BlogLifestyleRekomendasi Makanan Khas Semarang, Ada yang Bersejarah!
0
0

Rekomendasi Makanan Khas Semarang, Ada yang Bersejarah!

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang

Feb 13, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
babat gongsotop-right-banner

Suka kulineran dan sedang berada di kota Semarang? Pastikan untuk mencoba makanan khas Semarang yang kaya akan cita rasa dan juga rempah, sehingga banyak disukai oleh berbagai kalangan. Beragam makanan terdapat di Semarang membuat siapa pun jatuh cinta dengan kota tersebut, berikut beberapa makanan yang jadi rekomendasi yaitu:

1. Babat Gongso

Makanan khas Semarang yang paling banyak dicari salah satunya yaitu babat gongso, merupakan makanan berbahan dasar daging sapi.

babat gongso

Bukan sekedar daging sapi saja, tetapi juga babat yang menjadi ciri khas makanan tersebut. Mempunyai cita rasa gurih, pedas serta kaya akan rempah yang terdapat di dalamnya, cara memasaknya pun mudah yaitu:

  • Menyiapkan rebusan daging sapi serta babat yang sebelumnya dipotong kecil.
  • Berikutnya masukan 2 lembar daun salam, lengkuas, air dan juga jahe secukupnya.
  • Jangan lupa aduk masakan dan tunggu hingga matang, llau angkat. Selanjutnya panaskan minyak dan goreng bawang merah, serai, daun salam, bumbu giling serta lengkap.
  • Campurkan ke dalam babat yang sudah matang dan balurkan hingga rata, jika sudah tambahkan kecap, garam dan gula.
  • Selanjutnya masak hingga mendidih dengan menambahkan air.
  • Masak dengan memakai api kecil, hingga semua bumbu menyerap dengan sempurna.

2. Lumpia Semarang

Makanan berikutnya yang tidak kalah terkenal adalah lumpia Semarang yang di dalamnya terdapat beberapa isian. Contoh isiannya ada rebung, daging ayam, udang bahkan hingga telur. Pada zaman dahulu lumpia ini dibuat dengan perpaduan cita rasa antara Tionghoa dan Indonesia.

lumpia semarang

Untuk variannya sendiri lumpia pun sangat beragam, seperti lumpia goreng yang renyah di bagian luarnya, lalu lumpia basah dan original. Makanan khas Semarang ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk para wisatawan. Selain itu bahkan ada beberapa varian lumpia yang bisa awet hingga 10 hari.

3. Lapis Legit

Pernah menjadi salah satu pusat pemerintahan Belanda, membuat kota Semarang kental akan budaya Eropa. Hal tersebut bisa terlihat dari salah satu makanan khas Semarang yaitu lapis legit yang terinspirasi dari kue lapis Eropa. Namun yang menjadi pembedanya sudah pasti rempah-rempah dan bumbu asli Indonesia yang digunakan.

lapis legit

Hampir serupa dengan kue lapis pada umumnya, lapis legit pun mempunyai bahan dasar serupa, bedanya diberi kapulaga dan rempah. Setiap adonan yang sudah selesai bisa dimasukkan ke dalam wadah atau Loyang secara bertahap, hingga 18 lapis paling sedikit. Lakukan lapisan terus menerus hingga jumlah yang telah disebutkan sebelumnya.

4. Bandeng Presto

Terkenal akan kota pesisir menjadikan Semarang salah satu penghasil ikan, salah satu olahan dari ikan yang terkenal adalah bandeng presto.

bandeng presto

Menggunakan teknik presto membuat tulang yang ada pada ikan pun menjadi lunak. Tidak hanya itu, ikan bandeng yang telah dipresto pun akan terasa sangat lembut.

5. Soto

Makanan khas Semarang lainnya yang sudah sangat terkenal ada soto Semarang yang berbeda dengan soto di daerah lainnya. Biasanya masyarakat lokal yang bermukim lebih sering menyebutnya dengan soto angkringan, sebab memang dijual di angkringan awalnya. Mempunyai kuah yang bening dengan warna agak sedikit kecoklatan jika dibandingkan dengan soto Kudus.

soto semarang

Beberapa isian yang terdapat di dalamnya pun cukup banyak dan beragam, seperti bihun, tauge, bawang merah, perkedel, dan isian lainnya. Soto menjadi makanan rekomendasi yang perlu dicoba jika mampir atau liburan ke Semarang. Rasanya yang gurih dan kaya akan rempah menjadikannya sangat pas dimakan kapan pun.

6. Nasi Ayam

Berbeda dengan nasi ayam yang ditawarkan oleh daerah lainnya, nasi ayam Semarang sangat unik dan berbeda. Letak dari perbedaanya yaitu pada menu opor kuning yang dipakai untuk disiramkan pada nasi dan lauknya. Rasa gurih yang kental menjadikannya makanan yang satu ini terasa sangat nikmat.

nasi ayam semarang

Selain itu nasi ayam dihidangkan dengan suwiran ayam, krecek, sate hingga urap sayur dan lainnya yang ditambahkan sebagai topping. Makanan ini sangat mudah ditemukan di Semarang, sebab banyaknya pecinta dari makanan tersebut. Menjadi makanan besar yang paling dicari ketika jam istirahat siang, sehingga akan ramai di jam tersebut.

7. Roti Gambang

Nah, Semarang tidak hanya terkenal akan makanan besarnya saja, tetapi juga cemilan, salah satunya ada roti gambang. Masyarakat sekitar biasa menyebutnya dengan roti ganjel rel, namun ternyata roti tersebut mempunyai sejarah yang menarik. Merupakan kuliner roti yang awalnya dijadikan sebagai sarapan wajib oleh orang Belanda pada masanya dulu.

roti gambang semarang

Bentuk dari roti gambang menyerupai bantal rel kereta api sehingga wajar saja jika warga asli menamakannya dengan roti ganjel rel. Mempunyai tekstur yang padat dengan aroma wangi yang berasal dari kayu manis menjadikannya sangat khas. Hadirnya aroma yang sangat khas tersebut membuat siapa pun yang menciumnya akan tergugah.

Itulah beberapa makanan khas Semarang yang bisa ditemui ketika mengunjungi kota yang satu ini. Beragam makanan yang menarik tersebut ternyata banyak juga yang menyimpan sejarah di masa lalu, mengingat Belanda pernah menjadikannya pusat pemerintahan. Setiap makanan yang ditawarkan oleh kota Semarang pun kaya akan rempah yang menjadi ciri khas Indonesia.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download