BlogLifestyleHobiMengenal Pohon Rambutan, Jenis, Ciri dan Cara Merawatnya
0
0

Mengenal Pohon Rambutan, Jenis, Ciri dan Cara Merawatnya

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Jul 22, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
pohon rambutantop-right-banner

Pohon rambutan (Nephelium lappaceum) adalah salah satu jenis pohon buah tropis yang populer di Asia Tenggara, terutama di Indonesia. Buah rambutan memiliki kulit berduri dan daging yang manis, dan sering dijadikan buah favorit oleh banyak orang. 

Pohon yang satu ini juga bisa Pins tanam di rumahmu agar tampak asri seperti di Grand Paradise City atau rumah dijual di Bogor lainnya. 

Bagi Pins yang ingin rumah asri idaman juga bisa pilih program KPR Bank terbaik di Pinhome. Yuk, wujudkan rumah cantik idaman kamu!

Mengenal Pohon Rambutan

pohon rambutan
Source : Pexels

Pohon rambutan merupakan tanaman buah tropis yang berasal dari Indonesia dan ditemukan luas di wilayah Asia Tenggara. Buah rambutan terkenal dengan kulitnya yang berduri dan daging buah yang manis.

Pohon ini dapat tumbuh hingga ketinggian 25 meter atau lebih, dengan cabang yang tumbuh cukup banyak. Akarnya yang kuat memungkinkan pohon rambutan berdiri kokoh di atas tanah. 

Daunnya berbentuk lonjong dan dapat berubah warna dari hijau menjadi kuning saat menua. Buah rambutan terbungkus oleh kulit berambut dengan warna yang berubah dari hijau menjadi kuning atau merah saat matang. 

Daging buahnya berwarna putih transparan dan rasanya manis, sedangkan bijinya berbentuk elips dengan kulit tipis berkayu.

Baca juga: 15 Desain Taman Batu Koral yang Membuat Hunian Lebih Sejuk

Jenis-Jenis Rambutan

pohon rambutan
Source : Pexels

Nah, rupanya phon rambutan juga memiliki beberapa jenis lho, Pins. Berikut ini beberapa jenis-jenis rambutan yang bisa Pins ketahui:

1. Rambutan Rapiah

Jenis rambutan yang satu ini punya kulit berwarna hijau, kuning, dan merah dengan tekstur yang tidak merata. Permukaan kulitnya kasar dan rambutnya tidak merata. 

Selain itu, daging buahnya sendiri lebih tebal, kering, kenyal, namun bisa dengan mudah terlepas dari bijinya. Jumlah buahnya pun tidak terlalu banyak.

2. Rambutan Binjai

Rambutan ini memiliki ukuran agak besar. Warna kulitnya merah darah hingga merah tua. Rambutnya agak kasar dan jarang. Daging buahnya mudah terlepas dari bijinya dan memiliki rasa manis.

3. Rambutan Aceh Lebak Bulus

Rambutan ini memiliki buah yang banyak. Warna buah jenis ini sendiri umumnya berwarna merah dan kuning dengan bagian ujung rambut berwarna kuning .

Ciri-Ciri Pohon Rambutan

Source : Pexels

Untuk mengenali pohon rambutan, perhatikan ciri-ciri berikut:

  • Batang: Batang kayu pohon rambutan berwarna putih kecokelatan dengan kulit kayu yang bertekstur retak.
  • Daun: Daun pohon ini berbentuk lonjong dengan warna hijau saat muda dan kuning saat tua. Daun-daun ini berguguran setelah berubah menjadi cokelat.
  • Buah: Buah rambutan memiliki kulit berambut yang berubah warna dari hijau menjadi kuning atau merah saat matang. Daging buahnya berwarna putih transparan dan rasanya manis. Sedangkan, bijinya berbentuk elips dengan kulit tipis.
  • Bunga: Bunga rambutan berukuran kecil dan berwarna agak kekuningan. Setiap tandan bunga terdiri dari 50 hingga 2.000 kuntum.

Baca juga: 13 Manfaat Mahkota Dewa untuk Kesehatan Tubuh

Cara Menanam dan Merawat Pohon Rambutan

Source : Pexels

Untuk merawat pohon rambutan agar tumbuh dengan baik, Pins perlu mengetahui langkah-langkahnya dengan tepat. Yuk, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Tepat Pilih Lokasi Penanaman

Pilih lokasi yang mendapatkan sinar matahari penuh untuk menanam pohon rambutan. Pastikan tanah memiliki drainase yang baik dan tidak tergenang air.

2. Siapkan Lahan

Bersihkan lahan dari rumput dan gulma sebelum menanam. Pastikan lahan gembur dan bebas dari akar-akar pengganggu.

3. Pilih Bibit Terbaik

Agar hasilnya nanti bagus, Pins perlu memilih bibit yang bagus. Jadi, pilihlah bibit rambutan yang sehat dan berkualitas dari sumber yang terpercaya.

4. Perhatikan Penanaman

Untuk menanamnya, Pins bisa membuat lubang tanam dengan ukuran yang mneyesuikan supaya cukup untuk menampung akar bibit. Tempatkan bibit di lubang tanam dan tutup dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk organik.

Baca juga: 10 Inspirasi Taman Mini Belakang Rumah, Mungil dan Cantik!

5. Penyiraman

Siram pohon rambutan secara teratur, terutama saat musim kemarau. Jadi, Pins perlu memerhatikan agar tanah tetap lembab, namun tidak boleh tergenang air.

6. Lakukan Pemupukan

Sama seperti tanaman lain yang cocok ditanam di rumah, Pins perlu memberikan pohon rambutan juga pupuk. Berikan pupuk organik atau pupuk kandang secara teratur untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan pohon ini. Kamu bisa melihat cara merawat tanaman di rumah dari Pinhome jika masih bingung bagaimana pemberian pupuk yang benar.

7. Pemangkasan secara Berkala

Lakukan pemangkasan secara berkala untuk menjaga bentuk pohon dan merangsang pertumbuhan tunas baru.

8. Lindungi Hama dan Penyakit

Perhatikan tanda-tanda serangan hama dan penyakit pada pohon rambutan. Jika ditemukan, lakukan pengendalian hama dan penyakit dengan metode yang tepat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Pins dapat merawat pohon rambutan dengan baik dan memperoleh hasil yang memuaskan.

Itu tadi informasi seputar pohon rambutan, mulai dari ciri-ciri pohon rambutan hingga cara perawatannya. Jangan ragu untuk menanam pohon rambutan dan menikmati buah yang lezat ini, ya!

Baca juga: Kenali Bunga Cempaka: Arti, Jenis dan 10 Manfaatnya

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download