BlogHome ServiceKecantikanKenali 5 Perbedaan Purging dan Breakout Serta Contohnya
0
0

Kenali 5 Perbedaan Purging dan Breakout Serta Contohnya

Dipublikasikan oleh Putra 

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Apa saja perbedaan antara purging dan breakout? Pernahkah kamu mengalami masalah kulit seperti jerawat, dan mungkin kamu pernah mendengar tentang istilah “purging” dan “breakout”? Terkadang, perbedaan antara keduanya dapat membingungkan. 

Dalam artikel ini akan menjelaskan dengan jelas apa itu purging dan breakout, serta memberikan contoh-contohnya. Dengan pemahaman yang lebih baik. Kamu akan dapat mengatasi masalah kulit dengan lebih efektif.

Tentunya, mengetahui perbedaan dari purging dan breakout akan membuat kamu semakin tenang dan nyaman di rumah. Nyamannya sama seperti rumah yang ada di perumahan Cimanggis Golf Estate, di perumahan ini terdapat banyak rumah yang nyaman untuk kamu.

Perumahan ini memiliki banyak sekali pilihan rumah eksklusif yang bisa kamu jadikan rumah impian.

Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga:

Apa itu Purging?

Source : Pexels

Purging adalah respons kulit terhadap perubahan produk. Purging adalah reaksi kulit terhadap perubahan dalam rutinitas perawatan kulit, terutama saat kamu mulai menggunakan produk-produk baru. Ini terjadi ketika produk tersebut mempercepat tingkat pergantian sel kulit. Sebagai hasilnya, jerawat yang mungkin “tersembunyi” di bawah kulit muncul lebih cepat daripada biasanya. 

Purging adalah tanda bahwa produk perawatan kulit kamu bekerja dengan baik untuk membersihkan pori-pori dan menghilangkan sel kulit mati. Namun, penting untuk diingat bahwa purging hanya berlangsung sementara dan akan membaik seiring waktu. 

Jadi, jangan khawatir jika kamu mengalami jerawat sementara setelah mulai menggunakan produk baru. Tetap konsisten dengan perawatan kulit kamu, dan kulit kamu akan menjadi lebih sehat dan bersih secara keseluruhan.

Contoh Purging

Contoh konkret purging adalah ketika kamu mulai menggunakan produk retinoid. Pada awalnya, kamu mungkin mengalami peningkatan jerawat, tetapi seiring waktu, kulit kamu akan membaik karena produk ini membantu menghilangkan sel kulit mati. 

Selain itu, purging juga bisa terjadi ketika kamu mencoba produk perawatan kulit baru seperti eksfolian kimia. Ini adalah respons normal kulit dalam membersihkan dirinya, meskipun gejalanya mungkin tampak tidak menyenangkan. Tetapi ini adalah tahap penting menuju kulit yang lebih sehat dan bersih. Pastikan untuk tetap konsisten dalam perawatan kulit kamu untuk melihat hasil yang optimal.

Baca juga:

Apa itu Breakout?

Source : Pexels

Sementara purging adalah reaksi positif terhadap perawatan kulit, breakout adalah reaksi negatif kulit terhadap suatu faktor tertentu. Ini dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti makanan, stres, atau penggunaan produk yang tidak cocok untuk jenis kulit kamu. Breakout biasanya terjadi secara tiba-tiba dan dapat menimbulkan jerawat, komedo, atau peradangan kulit.

Penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Jadi apa yang dapat menyebabkan breakout pada seseorang mungkin tidak berlaku untuk yang lain. Oleh karena itu, penting untuk memahami jenis kulit kamu dan merawatnya dengan tepat. Untuk menghindari breakout, ada baiknya memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Ini untuk menghindari faktor-faktor pemicu seperti makanan yang dapat memicu peradangan kulit.

Selain itu, menjaga pola makan sehat, mengelola stres dengan baik, dan rutin membersihkan wajah juga dapat membantu mencegah breakout. Dengan perawatan yang tepat, kamu dapat menjaga kulit kamu tetap sehat dan bebas dari masalah breakout yang tidak diinginkan.

Contoh Breakout

Misalnya, jika kamu mengonsumsi makanan berminyak dalam jumlah besar, ini dapat memicu breakout dengan munculnya jerawat. Breakout juga dapat terjadi jika kamu mengalami stres berat dan tidak merawat kulit dengan benar. 

Selain itu, perubahan cuaca yang ekstrem juga dapat menjadi pemicu breakout, karena kulit kamu harus beradaptasi dengan perubahan suhu yang tiba-tiba. Oleh karena itu, penting untuk menjaga pola makan, mengelola stres, dan merawat kulit dengan baik untuk mencegah masalah kulit ini.

Baca juga: 

Perbedaan Utama Antara Purging dan Breakout

perbedaan purging dan breakout
Source : Pexels

Adapun beberapa perbedaan utama dari purging dan breakout, berikut ini ulasanya:

1. Penyebab

Purging disebabkan oleh perubahan produk perawatan kulit. Breakout disebabkan oleh faktor eksternal seperti makanan, stres, atau penggunaan produk yang tidak sesuai.

2. Waktu Muncul

Purging terjadi setelah mulai menggunakan produk baru dan biasanya berlangsung sebentar. Breakout dapat terjadi kapan saja dan tanpa pemberitahuan.

3. Jenis Jerawat

Purging biasanya melibatkan jerawat kecil dan komedo yang muncul lebih cepat. Breakout dapat melibatkan berbagai jenis jerawat, termasuk jerawat meradang.

4. Penanganan

Purging biasanya membaik seiring waktu dan merupakan bagian dari proses perbaikan kulit. Breakout memerlukan penanganan khusus tergantung pada penyebabnya.

Baca juga:

Bagaimana Mengatasi Purging dan Breakout

perbedaan purging dan breakout
Source : Pexels

Untuk mengatasi purging, kamu hanya perlu melanjutkan penggunaan produk perawatan kulit baru kamu dan memberi waktu pada kulit untuk beradaptasi. Sementara untuk mengatasi breakout, kamu perlu mengidentifikasi penyebabnya dan mengambil tindakan yang sesuai, seperti mengubah pola makan atau menghindari stres.

Purging dan breakout adalah dua hal yang berbeda dalam perawatan kulit. 

Purging adalah reaksi positif terhadap perubahan produk, sementara breakout adalah reaksi negatif kulit terhadap berbagai faktor. Dengan memahami perbedaan ini, kamu dapat merawat kulit kamu dengan lebih efektif.

Baca juga:

Featured Image Source: Pexels


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Gunakan juga kode PHSBLOG untuk menikmati layanan PHS mulai dari 30 ribu hanya di aplikasi Pinhome.

Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download