BlogHome ServiceOtomotifCara Membuat Rangkaian Kelistrikan Lampu Kepala
0
0

Cara Membuat Rangkaian Kelistrikan Lampu Kepala

Dipublikasikan oleh  

Des 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ternyata rangkaian kelistrikan tidak hanya digunakan oleh rangkaian lampu sein saja melainkan ada juga rangkaian kelistrikan lampu kepala. Lampu kepala pada mobil merupakan komponen penting yang membantu meningkatkan keselamatan berkendara di jalan.

Lampu ini dapat menerangi jalan di malam hari atau ketika terlihat kurang cahaya luar. Lampu-lampu ini juga penting untuk membuat kamu terlihat oleh orang lain selama kamu berada di jalan.

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Lampu Mobil yang Buram

Cara Membuat Rangkaian Kelistrikan Lampu Kepala

rangkaian kelistrikan lampu kepala
Source : sekolahkami

Sebelum membuat sendiri rangkaian kelistrikan lampu kepala, sebaiknya kamu menyiapkan barang-barang yang dibutuhkan. Kamu memerlukan baterai, lampu LED, switch, dan kawat untuk memulai me-rekonfigurasi lampu kepala.

Jika lampu kamu telah memiliki baterai dan switch. Kamu hanya memerlukan lampu LED dan kawat.

Pertama-tama, rekonfigurasi baterai, switch, dan kawat. Lepas baterai dari lampu kepala kamu. Jika baterai telah dipasang, ikatkan terminal positif baterai (+) dan terminal negatif (-) ke masing-masing terminal pada switch.

Untuk memastikan kamu telah menghubungkannya dengan benar, oleskan kontak berminyak ke hubungan tersebut. Kemudian, pasang lampu LED di ujung terminal (+). Selanjutnya pada bagian lain dari rangkaian, pasang kawat.

Hubungkan terminal negatif (-) dari switch ke kaki lampu LED yang berlawanan dengan terminal positif (+). Lalu, hubungkan ujung lain dari kawat ke terminal positif baterai (+). Jika kamu tidak ingin menghubungkan terminal negatif (-) dari switch.

Kamu dapat dengan mudah memasang kawat ke terminal negatif (-) dari baterai. Terakhir, cek pengaturan rangkaian kamu. Setelah kamu selesai menyambungkan bagian-bagian berbeda dari rangkaian lampu kepala.

Cobalah untuk menguji tombol switch untuk melihat apakah lampu LED menyala atau tidak. Pasanglah baterai kembali pada lampu kepala dan pastikan switch dalam posisi “on”. Sekarang, tekan tombol switch kamu dan pastikan bahwa lampu LED benar-benar menyala.

Jika lampu LED tidak menyala, periksalah kembali semua koneksi. Jika kamu berhasil membuat rangkaian lampu kepala, kamu dapat memanfaatkannya untuk berbagai tujuan.

Fungsi Lampu Kepala

Lampu kepala pada mobil adalah salah satu komponen paling penting dari setiap mobil. Berikut ini beberapa fungsi dari lampu kepala:

Menerangi Jalan

Berfungsi untuk menerangi jalan di depan saat kamu berkendara. Lampu kepala juga dapat digunakan sebagai lampu isyarat berhenti atau melihat ke arah lain.

Membantu Melihat Kontur Jalan

Membantu kamu melihat kontur jalan sehingga kamu dapat mengambil tindakan yang diperlukan saat mengemudi mobil pada malam hari. Lampu kepala menyediakan cahaya yang cukup untuk membantu kamu melihat rintangan di jalan saat berkendara malam hari.

Lampu kepala juga dapat digunakan untuk menarik perhatian pengemudi lain di jalan. Hal ini penting untuk menghindari benturan karena sebagian besar waktu benturan terjadi akibat kekurangan atau ketidakpatuhan pengemudi lain terhadap lampu isyarat saat berkendara.

Untuk Melihat Point Penting

membantu pengemudi untuk melihat poin penting seperti signpost, alamat atau petunjuk arah ketika berkendara. Lampu kepala penting ketika kamu berkendara di gang ekstrim seperti tanggul, perbukitan atau pegunungan. Dengan memiliki lampu yang baik, kamu dapat melihat lebih jauh dalam kegelapan dan menghindari bahaya di jalan.

Meningkatkan Visibilitas

Lampu kepala juga dapat digunakan untuk meningkatkan visibilitas ketika kamu berkendara melalui kabut tebal atau salju. Ini akan sangat berguna bagi kamu saat berada di daerah pedesaan atau daerah yang berlumpur.

Memberitahu Pengemudi Lain

Membantu memberi tahu pengemudi lain di jalan bahwa kamu sedang berkendara. Jika lampu kepala kamu berkedip, hal itu dapat memberi tahu orang lain tentang situasi jalan di sekitar kamu.

Lampu harus mampu menyediakan cahaya yang cukup untuk membantu kamu melihat jalan secara tepat dan menghindari benturan dengan kendaraan lain di jalan. Kecepatan dalam menyalakan dan memadamkan lampu juga penting.

Baca juga: Cara Kerja, Fungsi VVTI & Plus Minusnya

Komponen Lampu Kepala

Lampu kepala terdiri dari beberapa komponen berikut ini.

Lampu Kemudi Mobil

Ini adalah lampu utama yang menyala saat mobil kamu dikendarai di malam hari. Komponen ini bisa mencapai kecerahan yang tinggi untuk memastikan pengemudi tetap bisa melihat jalan di depan mereka dengan benar. Lampu utama biasanya terdiri dari dua sumber cahaya utama, yaitu lampu tungsten halogen dan lampu Xenon HID.

Baterai

Komponen satu ini berfungsi sebagai sumber utama untuk menyalakan lampu kepala mobil.

Sekring.

Berfungsi sebagai pengaman rangkaian kelistrikan lampu kepala jika terjadi kerusakan karena hubungan arus pendek.

Saklar

Digunakan untuk menyambungkan energi dari baterai ke rangkaian kelistrikan lampu kepala

Reflektor

Bagian dari lampu kepala yang digunakan untuk melemparkan cahaya yang dipancarkan oleh lampu utama. Hal ini mengatur jalan cahaya supaya lebih terbatas dan menghindari penglihatan orang lain. Reflektor juga bisa membuat  arah cahaya tepat ke depan jalan untuk memastikan pengemudi bisa melihat jalan dengan benar.

Soket

Komponen yang menyimpan dan mengatur lampu utama mobil. Soket ini berfungsi untuk menjaga agar lampu tetap stabil saat dinyalakan. Soket juga terhubung dengan sistem listrik untuk mempertahankan tegangan yang diperlukan untuk menyalakan cahaya.

Kipas penyejuk

Komponen yang terdapat di lampu kepala mobil. Fungsinya adalah menghasilkan aliran udara untuk mendinginkan bagian lampu utama. Hal ini berguna karena lampu utama berfungsi dengan beban listrik yang cukup besar. Sehingga membutuhkan pendinginan untuk menjaga agar panasnya tidak terlalu tinggi.

Kontrol Lampu

Bagian yang berfungsi untuk mengatur cahaya utama, seperti memilih dan memutar ke arah yang benar. Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan tingkat kecerahan lampu utama sehingga bisa dilihat dengan baik di malam hari. Kontrol lampu biasanya datang dengan berbagai opsi daya yang dapat disesuaikan sesuai dengan kondisi jalan.

Baca juga: Nama Alat-Alat Bengkel Otomotif: Fungsi dan Gambarnya

Fetaured Image Source: pixabay


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download