BlogLifestyleHobiBiografi Rony Gunawan
0
0

Biografi Rony Gunawan

Dipublikasikan oleh Aulia Ramadhanti

Apr 10, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
rony gunawantop-right-banner

Biografi Rony Gunawan – Sebagaimana Michael Jordan menjadi pemain legenda bola basket dunia, Indonesia juga punya pemain legenda bola basket dunia dengan karir cemerlang, yaitu Rony Gunawan.

Nah, kalo Anda ingin tahu bagaimana karir Rony Gunawan dalam dunia bola basket, yuk simak biografi Rony Gunawan dan profil lengkapnya di artikel ini.

Baca juga: Cara Bermain Bola Basket dengan Baik dan Benar

Profil & Biografi Rony Gunawan

Sumber: iblindonesia.com

Rony Gunawan adalah salah seorang pemain basket putra nasional Indonesia yang tergabung dalam IBL. Pria yang akrab di sapa Aconk ini lahir di Samarinda, Kalimantan Timur pada hari Rabu tanggal 20 Agustus 1980.

Rony sudah bermain bola basket sejak SMA. Ketika itu, ia di ajak oleh teman-temannya untuk mengikuti turnamen basket antar kelas.

Setelah ia menemukan kecocokan dalam hobinya, ia kemudian mulai bergabung dengan lokal Abadi Samarinda. Saat itu, anak kedua dari empat saudara ini terpilih untuk bermain di Popda Samarinda.

Setelah lulus SMA, Rony mendapatkan beasiswa untuk berkuliah di Surabaya. Di masa kulianya itu, Cahaya Lestari Surabaya merekrut Rony menjadi salah satu pemain bola basket di sana selama satu tahun.

Mulai tahun 1999 pemain yang memiliki nomor punggung 32 ini memulai bermain basket di Kobatama. Saat ini tim CLS yang bersama Rony berhasil masuk dalam jajaran Big Four Kobatama. Karena kelihaian dalam bermain basket, Rony akhirnya di ajak masuk ke klub Satria Muda Britama. Akan tetapi, Rony memutuskan untuk gabung ke klub tersebut dua tahun setelahnya.

Pertama kali ia ikutan turnamen bersama Satria Muda Britama, ia berhasil mendapatkan juara IBL cup setelah Aspac Putra Riau kalah. Pada pertandingan tersebut juga, ia mendapatkan gelar MVP.

Pada musim berikutnya, klub yang di bawa Rony berhasil kembali mendapatkan juara IBL. Akhirnya Rony di pilih untuk menjadi timnas di kompetisi SEA GAMES 2005, 2007 dan terakhir 2011.

Ketika SEA GAMES 2007, tim nasional bola basket memberikan medali perak untuk Indonesia. Pada ajang  SEA GAMES 2011, indonesia hanya mampu masuk ke babak semifinal. Walaupun seperti itu, karir Rony terus naik. Terbukti bahwa ia telah memperkuat tim nasioal Indonesia dalam kompetisi Asia 2005 dan 2007.

Baca juga: Tim Bola Basket Indonesia yang Masuk IBL

1. Pendidikan Rony Gunawan

Rony Gunawan termasuk sosok penganut katolik yang taat. Ia pernah menempuh pendidikan sekolah dasar di Katolik WR Supratman, Samarinda pada tahun 1986. Kemudian ia melanjutkan pendidikan di SLTP Katolik WR Supratman, Samarinda pada tahun 1992.

Setelah itu, ia memilih jenjang sekolah menengah atas di SMA Katolik WR Supratman, Samarinda pada tahun 1995. Dan karena prestasi bola basket yang luar biasa dari salah satu pemain ini. Akhirnya ia mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Universitas Surabaya pada tahun 1998.

2. Karir Profesional

Rony telah banyak mendapatkan prestasi semenjak bermain di CLS Knights Surabaya. Kemudian ia lanjut bermain di Satria Muda Jakarta. Selain itu, masih ada berbagai prestasi-prestasi individual yang kerap ia dapatkan seperti MVP IBL turnamen pada tahun 2007. Kemudian NBL 6th Man Award tahun 2015 dan NBL top Center pada tahun 2010, 2013 dan 2014.

Baca juga: 10 Pemain Legenda Bola Basket Terbaik di Dunia

3. Masa Pensiun

Setelah berkarir di dunia basket dengan team Satria Muda yang membuat namanya kian populer, Rony akhirnya memutuskan pensiun dari dunia bola basket di usia 36 tahun.

Namun setelah ia menyatakan pensiun dari bermain basketnya, ia mendapatkan tanggung jawab baru di Klub Satria Muda Pertamina.

Pemain legenda Indonesia ini telah ditunjuk menjadi Vice President PT Indonesia Sport Venture, yakni salah satu badan hukum yang membawahi tim Satria Muda Pertamina.

Rony ditunjuk oleh pemilik klub tersebut, Erick Thohir dalam memberikan ulasan atas kinerja pelatih maupun pemain. Dan apabila ada yang harus diperbaiki, maka Rony bertugas untuk memberi masukan kepada mereka. Selain itu, Rony juga ditugaskan untuk menjadi juru bicara dan duta tim satria muda pertamida untuk sponsor dan Media.

Nah itulah dia artikel yang tentang biografi Rony Gunawan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda mengenai berbagai sosok pemain basket legendaris di Indonesia. Salam olahraga!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source feat image: viva.co.id

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download