BlogLifestyleHobi10 Mitos dan Fakta dari Menanam Pohon Kamboja
0
0

10 Mitos dan Fakta dari Menanam Pohon Kamboja

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Jul 22, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
pohon kambojatop-right-banner

Pohon kamboja adalah salah satu tanaman yang sering dijumpai di pemakaman dan sering dikaitkan dengan kejadian mistis.Namun, jangan salah Pins, kamboja sebenarnya juga umum sebagai tanaman hias dan dijadikan bonsai.

Tanaman ini bahkan bisa membuat rumah kamu tampil jadi makin cantik seperti Bali Resort Tangerang atau rumah di Tangerang Selatan lainnya. Kalau Pins sedang mencari rumah cantik lainnya, Pins bisa cek daftar Rumah Ekslusif dari Pinhome, ya!

Mitos Pohon Kamboja

pohon kamboja
Source : Freepik

Konon, katanya kamboja sangat kental kaitannya dengan hal-hal misits. Namun, benarkah hal tersebut? Apakah Pins percaya? Yuk, simak fakta dan mitos pohon kamboja berikut ini:

1. Pohon Kamboja jadi Rumah bagi Makhluk Halus

Banyak mitos yang mengatakan bahwa pohon kamboja merupakan tanaman tempat tinggal makhluk halus. Namun, jangan khawatir Pins karena tak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini. 

Bahkan sebenarnya, kamboja adalah tanaman hias yang berasal dari Amerika Tengah dan umumnya ditanam sebagai pemanis di pekarangan atau dijadikan bonsai. 

Di Bali, kamboja sering ditanam di berbagai tempat, sementara di Jawa lebih sering ditemukan di pemakaman. Namun, kesannya seram dan terdapat keberadaan makhluk halus hanyalah mitos belaka.

2. Bisa Menarik Makhluk Halus

Seperti disebutkan sebelumnya, kamboja sering dikaitkan dengan sifat mistis. Bukan sebagai “rumah”, beberapa orang percaya pohon ini dapat menarik makhluk halus. 

Namun, ini cuma mitos kok karena tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini. Kamboja adalah tanaman hias yang populer dan memiliki keindahan sendiri, tetapi tidak memiliki sifat mistis atau kemampuan untuk berinteraksi dengan makhluk halus.

Baca juga: 18 Jenis-Jenis Lampu Dekorasi Taman untuk Halaman Rumah

3. Kamboja sebagai Jelmaan Seorang Gadis yang Setia

pohon kamboja
Source : Freepik

Terdapat cerita masyarakat yang menceritakan bahwa kamboja adalah jelmaan dari seorang gadis yang setia. Menurut cerita, setelah gadis itu ditinggal mati oleh kekasihnya, dia menangis dan menunggu di dekat pusara.

Hingga suatu saat, tumbuhlah pohon kamboja di tempat ia menunggu. Konon, setiap hari pohon tersebut menggugurkan bunganya di atas pusara yang ditinggalkan.

Sejak itu, kamboja dikenal sebagai bunga kesetiaan. Namun, cerita ini hanya bersifat mitos dan tidak memiliki dasar ilmiah.

4. Pohon Kamboja di Depan Rumah Menciptakan Energi Positif

Menurut feng shui, pohon kamboja yang ditanam di depan rumah dapat menciptakan energi positif bagi penghuninya. Feng shui sendiri adalah praktik budaya China kuno yang dilakukan untuk membawa keseimbangan dan keharmonisan di rumah.

Namun, kepercayaan ini tidak didukung oleh bukti ilmiah. Meskipun banyak orang percaya pada ilmu feng shui, ide menanam kamboja akan membawa energi positif tidak pernah terbukti, Pins.

5. Mahkota Kamboja dengan Jumlah 4 atau 6 Membawa Keberuntungan

Ada kepercayaan bahwa menemukan kamboja dengan mahkota berjumlah 4 atau 6 akan membawa rezeki dan keberuntungan. 

Namun, ini hanya bersifat mitos dan tidak memiliki dasar ilmiah. Jumlah mahkota kamboja tidak memiliki hubungan dengan keberuntungan seseorang.

Baca juga: 11 Jenis Bunga Lily dan Masing-Masing Maknanya

Fakta Pohon Kamboja

pohon kamboja
Source : Freepik

Jadi, memang banyak mitos yang melekat dengan kamboja. Tapi, ada bebera fakta seputar kamboja yang perlu Pins ketahui. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Kamboja adalah Tanaman Hias dari Amerika Tengah

Kamboja sebenarnya adalah tanaman hias yang berasal dari Amerika Tengah. Tanaman ini memiliki beragam bunga dengan varian warna seperti putih, merah muda, ungu, dan kuning.

Selain itu, kamboja dapat tumbuh subur di daerah tropis, termasuk di Indonesia. Jadi meskipun namanya mirip dengan Kamboja sebagai negara di Asia Tenggara, tanaman kamboja tidak memiliki kaitan dengan negara tersebut.

2. Tumbuh Subur di Daerah Tropis

Pohon kamboja dapat tumbuh subur di daerah tropis, termasuk di Indonesia. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari minimal enam jam setiap harinya. Iklim dan cuaca Indonesia sangat mendukung tumbuh kembangnya kamboja. 

Itulah sebabnya pohon kamboja sering ditemui di daerah tropis seperti Indonesia. Pohon ini sendiri dapat Pins kembangbiakkan dengan metode stek batang dan tumbuh dengan lebat meski tanpa perawatan yang intensif.

Baca juga: Unik! Ini Dia 8 Manfaat dari Bunga Tahi Ayam

3. Salah Satu Tanaman Hias yang Harum

Source : Freepik

Meskipun pohon kamboja tidak secara langsung membawa energi positif menurut feng shui, banyak orang masih percaya bahwa menanam pohon kamboja dapat membawa keberuntungan dan kemakmuran. 

Yap, hal ini memang tidak serta merta meningkatkan energi positif bagi penghuni rumah. Tapi, banyak yang mnejadikan pohon kamboja ljadi tanaman hias juga karena tanaman ini memberikan keindahan visual dan aroma harum dari bunga-bunganya.

4. Kamboja Merupakan Tanaman yang Membutuhkan Nutrisi

Seperti tanaman lainnya, pohon kamboja membutuhkan nutrisi yang cukup agar dapat bertahan hidup dan tumbuh dengan baik. Tanaman ini membutuhkan asupan sinar matahari minimal enam jam setiap harinya dan memerlukan nutrisi yang mencukupi.

5. Kamboja Adalah Tanaman Hias yang Menyegarkan

Pohon kamboja adalah tanaman hias yang indah dan memiliki aroma harum yang menyegarkan.

Bunga-bunga kamboja dapat memberikan keindahan visual dan menciptakan suasana yang menyenangkan di sekitar rumah atau taman rumah. Tanaman ini sering digunakan untuk menghiasi pekarangan, taman, atau pemakaman.

Itu tadi beberapa mitos dan fakta seputar menanam pohon kamboja yang bisa Pins ketahui. Meskipun terdapat mitos yang menghubungkan pohon kamboja dengan hal-hal mistis, sebenarnya tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

Jadi, Pins tetap bisa kok menjadikan kamboja sebagai tanaman hias yang memberikan keindahan visual dan aroma harum. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download