggi, karena kaya akan protein nabati, serat. Serta berbagai vitamin dan mineral penting seperti besi, kalsium, dan folat. 

Karena itu, kedelai sering dijadikan pilihan utama bagi mereka yang menjalani diet vegetarian atau vegan. Serta menjadi bahan baku yang sangat penting dalam industri makanan dan minuman.

Baca juga:

2. Perbedaan Edamame dan Kedelai dari Penampilan dan Rasa

Source : Pexels

Kamu juga bisa melihat perbedaan antara keduanya dari penampilan dan rasanya. Berikut ini penjelasannya:

Edamame

Edamame, juga dikenal sebagai kedelai muda, adalah camilan yang populer di seluruh dunia. Biji edamame dikenal kaya akan protein dan serat, menjadikannya pilihan yang sehat untuk dicicipi. Selain itu, mereka sering digunakan dalam berbagai hidangan, seperti salad, sup, atau bahkan dimasukkan ke dalam sushi. 

Kekhasan kulit hijau yang lembut saat masih dalam cangkangnya membuatnya terasa segar dan alami. Dalam beberapa kasus, edamame juga digunakan sebagai alternatif vegetarian dalam hidangan, menggantikan protein hewani. 

Nikmati kelezatan edamame ini dalam hidangan favoritmu atau sebagai camilan sehat yang memanjakan lidahmu.

Baca juga:

Kedelai

Kedelai, dalam bentuk yang lebih umum, berupa biji-bijian yang telah diolah dan dihilangkan kulitnya. Mereka memiliki warna kuning pucat dan sering digunakan dalam berbagai produk seperti tempe, tahu, dan susu kedelai. Rasa kedelai cenderung lebih kacang dan gurih daripada edamame. Mereka dapat memiliki rasa yang lebih kuat tergantung pada cara pengolahan dan penyajiannya. 

Selain itu, kedelai juga kaya akan protein, serat, dan nutrisi penting lainnya, sehingga sering dianggap sebagai bahan makanan yang sehat dan bergizi. Kedelai juga menjadi bahan utama dalam berbagai hidangan Asia, seperti miso dan kecap manis, menambahkan kedalaman rasa pada masakan.

3. Perbedaan Edamame dan Kedelai dari Manfaat Kesehatan

Source : Pexels

Perbedaan ketiga dari edamame dan kedelai dapat kamu lihat dari manfaat kesehatannya. Berikut penjelasannya:

Edamame

Edamame adalah sejenis kacang kedelai muda yang sangat populer dalam berbagai hidangan Asia. Kacang edamame dikukus atau direbus hingga matang dan disajikan dengan sedikit garam laut sebagai camilan yang lezat dan sehat. 

Selain itu, edamame juga sering digunakan sebagai tambahan dalam salad atau hidangan lainnya untuk meningkatkan kandungan protein dan seratnya. Kandungan rendah lemak dalam edamame membuatnya cocok untuk mereka yang ingin menjaga berat badan atau mengontrol kadar kolesterol. 

Jadi, tidak hanya enak, edamame juga memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh Anda.

Baca juga: 

Kedelai

Kedelai juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Mereka mengandung protein nabati berkualitas tinggi, serat, dan asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk jantung. 

Kandungan isoflavon dalam kedelai juga telah terbukti bermanfaat dalam mengurangi risiko kanker payudara dan osteoporosis pada wanita.

Meskipun edamame dan kedelai berasal dari tanaman yang sama, mereka memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam penampilan, rasa, dan manfaat kesehatan. Edamame adalah versi muda dari kedelai dengan kulit hijau, rasa manis, dan sering dijadikan camilan ringan. Sementara kedelai matang digunakan dalam berbagai produk dan memiliki rasa kacang yang lebih kuat dengan manfaat kesehatan yang tak kalah penting.

Jadi, sekarang kamu tahu tiga perbedaan utama antara edamame dan kedelai. Pilihlah yang sesuai dengan preferensimu dan manfaat kesehatan yang kamu cari dalam makananmu.

Baca juga:

Featured Image Source: Pexels


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Gunakan juga kode PHSBLOG untuk menikmati layanan PHS mulai dari 30 ribu hanya di aplikasi Pinhome.

Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download