BlogHome ServiceResep MasakanResep Manisan Belimbing Wuluh Basah
0
0

Resep Manisan Belimbing Wuluh Basah

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas

Des 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Manisan belimbing wuluh adalah permen tradisional Indonesia yang manis dan asam yang terbuat dari belimbing wuluh. Buahnya asam dan pahit, dengan sifat adstringen. Biasanya digunakan dalam hidangan gurih, tetapi juga dapat diolah menjadi permen manis dan asam. Resep manisan belimbuh wuluh basah cukup banyak dicari karena memang rasanya yang segar.

Untuk membuat manisan belimbing wuluh, buahnya terlebih dahulu direndam dalam campuran bubuk kapur dan air untuk menghilangkan sebagian keasamannya. Kemudian buahnya dipotong menjadi irisan tipis dan dimasak dalam sirup yang terbuat dari gula dan air. Permen dimasak hingga buahnya bening dan sirupnya mengental. Kemudian, biarkan dingin dan simpan dalam wadah kedap udara.

Manisan belimbing wuluh memiliki rasa yang unik, manis dan asam. Biasanya disajikan sebagai makanan ringan atau hidangan penutup. Juga dapat digunakan sebagai topping untuk es krim atau yogurt. Jika Pins ingin coba praktek sendiri dirumah membuat manisan belimbing wuluh basah. Berikut ini resep manisan belimbing wuluh basah.

Baca juga: 30 Resep Masakan Rumahan Sederhana dan Murah

Resep Manisan Belimbing Wuluh Basah

resep manisan belimbing wuluh basah
Source : Kenali

Berikut ini cara dan resep manisan belimbing wuluh basah.

Bahan-bahan:

  • 1 kg belimbing wuluh segar, potong kedua ujungnya dan cuci bersih.
  • 1 liter/1.000 ml air.
  • 1/2 sendok makan kapur sirih.
  • 750 gram gula pasir (bagi 3: @250 gram untuk 3 tahap).
  • 500 ml air.

Cara Membuat:

  • Hari pertama buatlah air endapan kapur sirih dengan mencampur 1 liter air dengan kapur sirih. Aduk rata dan diamkan selama 1 hari.
  • Hari kedua rendam belimbing dalam air endapan kapur sirih yang telah jernih. Diamkan selama 1 hari.
  • Hari ketiga angkat dan cuci bersih belimbing dari air rendaman kapur sirih. Tiriskan airnya. Siapkan panci dan masukkan 500 ml air serta 250 gram gula pasir. Masak hingga mendidih dan gula larut. Matikan api. Rendam belimbing dalam larutan gula tersebut dan diamkan selama 1 hari.
  • Hari keempat angkat belimbing dari air rendaman gula. Sisihkan. Siapkan panci bekas rendaman gula dan masukkan 250 gram gula pasir. Masak hingga mendidih dan gula larut. Matikan api. Rendam belimbing dalam larutan gula tersebut dan diamkan selama 1 hari.
  • Hari kelima angkat belimbing dari air rendaman gula. Sisihkan. Siapkan panci bekas rendaman gula dan masukkan 250 gram gula pasir. Masak hingga mendidih dan gula larut. Matikan api. Rendam belimbing dalam larutan gula tersebut dan diamkan selama 1 hari.
  • Hari keenam angkat belimbing dari air rendaman gula dan tiriskan. Siapkan nampan, tampah, atau baki. Tata belimbing di atasnya dan jemur hingga kering selama sekitar 2-3 hari tergantung panasnya matahari. Jangan lupa untuk membalik-belikkan belimbing agar kering merata.
  • Setelah dianggap kering, manisan belimbing wuluh siap dinikmati. Pada hari pertama pengeringan, Pins juga bisa mencicipinya untuk memuaskan rasa ingin tahu. Rasanya seperti kismis, jadi bisa membuat kismis ala-ala dari buah belimbing wuluh yang tersedia, daripada harus membeli. Proses pembuatannya memang memakan waktu yang cukup lama.
  • Jika manisan tidak habis langsung dimakan (tentu saja, sulit sekali memakan semuanya sekaligus), Pins bisa mengiris-irisnya dan menyimpannya dalam toples kedap udara. Manisan belimbing wuluh yang sudah kering bisa digunakan sebagai campuran dalam kue, roti, muffin, cookies, atau sebagai topping. Kreativitas tergantung pada selera dan kreasi Pins.
  • Selamat mencoba! Nikmati manisan belimbing wuluh yang telah Pins buat.
  • Setelah proses pengeringan, satu toples manisan siap dinikmati. Jumlahnya sudah berkurang sejak hari pertama pengeringan karena penasaran dengan rasanya.

Baca juga: 15 Resep Olahan Ayam Kampung yang Sehat dan Bernutrisi

Manfaat Manisan Belimbing Wuluh Basah

resep manisan belimbing wuluh basah
Source : Cookpad

Selain menghadirkan rasa yang unik, manisan belimbing wuluh juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang patut diperhatikan. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat Pins dapatkan dari konsumsi manisan belimbing wuluh:

Antioksidan

Buah belimbing wuluh merupakan sumber antioksidan yang baik. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit.

Sifat Adstringen

Kandungan sifat adstringen dalam belimbing wuluh membantu mengencangkan jaringan tubuh dan mengurangi peradangan. Ini dapat bermanfaat dalam mengatasi gangguan pencernaan dan masalah kulit.

Belimbing wuluh dapat membantu menurunkan tekanan darah. Senyawa yang terkandung dalam buah ini meningkatkan produksi oksida nitrat, yang membantu merelaksasi pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah.

Meningkatkan Pencernaan

Konsumsi manisan belimbing wuluh dapat meningkatkan pencernaan. Buah ini merangsang produksi enzim pencernaan, yang membantu mengurai makanan dengan lebih efisien.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Belimbing wuluh mengandung zat-zat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatkan produksi sel darah putih, buah ini membantu melawan infeksi dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Tidak hanya enak dan bergizi, manisan belimbing wuluh juga memiliki fleksibilitas dalam penyajiannya. Selain bisa disantap sebagai camilan, manisan ini juga dapat digunakan sebagai topping untuk es krim atau yogurt, memberikan sentuhan manis dan asam yang menarik.

Jadi, jika Pins mencari camilan tradisional Indonesia yang lezat dan memberikan manfaat kesehatan, resep manisan belimbing wuluh adalah pilihan yang tepat. Coba nikmati kelezatannya sekaligus manfaat kesehatan yang diberikannya.

Baca juga: 

Featured image source: Best Recipe


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download