BlogHome ServiceRelaksasiPelajari 8 Titik Refleksi Tangan untuk Meredakan Beragam Penyakit
0
0

Pelajari 8 Titik Refleksi Tangan untuk Meredakan Beragam Penyakit

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari

Des 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pijat refleksi tangan sering jadi solusi untuk melancarkan peredaran darah. Titik refleksi tertentu pada tangan ternyata mampu meredakan berbagai penyakit.

Jika Pins mengetahui titik pijat refleksi tangan yang tepat, ini memudahkan kamu melakukan pemijatan mandiri. Tentu saja ini bisa meredakan keluhan pada tubuh sekaligus memberikan relaksasi, bukan?

Berikut 8 titik refleksi tangan yang bisa Pins kenali untuk meredakan berbagai penyakit yang sedang mendera.

Titik Pijat Refleksi Tangan

Ujung Jari

Titik pijat refleksi tangan pada area ujung jari sering disebut dengan ten dispersions. Untuk mengaplikasikannya, kamu cukup menekan bagian ujung-ujung jari tangan.

Tekan satu per satu dalam durasi 1-3 menit secara bergiliran. Jepit ujung jari dengan ujung jempol dan jari telunjuk.

Pemijatan pada area ini mampu meredakan gejala flu. Selain itu, sakit tenggorokan ataupun gejala epilepsi dapat dikurangi bila rutin melakukannya.

Baca juga : 7 Manfaat Sandal Refleksi yang Tidak Terduga

Pangkal Ibu Jari

Titik pijat refleksi tangan pada bagian pangkal ibu jari umumnya dekat dengan pergelangan tangan. Pemijatan ini sering disebut dengan base of thumb point.

Titik ini dianjurkan untuk mereka yang mengalami masalah pernafasan. Pemijatan dilakukan sampai lipatan pergelangan tangan. Berikan penekanan lembut baik dari pergelangan tangan kanan dan kiri secara bergantian.

Jempol

Bagian ibu jari atau jempol tak boleh luput dari pijat refleksi tangan. Pemijatan sepanjang area jempol akan mampu mengatasi tubuh yang sedang menggigil.  Terlebih lagi, gejala flu seperti bersin-bersin turut berkurang.

Pemijatan pada area ini sering dikenal sebagai lung meridian. Titik pastinya adalah sepanjang ujung jari ke bawah hingga pergelangan tangan. Sebaiknya, lakukan pemijatan area ini sebelum base of thumb point.

Sisi Sejajar Kelingking

Area kelingking ternyata memiliki dampak signifikan pada kesehatan mental. Memijat bagian pergelangan tangan di luar tulang kecil yang sejajar dengan jari atau sisi kelingking mampu mengurangi kecemasan.

Titik ini dipercaya sebagai spirit gate yang mampu mencegah insomnia. Selain itu, bagian ini berkhasiat untuk mengurangi depresi dan resiko penyakit jantung.

Area titik pijat refleksi tangan ini sering disebut dengan titik tangan jantung 7. Ahli refleksi juga menyebutnya sebagai heart 7 atau disingkat menjadi HT7.

Baca Juga : 5 Titik Refleksi untuk Perut Kembung Agar Lebih Lega

Pergelangan Tangan Bagian Dalam

Inner gate point alias pergelangan tangan bagian dalam juga merupakan titik refleksi tangan yang patut kamu pijat. Untuk mengukurnya, kamu bisa menggunakan tiga jari bagian bawah telapak tangan.

Letakan pada pergelangan tangan maka selisih antara tiga jari dengan telapak tangan merupakan titik inner gate point. Dalam memijat area ini, Pins sebaiknya menggunakan ibu jari.

Tekan dengan kuat sehingga mampu meredakan mual dan sakit perut. Masalah pencernaan pun dapat segera teratasi. 

Diantara Telunjuk & Ibu Jari

Selanjutnya ada titik diantara telunjuk dan ibu jari yang dikenal dengan hand valley point. Dengan menekan titik ini maka rasa sakit di bahu, leher dan gigi bisa langsung berkurang.

Menekan titik ini juga mampu mengurangi stres dan menghentikan migrain. Gangguan pencernaan seperti sembelit dan nyeri umum dapat dihilangkan bila menekan titik ini selama satu menit untuk setiap sisinya.

Minimalis Makin Cantik

Seluruh Bagian Tengah Jari

Bagi anak-anak yang sedang mengalami gangguan pencernaan dapat menekan bagian tengah jari. Khususnya area telunjuk, jari manis, jari tengah dan kelingking.

Pemijatan pada empat titik tersebut bisa berdurasi satu menit untuk setiap bagiannya. Pins bisa menekan mulai dari titik kelingking maupun telunjuk terlebih dulu.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pijat Refleksi

Apabila saat pemijatan pada titik refleksi terasa sakit, ini jadi pertanda adanya aliran darah yang tidak lancar. Sebelum melakukan pemijatan sebaiknya lakukan pemanasan.

Mula-mula gunakan handuk hangat untuk menghangatkan kedua tangan. Setelah itu  melenturkan semua otot tangan. Apabila seluruh otot mulai rileks baru lakukan pemijatan pada titik refleksi yang disebutkan diatas.

Sebaiknya gunakan minyak urut agar kulit tidak lecet ketika Pins pijat. Untuk titik yang ketika dipijat menimbulkan rasa sakit yang keras maka pijat selama 10 menit. Kurangi tekanan bila rasa sakit yang timbul berlebihan.

Pemijatan dapat dilakukan 2-3 kali dalam seminggu. Setiap titik tidak boleh Pins pijat lebih dari 10 menit. Hal ini akan membahayakan saraf pada tangan. Setelah pemijatan sangat direkomendasikan minum air putih.

Minum 2-3 gelas air putih sekaligus sehingga kotoran akan terbuang melalui urin. Untuk mereka yang memiliki riwayat sakit ginjal berat maka sebaiknya minum 1 gelas saja setelah pijat refleksi.

Baca Juga : Pijat Refleksi Kepala untuk Meredakan Saat Pusing Melanda

Siapa Saja yang Boleh Melakukan Pijat Refleksi ?

Titik refleksi ini tidak bisa dilakukan pada semua orang. Khususnya pada ibu yang telah mengandung selama tahap trimester awal.

Ada sejumlah titik yang tidak boleh dipijat karena mampu memperbesarkan resiko melahirkan lebih awal. Pada wanita hamil yang berada di trimester akhir direkomendasikan untuk melakukan pijat refleksi.

Seseorang yang mengalami masalah pembekuan darah tidak dianjurkan menjalankan pijat refleksi. Resikonya mampu mengakibatkan gumpalan darah terkumpul pada area otak dan jantung.

Terakhir, jangan lakukan pijatan refleksi pada seseorang yang sedang mengalami cedera, asam urat hingga terluka. Efeknya akan memperburuk kondisi yang ada saat itu.

Pijat refleksi tangan sudah ada sejak dulu. Bila mengetahui titik pemijatan yang tepat dapat dilakukan secara mandiri.

Baca Juga: 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download