BlogLifestyleHobi13 Rekomendasi Pohon yang Bisa Dicangkok dengan Mudah
0
0

13 Rekomendasi Pohon yang Bisa Dicangkok dengan Mudah

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Jul 15, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
pohon yang bisa dicangkoktop-right-banner

Cangkok adalah suatu cara perbanyakan vegetatif tanaman dengan membiarkan suatu bagian tanaman menumbuhkan akar sewaktu bagian tersebut masih tersambung dengan tanaman. Artikel ini akan membahas beberapa pohon yang bisa dicangkok dengan mudah. 

Kamu yang punya rumah di BSD dan memiliki lahan kosong, tidak ada salahnya mengembangkan tanaman yang bisa dicangkok. 

Pencangkokan tanaman juga sangat mudah, Pins. Semudah mencari tahu estimasi harga rumah di PinValue atau mengajukan KPR Rumah di Pinhome.  

Berikut merupakan ulasan mengenai teknik pencangkokan tanaman lengkap dengan daftar pohon yang bisa dicangkok. 

Baca juga: 9 Panduan dan Cara Mencangkok Tanaman Mudah Untuk Pemula

Pencangkokan Tanaman

cangkok tanaman
Source : iStock

Dalam bahasa Inggris, pencangkokan dikenal dengan istilah grafting atau air layering. Pencangkokan dilakukan dengan bagian batang dikerat kulitnya hingga terlihat kayu terlebih dahulu. 

Kemudian bagian yang terbuka itu dibungkus dengan bahan yang dapat menyimpan air dan dibebat dengan bahan kedap air seperti plastik. 

Berikutnya, kamu perlu memberikan hormon tumbuhan perangsang perakaran. Setelah beberapa minggu biasanya akar akan muncul dan bagian yang dicangkok ini tinggal dipisahkan dari pohon induk. 

Mencangkok tanaman ini sangat berguna ketika kamu memiliki keterbatasan lahan. Tanaman yang dicangkok biasanya memiliki akar yang kuat, tahan penyakit, dan bisa panen lebih banyak. 

Cara Mencangkok Tanaman

Mencangkok merupakan salah satu cara pembiakan vegetatif buatan yang bertujuan untuk memperbanyak tanaman yang memiliki sifat yang sama dengan induknya dan cepat menghasilkan. 

Selain itu, pohonnya juga tidak terlalu tinggi. Mencangkok dilakukan dengan cara menguliti hingga bersih dan menghilangkan kambium pada cabang atau ranting sepanjang 5-10 cm pada tanaman dikotil untuk kemudian dipindahkan ke dalam wadah lain saat akar telah tumbuh.

Syarat tumbuhan yang dapat dicangkok adalah batangnya memiliki kambium, tidak terlalu tua dan tidak juga terlalu muda, ukurannya kira-kira sebesar ibu jari kaki orang dewasa.

Cara mencangkok tanaman:

  • Buat keratan melingkar berjarak 3 – 5 cm.
  • Kupas kulit batang sampai kelihatan kambiumnya.
  • Bersihkan lapisan kambium dengan cara mengerok.
  • Keringkan cangkokan beberapa hari (2 – 4 hari).
  • Tutup cangkokan dengan tanah gembur yang dibalut sabut kelapa atau plastik.

Baca juga: 7 Trik Jitu Cara Menanam Jagung (Hasil Melimpah)

Pohon yang Bisa Dicangkok

Tidak semua pohon atau tanaman bisa dicangkok. Untuk itu penting bagi kamu untuk mengetahui pohon yang bisa dicangkok agar tidak salah. Berikut beberapa pohon yang bisa dicangkok.

1. Buah-buahan

Pohon yang bisa dicangkok
Source : Pixabay

Pohon buah-buahan termasuk tanaman yang paling sering dicangkok. Tujuan pencangkokan pada pohon buah biasanya untuk meningkatkan produksi, memperoleh pohon yang menghasilkan buah yang lebih enak, atau varietas yang lebih tahan terhadap kondisi iklim atau penyakit.

Biasanya, pohon buah dicangkokkan pada musim semi atau akhir musim panas hingga musim gugur.

2. Mawar

Mawar adalah tanaman hias outdoor yang populer karena keindahan, variasi, dan mekarnya yang mencolok. Bunga yang satu ini masuk dalam daftar pohon yang bisa dicangkok. 

Meskipun mawar dapat dengan mudah diperbanyak dengan menanam stek langsung di tanah, ada juga keuntungan mencangkok yang sudah ada dengan varietas mawar lain dengan karakteristik yang lebih diinginkan.

Mencangkok juga dapat membuat tanaman baru lebih tahan terhadap dingin, kekeringan, bahkan menghasilkan perbungaan yang lebih besar dan bervariasi.

Waktu terbaik untuk mencangkok bunga mawar adalah setelah siklus mekar musim panas dan teknik yang disukai adalah melalui potongan T, di antara dua simpul batang.

Baca juga: Cara Menanam Bawang Putih Terbaik

3. Tomat

cangkok tomat
Source : Pixabay

Tanaman tomat juga bisa dicangkok, Pins. Tujuan mencangkok tomat adalah untuk menggabungkan dan menggunakan sifat menguntungkan dari spesies batang bawah dan batang atas.

Metode paling populer untuk mencangkok tomat disebut “cangkok tabung”. Teknik ini sangat efektif, dengan tingkat keberhasilan antara 85-90%, dan dapat dilakukan pada tanaman yang masih sangat muda.

4. Mentimun

Tanaman yang bisa dicangkok berikutnya adalah mentimun. Mencangkok mentimun mulai populer pada tahun 1960-an ketika diketahui dapat meningkatkan toleransi mentimun terhadap suhu rendah.

5. Alpukat

Alpukat termasuk yang sering diperbanyak dengan dicangkok. Cara menanam alpukat biasanya dengan memanfaatkan bijinya. Namun memerlukan waktu yang lama untuk tumbuh. Mencangkok alpukat bisa mempersingkat waktu tumbuh dan menghasilkan buah-buahan yang lezat untuk dimakan.

6. Merica atau Lada

Merica adalah tanaman umum lainnya yang dapat dicangkok. Tak hanya untuk diperbanyak, pencangkokan merica juga bisa dilakukan dengan tanaman paprika lain serta bisa dikawinkan dengan tanaman tomat atau kentang. 

Baca Juga: Tanaman Sayuran yang Bisa Ditanam di Rumah

7. Semangka

pohon yang bisa dicangkok
Source : Pixabay

Mencangkok semangka bisa meningkatkan produksi, meningkatkan toleransi buah terhadap dingin dan ketahanan penyakit. Cangkok semangka juga efektif mendapatkan buah yang lebih besar dengan bentuk yang lebih enak.

Berbagai penelitian telah mengkonfirmasi bahwa produktivitas semangka yang dicangkokkan 30 hingga 50% lebih tinggi daripada tanaman biasa. Juga, tampaknya tanaman yang dicangkok membutuhkan lebih sedikit pupuk.

8. Terong

Terong masuk dalam daftar pohon yang bisa dicangkok berikutnya. Batang atas terong dapat dicangkokkan pada batang bawah spesies terong lainnya, termasuk yang liar seperti kalkun berry, tanaman tomat, buah ara raksasa (Solanum chrysotrichum), dan beberapa tanaman lain dalam keluarga nightshade.

Salah satu alasan utama terung dicangkok adalah untuk membuat tanaman lebih tahan terhadap penyakit jamur, terutama layu Verticillium (Verticillium albo-atrum), yang sering menyebabkan kerugian panen terong yang besar. Manfaat terong juga sangat banyak untuk kesehatan.

9. Anggur

Salah satu cara perbanyakan tanaman anggur yang umum dilakukan adalah dengan cara cangkok. Proses ini memungkinkan petani anggur dapat dengan cepat menumbuhkan tanaman merambat yang matang di atas tanaman yang sudah ada.

Baca juga: Cara Menanam Bayam

10. Kaktus

kaktus bisa dicangkok
Source : Pixabay

Kaktus dapat digabungkan dengan spesies kaktus lainnya. Mereka umumnya dicangkokkan untuk membuat tanaman dengan tampilan yang unik. Selain adanya alasan lain seperti mendapatkan tanaman yang lebih tahan dan mudah beradaptasi.

11. Aglaonema

Aglaonema termasuk dalam tanaman kelompok talas yang memiliki warna terang dominan pada daunnya. Cangkok bisa dilakukan untuk memperbanyak aglaonema, dengan catatan tidak terkena sinar matahari langsung dan terlalu sering disiram.

12. Bougenville

Bougenville termasuk tanaman bunga yang bisa dikembangbiakkan dengan cara dicangkok. Pencangkokan tanaman ini perlu hati-hati dan rutin dipangkas untuk mencegah agar nutrisi tidak menyebar ke daun yang mengakibatkan sulit berbunga. 

13. Durian

Pohon yang bisa dicangkok berikutnya adalah durian. Sama seperti pada tanaman buah lainnya, cara menanam durian dengan teknik pencangkokan ini  dianggap bisa meningkatkan kualitas buah, mulai dari rasa hingga kuantitas panennya. 

Itulah 13 pohon yang bisa dicangkok di lahan yang tidak begitu luas. Bagaimana, kamu mau cangkok tanaman apa, Pins?

Baca juga:

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download