BlogLifestyleTeknologiReboot Android Adalah? Ini Selengkapnya!
0
0

Reboot Android Adalah? Ini Selengkapnya!

Dipublikasikan oleh Intan Malika Putri  dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 10, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
reboot androidtop-right-banner

Kata \”reboot\” mungkin sudah sering kamu dengar, tapi pastinya masih banyak yang belum tahu apa itu reboot dan perbedaanya dengan reset. Karena reboot Android sama-sama melakukan tindakan pengulangan atau mengembalikan di HP.

Pinhome – Penggunaan kata reboot dan reset umumnya berkaitan dengan semua jenis teknologi dan gadget. Agar tidak tertukar lagi antara reboot dan reset, berikut ini adalah penjelasan mengenai apa itu reboot dan perbedaannya dengan reset.

Baca Juga:

Apa Itu Reboot?

Berdasarkan kamus Oxford Languages, kata \”reboot\” bisa diartikan sebagai sebuah tindakan melakukan booting ulang yang kaitannya dengan sistem teknologi, atau gadget lainnya.

reboot android
Source : Unsplash.com

Kesimpulannya, kata booting sendiri artinya memulai atau menyalakan. Dan reboot adalah istilah lain dari Restart. Arti reboot adalah memulai ulang atau menyalakan ulang sistem HP Android. Tetapi berbeda dengan reset, reboot ini dilakukan dengan cepat tanpa menghapus seluruh data yang ada di perangkat.

Selain itu, melakukan reboot pada HP juga akan menutup semua aplikasi yang berjalan pada saat itu. Kemudian perangkat HP akan menyala kembali dalam kondisi sistem yang masih kosong dengan semua aplikasi tertutup.

Baca Juga:

Perbedaan Reboot dan Reset

Source : Intoput.com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, reboot dan reset adalah 2 tindakan yang berbeda. Sehingga sering kali kamu keliru dalam mengartikan keduanya.

Singkatnya begini:

RebootReset
Tindakan memulai ulang sistem, menutup aplikasi dan menyalakan kembaliTindakan mengembalikan sistem ke pengaturan awal dan menghapus semua aplikasi
  • Jadi reboot adalah tindakan mengulang sistem dengan menutup semua aplikasi dan menyalakannya kembali
  • Sedangkan reset adalah tindakan mengembalikan sistem dengan menutup dan menghapus semua aplikasi.

Sehingga jika kamu melakukan reset di HP, semua aplikasi yang ada di perangkat tersebut akan terhapus, bukan hanya tertutup.

Termasuk juga dengan semua data, foto, video, dokumen, dan lagu atau audio yang kamu simpan di perangkat tersebut. Sedangkan reboot hanya menutup aplikasi saja. Jadi kamu masih bisa membukanya kembali setelah sistem berjalan seperti biasa.

Baca Juga:

Cara Kerja Reboot

Secara singkatnya, begini cara kerja reboot:

  1. Kamu menekan tombol power di HP
  2. HP akan memunculkan menu
  3. Kamu menekan tombol Mulai Ulang
  4. Sistem akan mati, dan menyala kembali
  5. Reboot selesai

Fungsi Reboot

reboot android
Source : Itwiz.pl

Selanjutnya ada lagi fungsi reboot yang mungkin perlu kamu ketahui. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Mengatasi Error Tertentu di Perangkat Gadget

Beberapa dari kamu pasti pernah mengalami dimana error ketika membuka aplikasi tertentu bisa hilang setelah reboot HP. Contohnya HP ketika restart sendiri.

Alasan umum untuk ini, ialah karena error yang kamu dapatkan kebanyakan disebabkan oleh terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan / RAM penuh. Atau ada sejenis bug tertentu, dan reboot ini bisa mengatasinya.

2. Membuat Aplikasi Tertentu Bisa Berjalan Dengan Lancar

Jika kamu mengunduh aplikasi tertentu, khususnya yang berkaitan dengan anti virus atau sistem di HP, terkadang kamu perlu melakukan reboot dulu agar software tersebut berjalan dengan lancar.  Sedangkan di HP Android, hal ini biasanya perlu dilakukan ketika kamu baru memperbarui aplikasi atau sistem operasi.

3. Membuat HP Bisa Berjalan Dengan Lebih Cepat

Rebooting akan mengosongkan kembali RAM dan membuat kerja processor menjadi lebih ringan. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa lag atau lemot ketika ingin membuka aplikasi atau pun menggunakan HP untuk kebutuhan lainnya.

Kesimpulan

Demikianlah jawaban dari pertanyaan apa itu reboot Android dan perbedaanya dengan reset. Semoga artikel ini bisa membantu kamu membedakan kedua jenis tindakan yang serupa agar tidak salah ketika mengikuti tutorial yang berhubungan dengan HP dan PC.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download