BlogLifestyleEdukasiPerubahan fosil di lapisan bumi
0
0

Perubahan fosil di lapisan bumi

Dipublikasikan oleh Eka Mandala

Apr 13, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Perubahan fosil di lapisan bumi – Kurang lebih 175.000.000 tahun yang lalu terdapat reptilia raksasa yang disebut dinosaurus menjelajahi daratan luas, Pernahkah anda mendengar dinosaurus? Adakah manusia yang pernah melihat dinosaurus?

Tidak ada satupun manusia yang pernah melihat binatang ini. Lalu bagaimana para ilmuwan percaya bahwa hewan ini pernah hidup menghuni bumi ini?

Sewaktu hewan dan tumbuh-tumbuhan yang hidup pada masa lampau punah, mereka meninggalkan bukti tentang kehidupannya. Sisa, cetakan, serta bentukan hewan dan tumbuhan semacam itu disebut fosil.

Kata fosil berasal dari bahasa Latin, fodera yang artinya menggali. Sebagian besar fosil ditemukan dalam batuan sedimen, dalam es, dalam tanah beku, dan dalam rembesan minyak. Pada umumnya hewan atau tumbuhan yang ditemukan fosilnya itu telah punah.

Baca juga: Rekonstruksi fosil kuda

Dari temuan fosil, dapat dibangun kembali sejarah kehidupan yang memberi banyak sekali informasi mengenai kehidupan hewan dan tumbuhan purba, juga membantu untuk menentukan unsur relatif susunan batuan tempat ditemukannya fosil-fosil tersebut.

Hewan dan tumbuhan yang telah ditemukan fosilnya itu tidak ditemukan lagi pada waktu sekarang. Keadaan ini disebabkan adanya perbedaan iklim, keadaan tanah, dan air sehingga beberapa hewan dan tumbuhan tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang menyebabkan punahnya hewan dan tumbuhan tersebut.

Fosil merupakan catatan sejarah yang sangat penting untuk digunakan sebagai petunjuk adanya peristiwa evolusi. Dengan ditemukannya fosil di berbagai macam lapisan batuan bumi, maka umur fosil dapat ditentukan berdasarkan umur lapisan bumi yang mengandung fosil.

Pada umumnya fosil-fosil tua ditemukan pada lapisan batuan bumi yang tua pula. Sebaliknya, fosil-fosil muda umumnya ditemukan pada lapisan batuan yang lebih muda.

Baca juga: Pendapat 3 ahli tentang fosil

Akan tetapi, kadang terjadi sebaliknya, fosil tua ditemukan di lapisan muda dan fosil muda ditemukan di lapisan tua. Hal ini antara lain dapat disebabkan terjadinya lipatan batuan bumi.

Dengan membandingkan struktur tubuh hewan yang menjadi fosil dengan hewan sekarang dapat diambil kesimpulan bahwa keadaan lingkungan masa lampau berbeda keadaannya dengan lingkungan sekarang.

Hal ini membuktikan bahwa bumi dari masa ke masa senantiasa mengalami perubahan. Perubahan keadaan lingkungan mengakibatkan terjadinya jenis-jenis makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download