BlogLifestyleHobi15 Manfaat Pohon Ketapang Serta Ciri-Cirinya
0
0

15 Manfaat Pohon Ketapang Serta Ciri-Cirinya

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Jul 22, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
pohon ketapangtop-right-banner

Pohon ketapang, dengan nama ilmiah Terminalia catappa, adalah salah satu tanaman yang banyak tumbuh di negara-negara tropis seperti Indonesia, Malaysia, Australia, India, dan Thailand. 

Pohon ketapang juga memiliki karakteristik yang unik dan banyak digunakan sebagai pohon peneduh di jalan-jalan dan taman-taman sehingga bisa membuat asri lingkungan.

Nah, bagi Pins yang ingin punya rumah asri bisa memilih rumah dijual di Bogor, misalnya seperti Britania Green Resort. Agar lebih rumah asri impian terwujud, Pins bisa melakukan pengajuan KPR hanya di Pinhome.

Ciri-Ciri Pohon Ketapang

pohon ketapang
Source : iStock

Pohon ketapang memiliki beberapa ciri-ciri yang mudah dikenali. Berikut adalah beberapa ciri-ciri pohon ketapang:

  • Ukuran: Pohon ketapang dapat tumbuh hingga ketinggian 30 hingga 35 meter. Cabangnya melebar ke samping dengan lebar cabang mencapai 20 meter. Cabangnya tersusun bertingkat-tingkat seperti pagoda.
  • Daun: Daun pohon ketapang berbentuk oval seperti telur. Sebelum gugur, daun memiliki warna merah muda hingga kuning merah. Warna tersebut disebabkan oleh adanya pigmen seperti violaxanthin, cutin, dan zeaxanthin.
  • Bunga: Bunga pohon ketapang kecil dan berwarna putih kehijauan. Bunga ini sangat harum.
  • Buah: Buah ketapang berbentuk telur gepeng dengan satu biji di dalamnya. Buah ini awalnya berwarna hijau dan berubah menjadi merah keunguan saat matang.

Baca juga: 5 Cara Unik Untuk Mempercantik Halaman Rumah

Manfaat Pohon Ketapang

pohon ketapang
Source : iStock

Pohon ketapang punya beberapa jenis, termasuk pohon ketapang kencana. Namun, semua jenis ini memiliki banyak manfaat yang dapat kita nikmati. Berikut adalah manfaat-manfaat pohon ini:

1. Pohon Peneduh yang Efektif

Ketapang memiliki tajuk yang lebat dan lebar, sehingga sangat efektif sebagai pohon peneduh. Pohon ini memberikan perlindungan dari sinar matahari langsung, membuat udara di sekitarnya menjadi lebih sejuk dan nyaman.

2. Menghasilkan Kayu Berkualitas

Batang pohon ini memiliki tekstur yang keras dan warna yang indah, seperti merah bata dan coklat. Kayu ini sering digunakan sebagai bahan lantai kayu yang bagus karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis kayu lain.

3. Bijinya Bisa Jadi Pengganti Biji Kenari dan Almond

pohon ketapang
Source : Depositphotos

Biji ketapang dapat digunakan sebagai pengganti biji kenari dan almond. Nah, biji ketapang ini memiliki manfaat kesehatan, seperti menurunkan gula darah dan tekanan darah tinggi. Biji ini juga, sama seperti teh hijau, yaitu kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

4. Daunnya Bisa jadi Pewarna dan Tinta

Daun dan kulit pohon ketapang dapat digunakan sebagai bahan pewarna hitam dan tinta. Pewarna alami dari pohon ini digunakan dalam berbagai industri seperti tekstil dan seni grafis.

5. Menetralkan pH Air di Akuarium

Daun ketapang dapat digunakan untuk menetralkan pH air di akuarium. Ini penting untuk menjaga kestabilan lingkungan akuarium agar lebih cocok untuk memelihara ikan, terutama ikan cupang.

Baca juga: Kenalan dengan Bunga Anthurium dan 5 Fakta Menariknya Yuk!

6. Bisa Jadi Sumber Minyak Nabati

Biji ketapang juga dapat diolah menjadi minyak nabati. Minyak nabati ini dapat digunakan dalam berbagai industri seperti kuliner dan kosmetik.

7. Pemanfaatan Ekonomi

Sepeti sudah disinggung di poin-poin sebelumnya, banyak manfaat dari ketapang. Oleh karena itu, pohon ketapang juga memiliki potensi sebagai sumber penghasilan melalui berbagai kegiatan ekonomi. 

Misalnya seperti pengolahan kayu, minyak nabati, dan produk-produk berbahan baku dari pohon tersebut.

Manfaat Lain Ketapang dalam Dunia Kesehatan

Bukan hanya manfaat sebagai peneduh, ketapang juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberaoa manfaat ketapang untuk kesehatan:

1. Melawan Pertumbuhan Kanker

Daun ketapang mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

2. Menurunkan Risiko Diabetes

Biji ketapang mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah, sehingga dapat membantu mengurangi risiko diabetes .

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Daun ketapang mengandung senyawa-senyawa yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit.

4 Menguatkan Tulang

Source : Freepik

Beberapa zat yang terkandung dalam daun ketapang dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis.

5. Melembapkan Kulit

Minyak nabati yang dihasilkan dari biji ketapang dapat digunakan untuk melembapkan kulit dan menjaga kelembapan alami kulit. Kamu bisa menggunakan ini sebagai cara melakukan perawatan kulit secara alami.

Baca juga: Tanaman Sayuran yang Bisa Ditanam di Rumah

6. Mencegah Inflamasi

Beberapa senyawa dalam daun ketapang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

7. Kaya akan Nutrisi

Biji ketapang mengandung nutrisi penting seperti protein, serat, dan lemak sehat. Konsumsi biji ketapang secara moderat dapat memberikan manfaat kesehatan.

8. Ramuan Obat Tradisional

Source : Freepik

Oleh karena dipercaya baik untuk kesehatan, beberapa bagian dari pohon ketapang digunakan dalam ramuan obat tradisional. Misalnya, daunnya bisa digunakan untuk mengobati beberapa macam penyakit. Selain itu, biji ketapang juga memiliki manfaat kesehatan tertentu.

Itu tadi informasi mengenai pohon ketapang yang bisa Pins ketahui. Pohon ini, dengan segudang manfaat dan ciri-cirinya yang unik, adalah tanaman yang memiliki banyak potensi untuk dimanfaatkan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download