BlogHome ServiceSimak 5 Perbedaan Smoothing dan Keratin Disini
0
0

Simak 5 Perbedaan Smoothing dan Keratin Disini

Dipublikasikan oleh Maria Talitakumi

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dewasa ini, memiliki rambut lurus dari yang awalnya keriting tidak hanya jadi sekadar impian. Pins bisa mendapatkannya dengan mudah melalui proses smoothing atau keratin. Namun, apa perbedaan dari smoothing dan keratin tersebut?

Pada artikel ini, Pins akan mendapati berbagai perbedaan dari kedua perawatan rambut ini dari sejumlah faktor. Dengan demikian, Pins akan mengetahui perawatan mana yang terbaik untuk kebutuhan rambut Pins. Simak perbedaan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: 8 Ash Brown Warna Rambut Pendek

Perbedaan Smoothing dan Keratin

Perbedaan Smoothing dan Keratin
Source : Freepik

Terdapat lima perbedaan antara smoothing dan keratin, walaupun keduanya sama-sama merupakan proses perawatan rambut. Kelima perbedaan itu dapat Pins amati dengan seksama pada keterangan yang akan dijelaskan berikut ini.

Baca juga: 20 Rekomendasi Serum Penumbuh Rambut Terbaik dan Ampuh!

Struktur Rambut

Perbedaan Smoothing dan Keratin
Source : Freepik

Persamaan yang ada pada perawatan smoothing dan keratin adalah, keduanya melibatkan proses mencuci rambut atau keramas secara menyeluruh. Proses keramas ini berfungsi untuk mengeliminasi kotoran yang menumpuk pada rambut dan juga kulit kepala.

Setelah Pins selesai mencuci rambut, penata rambut akan mengeringkan dan mulai memilih perawatan. Pins dapat memilih, apakah Pins lebih menyukai perawatan smoothing atau keratin. Nah, sebelumnya, Pins harus mengetahui perbedaan mendasarnya.

Perawatan keratin merupakan perawatan yang memelihara protein alami pada rambut. Jadi, bisa kamu katakan perawatan keratin merupakan langkah pengisian ulang protein yang telah ada pada rambut. Hasilnya, rambutmu pun akan menjadi lebih sehat dan halus.

Sedangkan perawatan smoothing adalah perawatan rambut yang mampu menjadikan rambut lebih lurus dan rapi, namun menggunakan bahan-bahan kimia. Oleh karena itu, akan ada efek samping yang cukup serius apabila Pins menggunakan perawatan smoothing.

Tipe Rambut

Perbedaan Smoothing dan Keratin
Source : Freepik

Perbedaan kedua adalah mengenai tipe rambut yang cocok untuk dilakukan proses perawatan keratin atau smoothing. Sebab, walaupun perawatan smoothing amat digemari, tidak semua jenis rambut cocok untuk menerima perawatan tersebut.

Sebab, perawatan smoothing menggunakan dosis obat kimia yang cenderung lebih rendah. Cara kerja obat smoothing pun tidak semata-mata mengubah struktur rambut. Jadi, smoothing akan lebih cocok untuk digunakan pada rambut yang sedikit bergelombang saja.

Sementara itu, perawatan keratin dapat Pins manfaatkan, tak peduli apapun jenis rambut Pins. Namun, sebaiknya Pins menghindari proses perawatan keratin, apabila Pins mempunyai rambut yang tipis. Perawatan ini dapat membuat rambut Pins terlihat lepek.

Ketahanan Perawatan pada Rambut

Source : Freepik

Perbedaan selanjutnya terletak pada ketahanan perawatan pada rambutmu. Dalam hal ini, perawatan smoothing jauh lebih unggul daripada perawatan keratin. Perawatan smoothing bisa bertahan sekitar 6-8 bulan, sedangkan keratin bisa bertahan selama 3-4 bulan.

Namun, rentang waktu ini juga dapat tergantung pada seberapa baik Pins merawat rambut setelah perawatan. Sehingga, kamu tetap wajib untuk merawat rambut dengan hati-hati dan jauh lebih teliti, agar ketahanan perawatan dapat berlangsung lama.

Biaya Perawatan Rambut

Source : Freepik

Kemudian, ada pula perbedaan dari segi biaya. Kamu dapat memilih perawatan keratin yang tergolong mahal, atau perawatan smoothing yang tergolong lebih terjangkau. Oleh karena itu, Pins wajib membandingkan terlebih dahulu hasil akhir dari keduanya.

Contohnya seperti ini. Dari perbedaan-perbedaan yang telah diuraikan sebelumnya, Pins dapat mengetahui bahwa perawatan keratin jauh lebih menguntungkan daripada perawatan smoothing. Hasil akhirnya pun terlihat jauh lebih oke daripada perawatan smoothing.

Namun, biaya perawatan keratin tergolong lebih mahal daripada perawatan smoothing. Apalagi perawatan keratin membutuhkan biaya aftercare, yang memiliki biaya yang tinggi. Sebab, perawatan keratin membutuhkan produk khusus, dan juga harus sering touch up.

Oleh karena itu, Pins harus betul-betul mengerti seluk beluk dari perawatan keratin dan smoothing, sehingga Pins dapat memutuskan yang terbaik. 

Perawatan Aftercare

Source : Freepik

Perbedaan smoothing dan keratin yang terakhir terletak pada perawatan aftercare-nya. Sehabis melakukan smoothing atau keratin, pasti kamu tidak boleh lepas dari pemeliharaan setelah perawatan. Nah, apa saja perbedaan aftercare dari smoothing dan keratin?

Sebelumnya, kamu harus mengerti bahwa kamu tidak boleh keramas atau menata rambut dalam waktu 72 jam sehabis perawatan. Dan kamu harus betul-betul beralih ke shampo serta kondisioner yang lembut dan juga bebas sulfat setelah perawatan smoothing.

Dengan memilih shampo yang benar, harapannya efek smoothing untuk rambutmu akan bertahan lebih lama. Sehingga, kamu tidak perlu terus-menerus lakukan smoothing untuk meluruskan rambutmu, dan kamu pun tak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi.

Namun, perawatan keratin membutuhkan lebih banyak aftercare dibanding smoothing. Kamu wajib memilih shampo yang tidak hanya lembut dan bebas sulfat, namun kamu juga wajib memilih shampo dan kondisioner berbasis keratin pula.

Dengan demikian, perawatan keratin kamu akan bertahan lebih lama, dan kamu akan merasakan manfaatnya yang luar biasa pada rambut kamu.

Nah, bagi kamu yang memang memantapkan diri untuk melakukan perawatan keratin, Pins dapat mengetahui pula sejumlah manfaat perawatan keratin. Apa sajakah itu? Ketahui selengkapnya berikut ini, yuk!

Baca juga: 11 Macam-Macam Sisir dan Fungsinya

Manfaat Lain Perawatan Keratin

Perbedaan Smoothing dan Keratin
Source : Freepik

Bagi Pins yang sudah fiks memilih keratin sebagai proses perawatan rambut, Pins juga dapat mengetahui berbagai manfaatnya berikut ini. Ingin tahu apa saja manfaat perawatan keratin bagi rambut kamu? Yuk simak selengkapnya dibawah ini!

Membuat Rambut Terlihat Lurus

Source : Freepik

Perawatan keratin di salon cukup populer sebab keratin tidak hanya membuat rambut terlihat lurus, namun juga menyehatkan. Pasti Pins terheran-heran dengan fakta ini, bukan? Bagaimana bisa meluruskan rambut sekaligus menyehatkannya?

Ketika rambut menjadi rusak, kamu dapat mengasumsikan kutikula rambut sudah tidak lagi sempurna. Rambut yang awalnya lurus, dapat menjadi kusut. Hal ini pula yang menyebabkan rambutmu bisa menjadi mengembang atau bergelombang.

Jadi, apabila kamu melakukan perawatan keratin, rambutmu akan terlihat jauh lebih ‘berat’ dan bahkan bouncy. Tentu hal ini akan membuat rambutmu tampak lebih menarik, bukan?

Batang Rambut Menguat

Source : Freepik

Manfaat kedua dari perawatan keratin adalah menguatkan batang rambut. Dengan batang rambut menjadi lebih kuat, rambutmu pun akan terhindar dari risiko rambut rontok yang seringkali menjadi masalah yang membuat risau para wanita.

Dengan menggunakan perawatan keratin, Pins bisa mendapati batang rambut yang semakin kuat. Rambut juga takkan menjadi rontok lagi, sehingga kamu tak perlu berpikir dua kali untuk memutuskan menjalani perawatan keratin.

Menghaluskan dan Melembutkan Rambut

Source : Freepik

Manfaat terakhir dari perawatan keratin adalah menghaluskan dan melembutkan rambut. Pins yang memilih perawatan keratin, pasti akan merasakan dua manfaat luar biasa ini untuk rambut Pins.

Tak peduli rambut lurus atau bergelombang, keduanya dapat berubah menjadi halus dan lembut, apabila Pins telah melewati perawatan keratin.

Jadi, dari uraian perbedaan keratin dan smoothing diatas, dan juga manfaat dari perawatan keratin, manakah kira-kira yang akan kamu pilih?

Baca juga: 9 Cara Membuat Makeup Luka Palsu Terlihat Seperti Real!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download