BlogLifestyleEdukasiMengenal 4 Posisi Pemain Bola Voli
0
0

Mengenal 4 Posisi Pemain Bola Voli

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 13, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Posisi pemain bola volitop-right-banner

Selain Bola Basket dan Sepakbola, bola voli juga salah satu cabang olahraga yang sudah terkenal. Olahraga ini  dimainkan oleh 2  tim pemain di sebuah lapangan yang luas dan dipisahkan oleh sebuah jaring dan net. Setiap posisi pemain bola voli memiliki fungsi dan keunggulan yang berbeda-beda.

Bagi pemain pemula yang baru bermain bola voli di lapangan. Mungkin yang diketahui oleh mereka posisi pemain hanyalah istilah tosser dan smasher.  Padahal dalam permainan bola voli, ada begitu banyak sekali istilah-istilah yang harus diketahui oleh setiap pemain.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini Pinhome akan membahas nama-nama posisi pemain bola voli secara lengkap.

Baca juga: Peraturan Permainan Bola Voli

Server

Posisi pemain bola voli server
Source : Pixabay

Salah satu pemain bola voli yang bertugas untuk mengawali permainan bola voli dari lapangan timnya menuju lawan disebut server. Setelah ia melakukan servis dari lapangannya, maka selanjutnya ia bertugas menjadi pemain defender atau libero.

Baca juga: Ukuran Lapangan Bola Voli

Smasher atau Spiker

Posisi pemain bola voli
Source : Unsplash

Spiker atau smasher merupakan pemain yang berada di samping kiri atau kanan tosser. Selain ia juga bertugas melakukan servis apabila bola datang kepadanya, ia juga bertugas untuk memblock bola yang datang dari lawan saat mereka melakukan servis yang kuat.

Walaupun demikian, tugas utama sebagai pemain spiker atau smasher biasanya adalah melakukan pukulan serangan kepada lawan dengan pukulan yang keras dan kuat. Agar bola yang di servis bisa masuk dan mendapatkan poin.

Smash adalah pukulan serangan yang dilakukan oleh spiker kepada lawan dengan serangan yang kuat agar lawan tidak bisa memblok bola tersebut.

Jadi apabila Pins ingin menjadi pemain spiker, maka Pins memiliki dua tugas yang penting di sini. Yang pertama adalah menjadi smasher atau memukul bola yang telah diberikan tosser, dan kedua adalah memblock bola yang datang dari lawan agar bola yang di pukul tidak jatuh ke tanah lapangan kawan.

Baca juga: Jumlah Pemain Sepak Bola dan Posisinya

Tosser atau Set-Upper

posisi pemain bola voli
Source : Unsplash

Yang ketiga adalah Tosser atau Set-upper. Salah satu tugas yang biasa mengatur serangan yang dilakukan oleh timnya disebut tosser atau set-upper.

Jadi posisi yang boleh atau berhak mengatur dan memberikan komando untuk melakukan serangan adalah tosser. Apabila Pins berminat untuk menjadi tosser, maka Pins harus bisa memberikan umpan yang terbaik dan pas kepada teman Pins yang menjadi spiker, agar bola yang Pins lemparkan bisa diterima dengan baik.

Baca juga: Pengertian Kick Off Lengkap

Defender atau Libero

Posisi pemain bola voli
Source : Unsplash

Yang keempat adalah defender atau libero. Salah satu pemain bola voli yang bertugas untuk menerima dan menahan dari serangan lawan disebut defender atau libero.

Selain bertugas menahan bola yang dipukul oleh lawan, defender atau libero juga bertugas untuk memberikan bola pertama kepada tosser agar tosser bisa memberikan umpan kepada spiker.

Bagi yang ingin menjadi pemain libero, maka ia harus menguasai teknik dasar passing bawah dan teknik passing atas. Untuk posisi libero ia memiliki kebebabas masuk keluar dari area lapangan dan bisa diganti, akan tetapi tidak boleh membantu memblocking ataupun melakukan smash.

Nah itulah ida posisi-posisi pemain bola voli yang telah dikenal oleh masyarakat khususnya bagi pecinta bola voli. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu Pins dalam mencari informasi dan bisa memberikan manfaat.

Baca juga: Pola Permainan Bulu Tangkis (Penyerangan dan Pertahanan)


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download