BlogHome ServiceElektronikPerbedaan TV LED dan LCD yang Perlu Kamu Ketahui!
0
0

Perbedaan TV LED dan LCD yang Perlu Kamu Ketahui!

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Perbedaan TV LED dan LCD sebenarnya akan sangat kentara dari teknologi yang dipakai. Hampir sama seperti pada jenis lampu LED yang saat ini banyak digunakan. Panel TV LED dan LCD juga berbeda begitu pula dengan konsumsi daya listriknya. Bahkan layar TV LED juga cenderung lebih baik dan nyaman untuk dilihat.

LED merupakan produk pengembangan dari LCD sehingga ketika dinilai dari teknologinya saja akan terlihat jelas perbedaannya. Walaupun begitu, Pins dapat membedakan keduanya melalui beberapa kategori di bawah ini. 

Baca Juga:

Perbedaan TV LED dan LCD

Penjelasan tentang beda TV LED dan LCD ini akan memberikan gambaran mana yang lebih baik diantara keduanya. Dengan begitu, Pins mampu membeli TV sesuai budget dengan performa yang optimal. Sama halnya ketika memilih barang elektronik rumah tangga lainnya seperti dispenser, setrika dan barang elektrik lainnya.

Pengertian

Perbedaan LED dan LCD TV dapat dilihat dari pengertiannya. LED merupakan kependekan dari light emitting diode. Sumber pencahayaan pada LED TV bersumber dari lampu diode.

Sementara itu, LCD adalah liquid crystal display dengan penampang tampilan bahan kristal cair. Artinya, dalam memancarkan cahaya putih atau sidelight, TV ini menggunakan layar kristal sinar neon atau sering disebut dengan fluorescent.

LED memakai gallium arsenide, yakni senyawa yang berasal dari galium dan arsenik. Kristal cair yang diberi energi pada LCD mampu memberikan cahaya. 

Daya Listrik

Beda TV LED dan LCD dapat terlihat dari konsumsi daya listriknya. Apabila dibandingkan dengan TV tabung, kedua TV ini jauh lebih rendah. 

Hal ini karena adanya material liquid display yang digunakan LCD. Di sisi lain, TV LED lebih ramah lingkungan berkat light emitting diode di dalamnya.

Daya listrik untuk LCD rata-rata 100 watt, sedangkan LED hanya 30-50 watt. TV LED mampu menghemat energi listrik karena adanya mode penghematan daya.

Monitor dapat dialihkan ke mode tidur setelah 5-10 menit tidak diaktifkan. Jika tidak ada fitur tersebut, tentu TV LED akan memakan banyak daya.

Hal ini karena filamen cair pada LCD jauh lebih unggul. Umumnya, ini terdiri dari plasma yang membutuhkan sedikit daya guna aktivasi. Filamen cair terisi antara elektroda gelas sebagai emisi cahaya.

Walaupun begitu konsumsi daya juga memperhatikan teknologi tampilan, pengaturan penghematan daya hingga kecerahan layar. Dengan fitur tersebut LED jadi jauh lebih hemat.

Baca Juga:

Akurasi Warna

Source : displayowl

Perbedaan LED dan LCD TV tak hanya dilihat dari sudut pandang kebutuhan daya listriknya saja. Akurasi warna TV juga mampu menjadi acuan untuk melihat beda TV LED dan LCD.

LED menggunakan warna dasar biru, hijau dan merah yang digabungkan untuk menghasilkan 16 juta warna cahaya lainnya. Gabungan LED RGB inilah yang membuat akurasi warna LED jauh lebih baik.

Walau begitu, tampilan langsung dan tepinya memang hampir mirip dengan LCD. Hanya saja, pengaturan dioda monitor LED terbagi atas tiga jenis, yaitu LED Direct, Edge, dan RGB.

Pada LED edgy dan direct memakai dioda putih untuk menerangi LCD agar kualitas gambarnya lebih baik. Sementara itu, TV LCD tidak memiliki proses pemilihan warna yang lebih kompleks layaknya LED.

Hal ini mengakibatkan semua cahaya tidak dapat terhalang dari backlight. Ini tentu berbeda dengan LED yang mampu menahan sebagian besar cahayanya. Alhasil, LED memiliki warna yang kaya dan lebih jernih.

Baca Juga:

Ketebalan Layar

Source : onthemarc

Beda TV LED dan LCD dari ketebalan layarnya memang tidak terlalu jelas terlihat. Pasalnya, keduanya menggunakan lapisan layar yang sangat tipis. Walaupun demikian, perbedaannya akan terlihat jelas ketika dilihat dengan seksama.

Material LED berbahan cairan dengan tempat lebih luas. Tak heran bila lapisan LED jauh lebih tipis ketimbang LCD. Walaupun demikian, resolusi LED jauh lebih tinggi dibandingkan LCD.

LCD menggunakan merkuri berbentuk cair untuk membuat layarnya. Sementara itu, LED tidak demikian sehingga layar LCD cenderung lebih tebal.

Bobot TV LCD lebih berat jika dibandingkan dengan LED. Inilah yang menjadi dasar perbedaan LED dan LCD TV.

Teknologi Pendukung

Source : indiatvnews

Dari segi teknologi kedua TV tersebut memakai fitur backlight atau biasa dikenal dengan penyinaran dari belakang. Perbedaan TV LED dan LCD ada pada sistem penyinarannya.

LED dilakukan oleh light emitting diode, sedangkan LCD dengan Cold Cathode Fluorescent Lamps (CCFL). Keduanya berfungsi untuk menyaring jutaan warna yang terpancar dari penyinaran belakang atau backlight.

Daya Tahan

Untuk ketahananya, LED lebih tanggung berkat adanya dukungan Backlighting Technology.  Seperti dijelaskan sebelumnya, teknologi ini mampu menempatkan gabungan warna RGB (red, green dan black).

LED mempunyai sistem dimming backlight yang mampu mengatur kontras semakin kuat. Di sisi lain, CCFL dan gabungan shutter pada LCD justru melewatkan RGB dan memproduksi hitam putih dengan intensitas tertentu.

Perbedaan LED dan LCD TV adalah ketahananya dalam menghasilkan kepadatan warna yang tinggi. LED TV bahkan mampu memutar film dengan teknologi blue ray.

Selain itu, konsumsi listrik yang jauh lebih rendah akan membuat TV lebih dingin sehingga awet. Sayangnya, jika TV LED rusak akan sulit untuk memperbaikinya. 

Ini karena harga spare part yang dipakai lebih mahal. Jadi, bila TV LED rusak banyak penggunanya memilih beli TV LED baru.

Harga Jual

Source : Pinterest

Dari harga jualnya sudah terlihat jelas perbedaan TV LED dan LCD.  Harga LED TV lebih mahal. Dengan selisih 5-7% dari harga jual TV LCD.

TV LED tipis dan ringan serta warna yang jauh lebih jernih. Beragam teknologi canggih inilah yang membuatnya harganya mahal.

Dari perbedaan TV LED dan LCD diatas Pins mampu memutuskan TV apa yang sebaiknya dibeli, bukan?

Baca Juga:

Featured Image Source: iStock

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Temukan juga pilihan rumah di Kota Bekasi terbaik dari Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download