BlogLifestyleEdukasiApa itu Screed Lantai? Kenali Pengertian, Jenis dan Cara Merawatnya
0
0

Apa itu Screed Lantai? Kenali Pengertian, Jenis dan Cara Merawatnya

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Agu 8, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Ilustrasi screed lantai.top-right-banner

Apakah Kamu tahu apa itu screed lantai? Screed lantai adalah elemen krusial dalam perlindungan lantai rumah atau bangunan.

Proses pemasangannya memastikan permukaan lantai rata, tahan air, dan bebas retak. Biasanya terbuat dari campuran semen, pasir, dan air, screed diaplikasikan sebelum menempatkan lantai akhir seperti keramik atau vinyl.

Namun untuk memasang elemen yang satu ini di rumah eksklusif, Kamu perlu mengetahui jenis dan juga cara merawatnya. Terlebih lagi jika Kamu ingin menggunakannya di rumah second di Jaksel atau rumah baru seperti Griya Parama.

Pastikan juga Kamu mengunjungi PinValue untuk informasi  iklan jual rumah tanpa perantara yang berkualitas. Melalui Pinhome, Kamu juga bisa mendapatkan informasi perumahan di Jakarta Timur dengan harga terjangkau serta Simulasi KPR-nya.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai Paling Mudah

Apa Itu Screed Lantai?

Contoh pengerjaan screed lantai.
Source : Freepik

Screed adalah suatu komponen penting dalam konstruksi bangunan yang bertujuan untuk menciptakan permukaan datar dan rata sebelum pemasangan lapisan lantai utama seperti ubin, keramik, atau karpet. Penyemprotan lantai merupakan bagian dari langkah persiapan yang kritis untuk memastikan kualitas lantai akhir yang baik.

Teknik ini telah digunakan selama berabad-abad dan telah mengalami banyak perbaikan dan inovasi seiring perkembangan teknologi dan material. Proses tradisional dari hal ini melibatkan campuran semen, pasir, dan air yang diaplikasikan secara manual dan diratakan dengan menggunakan alat sederhana seperti papan kayu atau kawat.

Namun, saat ini, telah dikembangkan variasi modern screed, termasuk penggunaan screed berbasis serat dan teknologi cetak beton yang semakin canggih. Penyemprotan lantai sangat penting karena menyediakan permukaan yang rata dan datar, membantu mengurangi ketidakrataan dan ketidaksempurnaan yang mungkin ada pada struktur dasar lantai.

Selain itu, screed juga membantu dalam distribusi beban yang merata dan memperkuat struktur lantai secara keseluruhan. Hal ini mengurangi risiko retak dan deformasi yang dapat terjadi seiring waktu karena beban dan perubahan suhu.

Teknologi modern telah membawa kemajuan besar dalam efisiensi dan kualitas penyemprotan lantai. Penggunaan screed berbasis serat telah memungkinkan untuk pengurangan retak dan pengerutan, meningkatkan ketahanan terhadap guncangan fisik, dan mempercepat proses pengerjaan.

Dalam beberapa kasus, pemanasan lantai juga diintegrasikan ke dalam screed untuk memberikan sistem pemanas lantai yang efisien.

Baca juga: Tips Memilih Keramik untuk Lantai yang Baik dan Sesuai

Jenis-Jenis Screed Lantai

Finishing screed lantai.
Source : Freepik

Berikut ini adalah jenis-jenis dari screed lantai yang perlu Kamu ketahui:

1. Screed Polimer

Screed lantai ini terbuat dari campuran semen, pasir, dan polimer sintetik. Tujuan penggunaan pelapisan ini adalah untuk meningkatkan kekuatan lantai.

Screed jenis ini biasanya digunakan di pabrik-pabrik yang memerlukan alas yang kuat dan keras. Meskipun begitu, jenis screed ini juga dapat diterapkan pada bangunan rumah.

2. Screed Lantai Beton

Screed beton merupakan jenis pelapisan yang paling umum digunakan. Setelah diaplikasikan, screed beton memerlukan waktu sekitar 28 hari untuk mengering sempurna dan siap digunakan.

Untuk mengaplikasikannya dengan baik, diperlukan tukang atau jasa floor hardener yang handal agar hasil screed bagus dan tahan lama. Dalam pengerjaannya, floor hardener akan menggunakan mesin untuk mencapai hasil yang maksimal.

3. Screed Epoxy

Jika menginginkan hasil lantai yang licin dan mengkilap, jenis screed lantai ini adalah pilihan yang tepat. Biasanya digunakan di pabrik-pabrik, namun juga dapat mengaplikasikan epoxy lantai di rumah.

Kelebihan jenis screed ini adalah tahan lama, bahan materialnya kuat, pemasangannya cepat, meningkatkan keindahan rumah, dan tahan terhadap reaksi bahan kimia. Tidak mengherankan bila banyak pabrik yang memilih jenis screed ini.

4. Screed Lantai Anhidrit

Jenis screed lantai ini paling sering digunakan di bangunan komersial, seperti bandara, hotel, mal, dan sebagainya. Kelebihan pelapisan ini adalah kemudahan dalam penerapannya dan kemampuannya untuk mempercantik tampilan lantai bangunan.

Namun, perlu diingat bahwa jenis screed ini tidak cocok diterapkan pada ruangan lembap atau yang sering terkena air, seperti kamar mandi.

5. Screed Campuran

Sesuai dengan namanya, jenis screed lantai ini terbuat dari campuran bahan, yaitu additif, semen, filler, dan pasir silika. Cara penggunaannya pun cukup mudah.

Kamu hanya perlu mencampur bahan screed dengan air lalu aduk hingga merata. Jenis pelapisan ini cocok digunakan sebagai perata lantai dan penambah ketinggian lantai sebelum pemasangan keramik.

Baca juga: Rekomendasi 7 Warna Keramik Lantai Terbaru 2023

Bagaimana Cara Merawatnya?

Pemasangan keramik setelah screed lantai.
Source : Freepik

Merawat screed lantai merupakan langkah penting dalam menjaga kualitas dan daya tahan lantai. Dengan merawatnya, akan memastikan lantai tetap kokoh dan tahan lama, sehingga mengurangi biaya perawatan jangka panjang.

Pertama-tama, pastikan screed lantai sudah benar-benar kering sebelum melakukan langkah perawatan. Proses pengeringan memerlukan waktu minimal satu minggu, tergantung ketebalan dan kondisi lingkungan.

Jangan tergesa-gesa mengaplikasikan lapisan finishing sebelum screed benar-benar kering, karena hal ini dapat menyebabkan retak dan mengurangi kualitas lantai. Ketika screed telah kering, bersihkan permukaannya secara rutin.

Hindari penggunaan bahan pembersih keras yang mengandung asam atau bahan abrasif, karena dapat merusak lapisan permukaan screed. Gunakanlah pembersih lembut dan netral yang aman untuk jenis lantai ini.

Selain itu, lindungi screed dari goresan atau benturan yang bisa merusak permukaannya. Tempatkan alas kaki di dekat pintu masuk atau area dengan risiko tinggi terjadinya goresan.

Untuk melindungi screed dari kelembapan dan bocor, pastikan sistem drainase berfungsi dengan baik dan segera perbaiki jika ada tanda-tanda bocor. Kelembapan berlebih dapat merusak screed dan menyebabkan pertumbuhan jamur atau bakteri.

Terakhir, gunakanlah lapisan pelindung seperti sealant untuk meningkatkan ketahanan screed lantai terhadap noda dan keausan. Sealer membentuk lapisan pelindung yang mencegah penetrasi cairan atau kotoran ke dalam pori-pori screed.

Itulah berbagai hal tentang screed lantai yang perlu Kamu ketahui sebelum mengaplikasikannya. Pastikan berkonsultasi ke profesional agar rumahmu menjadi lebih indah.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download