Blog›Lifestyle›Teknologi›Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Menarik Kertas Dengan Mudah
0
0

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Menarik Kertas Dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 29, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
printer tidak bisa menarik kertastop-right-banner

Printer merupakan salah satu benda elektronik yang tidak kalah penting untuk berada di rumah, seperti ketika Pins bekerja di rumah yang nyaman seperti Grand Sharon Residence sebagai Perumahan di Kota Bandung terbaik. Kamu juga bisa mencari hunian pilihan dan panduan properti di PinValue. Ketika sedang menggunakan printer, Pins mungkin pernah mengalami perangkat tersebut macet atau tidak bisa menarik kertas. Tenang saja Pins, terdapat banyak cara mengatasi printer tidak bisa menarik kertas yang bisa Pins lakukan dengan mudah.

Printer sangat membantu untuk mencetak dokumen penting misalnya dokumen perumahan. Misalnya kamu menjual perumahan di Tangerang. Kamu tentu membutuhkan printer untuk mencetak beberapa dokumen. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Pinhome loh. Aplikasi ini bisa membantu kamu Titip Jual Sewa Rumah hanya dengan smartphone kamu. Berikut beberapa tips untuk mengatasi printer yang tidak bisa menarik kertas!

Baca Juga: Jenis-Jenis Printer yang Sering Digunakan

Penyebab Printer Tidak Bisa Menarik Kertas

Source : Tek.id

Printer yang fungsi menarik kertasnya tidak jalan, bisa terjadi secara tiba-tiba maupun bertahap. Mungkin kamu harus mengetahui beberapa hal berikut ini. Untuk memastikan penyebab apa saja yang membuat printer bermasalah tidak bisa menarik kertas.

Ada yang Mengganjal

Kalau ada suatu benda asing masuk, secara otomatis tentu akan mengganggu fungsi printer. Masuknya benda asing ke printer memang sering terjadi. Apalagi jika kamu tipe orang yang sering membiarkan penutupnya terbuka begitu saja dan tidak pernah membersihkan printer.

Benda asing ini mengganggu fungsi dengan cara mengganjal komponen. Misalnya pada bagian roller printer, sehingga membuat printer tidak bisa memasukkan kertas untuk diprint..

Roller Printer Sudah Aus atau kotor

Penarik kertas printer, komponennya disebut roller. Roller ini wajib dilakukan pengecekan secara berkala, mengapa demikian? Karena bagian roller ini bisa kotor atau aus. Sehingga kertas yang ingin dicetak tidak bisa keluar dan menjadi sering macet ketika sedang proses mencetak.

Proses cetak bermasalah ini tidak selalu langsung terjadi. Biasanya performa printer akan sedikit berpengaruh, dan akan bertambah parah sedikit demi sedikit hingga komponennya tidak bisa berfungsi lagi. Maka, kamu harus mengetahui cara mengatasi printer tidak bisa menarik kertas.

Mesin Printer Kotor

Roller merupakan salah satu bagian printer, tapi yang dimaksud mesin ini luas pengertiannya. Pada printer, terdapat komponen-komponen lain yang di dalamnya memiliki fungsi tersendiri. Salah satu komponen yang kalau kotor dapat berpengaruh ke penarikan kertas adalah gear-nya.

Komponen Printer Sudah Rusak

Ada bagian komponen rusak, entah itu patah atau tidak berfungsi kelistrikannya. Hal ini dapat berpengaruh ke printer yang fungsinya menjadi terganggu. Untuk masalah patah yang paling sering karena umur printer yang sudah terlalu lama dipakai, dan juga bisa dari printer yang tidak sengaja terbentur dengan keras. Selain itu, bisa juga karena kelistrikan. Kelistrikan ini bisa dari kabel listrik yang tidak sesuai, terjadinya arus daya yang tidak stabil hingga membuat printer konslet.

Baca Juga: Cara Isi Tinta Printer Cannon Dengan Mudah

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Menarik Kertas

Pins tidak perlu panik ketika mendapati printer yang digunakan tiba-tiba tidak bisa menarik kertas. Berikut beberapa langkah mudah untuk mengatasi printer tidak bisa menarik kertas!

Bongkar dan Bersihkan Printer

Source : Kompas

Cara yang paling sederhana, coba cek terlebih dahulu printernya.

Caranya:

  • Buka cover (penutup) printer
  • Ketahui bagian dalam printer, apakah terdapat benda asing?
  • Kalau memang ada, coba buang benda asing tersebut
  • Tutup cover printer untuk mengecek apakah sudah bisa kembali normal lagi atau tidak.

Selanjutnya, jika tidak ditemukan benda asing, tetap lakukan pembersihan printer. Karena kotoran yang membuat roller menyangkut tidak selalu kelihatan begitu saja. Untuk cara membersihkannya bisa menggunakan kuas (secara manual). Atau bisa juga menggunakan kompresor udara tekanan tinggi. Jika disemprot ke printer, ini bisa membuat kotoran di dalamnya hilang semua.

Memperbaiki Roller Printer

Salah satu cara kerja printer, untuk menarik kertas erat sekali kaitannya dengan roller. Sebenarnya, jika ingin mencoba, Pins bisa memperbaikinya sendiri tanpa bantuan orang lain. Bahkan tidak perlu memanggil teknisi. Untuk langkah-langkahnya akan dijelaskan di bawah ini:

  • Pertama, lepaskan terlebih dahulu komponen roller printer sampai terpisah dengan komponen lainnya.
  • Selanjutnya cek pada bagian karetnya. Silakan lepas, kemudian lilitkan selotip sebanyak 2 atau 3 kali saja, pada bagian roller-roller yang semula sudah berkaret.
  • Kalau sudah, silakan pasang kembali rollernya.
  • Rakit kembali printer yang sudah dibongkar. Pasang cover-covernya kemudian tes. Maka printer yang tidak bisa menarik kertas seharusnya bisa kamu atasi.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Terima Panggilan

Cek Apakah Ada yang Mengganjal

Source : Sindonews

Pernah ada sebuah pertanyaan mengenai printer Epson l210 dan l360 yang tidak bisa menarik kertas. Uniknya, ketika itu ada suatu ciri khas, yaitu ketika ada benda mengganjal dan mengganggu fungsi printer, printer terlihat atau terdengar dapat menarik kertas, namun macet di tengah-tengah. Berikut langkah untuk memperbaikinya:

  • Kamu bisa mencoba membuka cover printernya
  • Lanjut buka juga casingnya
  • Cek pada bagian roller, kalau tidak ada baru coba ke komponen-komponen yang lebih dalam.
  • Gunakan senter, dan teliti juga untuk membuang benda-benda kecil yang kamu temukan di dalam printer.

Reinstall Driver Printer

Bagaimana jika masalahnya bukan dari komponen? Apa mungkin terjadi? Jawabannya mungkin saja. Driver yang bermasalah, akan membuat fungsi printer jadi bermasalah juga. Entah dari segi software maupun dari segi hardware. Kamu bisa mengatasinya dengan cara melakukan reinstall driver printer, seperti berikut:

  • Pertama hapus terlebih dahulu aplikasi driver di Control Panel
  • Masuk ke Uninstall a Program
  • Cari driver printer > Klik Kanan
  • Lalu pilih Uninstall.

Reset Printer

cara mengatasi printer tidak bisa menarik kertas
Source : Yoyoink.com

Ketika printer direset, otomatis semua pengaturan yang tersimpan akan hilang, dan kembali ke awal lagi. Kurang lebih mirip seperti baru beli. Nah, dengan reset ini secara langsung maupun tidak, dapat membuat masalah-masalah yang ada pada printer jadi hilang. Misalnya error tidak bisa menarik kertas juga bisa teratasi.

Cek Kabel-Kabel Printer

Kabel yang menghubungkan printer dengan komputer, maupun ke listrik. Kalau salah satunya rusak, dapat membuat printer menjadi bermasalah, mulai dari not responding hingga tidak bisa menyala.

  • Langkah pertama coba cek kabel power. Apakah ada putus?
  • Kalau iya, coba deh diganti dengan yang baru.
  • Lanjut cek kabel data yang menghubungkan printer ke komputer.
  • Pastikan kabel tersebut dapat membuat printer terdeteksi di komputer.
  • Pastikan juga deteksi tersebut dapat berjalan baik.

Servis Printer

Langkah terakhir adalah servis printer, karena untuk beberapa bagian (komponen) printer, ada yang tidak bisa diperbaiki sendiri. Biasanya sekali rusak, sulit untuk diperbaiki sendiri dan wajib diganti dengan yang baru.

Biaya Servis Printer UmumBiaya Roller
200 – 400 ribu50 – 150 ribu

Untuk printer yang tidak bisa menarik kertas, umumnya sekitar 200 – 400 ribu perbaikannya. Tapi jika yang bermasalah roller, Pins bisa menggantinya sendiri dan membeli komponennya langsung.

Itulah beberapa cara mengatasi printer tidak bisa menarik kertas yang bisa Pins lakukan dengan mudah sebelum membawanya ke tempat servis. Bagaimana Pins, cukup mudah bukan? Selamat mencoba!

Baca Juga:

Featured image source: Cannon Indonesia


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Raharja Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download