BlogLifestyleHobi8 Jenis Tanaman Pilea yang Bisa Dipelihara di Rumah
0
0

8 Jenis Tanaman Pilea yang Bisa Dipelihara di Rumah

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Jul 26, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pins, apakah kamu tahu apa itu tanaman pilea? Ya, tanaman ini sedang banyak digandrungi oleh ibu-ibu. Mungkin beberapa dari kamu pernah mendengar tanaman pilea atau bahkan sekadar membacanya di internet, ya Pins? 

Bagaimana dengan kamu yang tinggal di Villa Jatiluhur atau Telaga Golf, apakah pernah mengetahui soal tanaman pilea? Mungkin kamu yang punya rumah di bogor juga pernah mendengar tanaman ini, bukan?

Nah, sebelum membahas lebih lengkap soal tanaman pilea, kamu juga bisa cek info soal cara pengajuan KPR dan program KPR di Pinhome.

Apa itu Tanaman Pilea?

Pilea peperomioides adalah nama latin untuk tanaman pilea. Tanaman ini biasanya juga disebut tanaman UFO, tanaman Chinese Money, dan tanaman missionary. Tanaman ini berasal dari keluarga Urticaceae dan asalnya dari provinsi Yunnan, China. Pertama kali tanaman Pilea ini ditemukan pada tahun 1906. 

Tanaman pilea adalah salah satu tanaman yang menghasilkan daun. Daun-daun pada tanaman pilea ini menjadi daya tarik bagi siapa saja yang melihatnya. Jika pada tanaman mawar, melati atau bunga matahari, bunga menjadi daya tarik maka pada tanaman pilea tidak. Daun yang unik dan cantik bisa menjadi penghias taman atau area di dalam rumah.

Tanaman pilea tergolong tanaman yang kecil dan tidak tumbuh tinggi menjulang. Oleh karena tanaman ini bisa diletakkan dalam medium pot untuk tumbuh. Ukuran tanaman yang kecil juga bisa menjadi keuntungan karena dapat dijadikan sebagai penghias meja kerja atau meja makan.  

Cara Merawat Tanaman

Setelah kamu mengetahui apa itu tanaman pilea, selanjutnya kamu perlu tahu cara merawat tanaman Chinese Money. Yuk ikut penjelasan mengenai cara merawat tanaman. 

Pertama-tama tanaman hias ini tidak memerlukan banyak air. Pastikan saja tanahnya lembab namun jangan membuat air di dalam pot menggenang atau terlalu basah. Umumnya tanaman hias tidak terlalu suka air dalam jumlah banyak karena tanaman bisa busuk.

Selanjutnya letakkan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari. Semakin terang cahaya matahari maka tanaman akan tumbuh baik. Namun, hindari langsung meletakkannya di bawah paparan matahari ya Pins karena ini akan membakar tanaman tersebut.

Untuk pemberian pupuk bisa kamu lakukan dengan secukupnya saja. Kamu bisa menggunakan pupuk dari toko tanaman. 

8 Jenis Tanaman Pilea

Setelah memahami beberapa cara merawat tanaman, berikut ini ada 8 jenis tanaman pilea yang perlu kamu ketahui. Yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini! 

1. Pilea Peperomioides

Source : Kompas

Pilea peperomioides adalah salah satu jenis tanaman pilea yang bentuknya mungil. Dilengkapi dengan daun berwarna hijau yang berbentuk bulat. Daun berwarna hijau dan ada yang berukuran besar serta kecil. Ukuran tanaman ini termasuk mini dan tidak besar sehingga bisa diletakkan di dalam pot. 

2. Pilea Depressa

Source : Plantophiles

Selanjutnya ada pilea depressa, merupakan salah satu tanaman pilea yang daunnya kecil-kecil dan tanamannya rimbun. Jika dilihat dari jauh daun pada tanaman pilea ini seperti rambut keriting. Pasalnya daunnya menumpuk menjadi dan sangat lebat. Bentuknya yang seperti tanaman daun mint ini membuat pilea depressa unik dan bisa menjadi penghias pada meja kerja dan meja kerja. 

Baca juga: 16 Jenis Tanaman Tropis yang Cocok untuk Taman Rumah

3. Pilea Involucrata

Source : Wikipedia

Selanjutnya ada tanaman pilea involucrata. Tanaman pilea ini berbentuk unik karena daunnya mempunyai pola bergerigi pada permukaan dan sisi daun, seolah-olah seperti gergaji tajam. Bentuknya yang unik membuat tanaman ini memiliki daya tarik tersendiri, Pins.

4. Pilea Cadierei

Source : Blibli

Tanaman selanjutnya adalah pilea cadierei. Tanaman pilea ini berukuran lebih tinggi dari kebanyakan tanaman pilea yang lain. Oleh karena itu tanaman pilea ini lebih cocok diletakkan di area outdoor atau di teras rumah. Jika ingin meletakkan di dalam rumah kamu bisa meletakkannya di pojok ruangan agar tidak terlalu menutupi pemandangan rumah. 

Baca juga: 8 Jenis Hama Tanaman Hias dan Cara Mencegahnya

5. Pilea Microphylla

Source : Wikipedia

Tanaman pilea selanjutnya adalah microphylla. Seperti namanya, tanaman ini mempunyai ukuran daun mikro atau kecil. Ukurannya seperti kuku dan daunnya tumbuh berkelompok sehingga membentuk seperti rimbunan hutan.  

6. Pilea Pumila

Source : Missouri plant

(Wikipedia)

Tanaman pilea pumila ini bentuknya seperti daun sirih. Daun tanaman ini berbentuk panjang dan bergerigi di ujung-ujung daunnya. Gerigi berbentuk runcing namun tidak tajam ya Pins jadi kamu tidak perlu khawatir. Selain itu tanaman ini juga mempunyai ukuran yang besar dan lebih cocok dijadikan sebagai tanaman outdoor karena cocok diletakkan di teras rumah atau taman rumah. 

Baca juga: 10 Contoh Tanaman Semak untuk Membuat Taman Rumah Menjadi Cantik

7. Pilea Fontana

Tanaman pilea fontana ini mempunyai warna hijau yang berdaun kecil. Kamu bisa melihat bahwa tanaman mempunyai ukuran mini dan bercabang banyak. Kamu bisa meletakkan tanaman ini di dalam ruangan karena tidak terlalu besar, ya Pins jadi cocok sebagai tanaman indoor. 

8. Pilea Nummulariifolia

Source : Plannter and Forester

Pilea Nimmulariifolia adalah salah satu tanaman pilea dengan daun yang ukurannya kecil. Selain itu ukuran tanaman yang kecil dan tidak terlalu besar membuatnya cocok dijadikan sebagai tanaman gantung atau tanaman indoor, Pins.

Nah, itu saja informasi mengenai tanaman pilea. Semoga informasi di atas memberikan pengetahuan baru untuk kamu ya. 

Baca juga:

Sumber featured image: Kompas


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download