BlogLifestyleHobi15 Rekomendasi Senar Raket Badminton Terbaik dan Tips Memilih
0
0

15 Rekomendasi Senar Raket Badminton Terbaik dan Tips Memilih

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Okt 6, 2023

13 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Menentukan spesifikasi senar raket badminton sangatlah penting agar pukulan yang dihasilkan bisa maksimal. Senar raket juga bisa disesuaikan dengan tipe permainan yang ingin diterapkan. Lantas, apa saja spesifikasi dan merk senar raket badminton terbaik?

Sebelum membahasnya lebih jauh terkait senar raket, mungkin Pins kebetulan sedang mencari informasi terkait perumahan?Jika iya coba segera unduh aplikasi Pinhome yang memiliki aneka fitur seperti Program KPR Bank. Dengan program ini kamu bisa mewujudkan rumah impianmu. Misalnya rumah bekas di Bogor seperti Paradise Serpong City 2 ataupun perumahan baru di Kabupaten Bekasi.

Jenis Senar Raket Badminton

Source : Pxfuel

Pins perlu tahu bahwa bermain bulutangkis dengan tipikal menyerang ataupun bertahan perlu dilakukan penyesuaian pada senarnya, sehingga akurasi pukulan yang dihasilkan bisa terjaga. Hal yang sama juga berlaku bagi pemain pemula maupun terlatih. Untuk itu perlu memahami bahan senar terbaik yang cocok untuk tipe permainanmu.

1. Senar Nylon

Jenis senar ini cocok sekali bagi pemain pemula yang baru mengembangkan teknik mereka. Harganya sangat terjangkau serta memiliki daya tahan tinggi. Memakai senar nylon akan lebih awet dan mampu menangkis pukulan lawan lebih baik.

2. Senar Multifilamen

Bahannya terbuat dari serat halus yang dijalin menjadi beberapa lapisan. Lapisan yang berlapis ini menawarkan kontrol, kombinasi daya dan getaran lebih baik daripada senar nylon. Sayangnya harga dari senar multifilamen cenderung lebih mahal.

3. Senar Serat Karbon

Pemain bulutangkis senior kadang juga menggunakan senar serat karbon. Keunggulannya adalah lebih kuat dan elastis. Dampaknya lebih banyak daya dan kontrol sehingga performa menangkis lebih baik.

Baca juga: Peraturan Permainan Bulu Tangkis

Tips Memilih Senar Raket Badminton Terbaik

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih senar raket yang cocok untuk dipakai. Jika sampai salah dalam memilihnya, tentu akan berpengaruh pada permainan di lapangan. Entah itu pukulannya yang terlalu keras sehingga mudah out, atau terlalu lemah sehingga sering mengenai net.

Apalagi saat kondisi angin di lapangan sedang mengarah ke lawan, tentu pukulan yang tidak terlalu keras saja bisa membawa shuttlecock terlalu jauh dan menghasilkan pukulan out. Begitu juga sebaliknya. Oleh karena itulah penyesuaian senar pada raket sangat perlu dilakukan.

Jika Pins hanya sesekali saja bermain bulu tangkis dengan teman atau keluarga, tidak masalah menggunakan spesifikasi senar seadanya. Namun jika Pins sudah mulai menekuni olahraga badminton, sebaiknya ikuti beberapa tips memilih senar raket badminton terbaik berikut ini:

1. Tentukan Tinggi atau Rendahnya Tarikan Senar

Source : Pxhere

Salah satu hal yang berpengaruh terhadap kuat lemahnya pukulan shuttlecock adalah dari tingkat kekencangan atau tarikan pada raket yang digunakan. Semakin tinggi tarikan senar tersebut akan membuatnya menjadi keras, sehingga efek pantulannya sedikit berkurang.

Akibatnya, pemain dengan senar raket yang tarikannya tinggi membutuhkan power yang lebih banyak untuk memukul shuttlecock ke belakang bidang lawan. Selain itu, bagian pergelangan tangan dan juga lengan butuh usaha yang lebih berat untuk mengayunkan pukulan.

Kelebihan dari tarikan senar yang tinggi adalah shuttlecock jadi mudah untuk dikontrol. Sementara tarikan senar yang lebih rendah akan menambah power pukulan, tetapi mengurangi akurasinya. Untuk itu, bagi Pins yang baru mulai menekuni bulu tangkis, sebaiknya gunakan tarikan rendah.

Standar Tarikan Senar pada Raket Badminton:

Berikut ini adalah standar tarikan senar yang umum diterapkan pada raket badminton sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan:

  • Pemula

Raket untuk pemula biasanya memiliki tarikan 18 – 22 lbs. Tarikan senar ini memiliki sifat pukulan dengan power tinggi sehingga Pins tidak butuh tenaga yang besar untuk memukul bola jauh ke belakang. Pergelangan tangan juga tidak begitu terbebani dan tidak mudah capek.

Kekurangannya adalah pada keakuratan dan juga kontrol bola yang tidak maksimal. Pins harus menyesuaikan power pukulan agar shuttlecock tidak mudah out. Sangat cocok digunakan untuk mereka yang baru memulai badminton dan pukulannya masih belum maksimal.

  • Menengah

Di tingkat menengah, raket yang digunakan biasanya memiliki tarikan 22 – 24 lbs. Dari segi power, raket dengan tarikan senar ini memiliki power yang sedikit berkurang dibanding tarikan sebelumnya, tetapi kontrol dan keakuratannya meningkat.

Gunakan tarikan senar raket ini jika Pins sudah cukup mahir bermain bulu tangkis. Kalangan profesional juga menggunakan tarikan senar ini jika gaya bermainnya adalah menjurus pada power yang biasanya berposisi sebagai pemain belakang (smasher).

  • Mahir

Untuk Pins yang sudah pro atau mahir, tarikan senar lebih dari 25 lbs akan sangat cocok untuk digunakan. Pasalnya, power pukulan yang dihasilkan berasal dari ayunan tangan dan juga pergelangan yang sudah kuat dan terlatih.

Di samping itu, tarikan ini memiliki keakuratan yang sangat baik. Cocok untuk seorang playmaker atau pemain depan yang bisa mengatur tempo permainan dengan bermain net, atau membuat lawan kebingungan dengan penempatan-penempatan bola yang akurat.

Baca juga: 5 Tips Memperkuat Teknik Smash Pada Bulu Tangkis

2. Tentukan Jumlah Simpulnya

Source : ProductNations

Dalam metode pemasangan senar raket, ada beberapa simpul yang bisa diterapkan. Hal ini berpengaruh pada kualitas pukulan yang dihasilkan dan juga keawetan dari raket itu sendiri. Berikut ini adalah penerapan simpul pada saat pemasangan raket:

2 Simpul

  • Penyenaran dengan 2 simpul dapat diterapkan pada sisi atas 1, dan sisi bawah 1.
  • Penyenaran dengan 2 simpul merupakan penyenaran yang paling banyak digunakan karena proses pengerjaannya yang cepat.
  • Kelebihan dari penyenaran 2 simpul ini adalah senar tidak akan mudah putus.
  • Kelemahannya adalah senar akan mudah kendor jika digunakan terlalu sering, terutama untuk pukulan-pukulan keras (smash, lob).
  • Selain itu, tekanan pada frame tidak tersebar secara merata sehingga pemain harus bisa memukul shuttlecock pada bidang yang tepat.

4 Simpul

  • Penyenaran dengan 4 simpul, letaknya adalah 1 simpul di atas, dan 3 simpul di bawah.
  • Dengan pembuatan simpul yang lebih banyak, tentu proses penyenarannya lebih lama.
  • Tekanan pada frame lebih merata karena terdapat 4 simpul yang dapat menahan pergeseran senar.
  • Rawan putus, terutama saat digunakan untuk melakukan pukulan smash berulang kali.

3. Sesuaikan dengan Tipe Permainan

Source : Pxhere

Tipe permainan yang berbeda juga membutuhkan tarikan senar yang berbeda pula sehingga penerapan strategi pukulan bisa dioptimalkan. Ada beberapa tipe permainan yang perlu Pins ketahui agar raket yang digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut adalah beberapa tipe permainan dalam olahraga bulutangkis:

  • Power Player

Tipe permainan power player akan mengandalkan pukulan-pukulan keras untuk mematikan lawan sehingga dibutuhkan raket dengan tarikan senar yang menunjang. Pemain dengan tipe ini biasanya berposisi di belakang dan siap untuk mengeksekusi bola-bola atas yang dikembalikan oleh lawan.

Agar perannya maksimal, tarikan senar yang dibutuhkan oleh tipikal power player adalah 22 – 24 lbs, yaitu raket dengan pukulan yang keras. Meski begitu, akurasi pada senar dengan tarikan ini sedikit mengalami penurunan dibanding tarikan di atasnya sehingga butuh kontrol yang ekstra.

  • Control Player

Control player adalah tipikal pemain yang mengedepankan strategi penempatan bola untuk mengecoh lawan. Oleh karena itu, dibutuhkan raket dengan tarikan senar yang tinggi untuk bisa menjalankan strateginya. Biasanya pemain akan memilih tarikan senar raket di atas 25 lbs.

Dengan akurasi yang tinggi, shuttlecock akan lebih mudah ditempatkan sekalipun itu di bagian garis batas. Selain itu, perhatikan juga senar badminton terbaik yang akan digunakan karena beberapa di antaranya memiliki karakteristik yang berbeda sehingga dapat berpengaruh pada kenyamanan.

  • Defense

Bermain bertahan dalam olahraga badminton dilakukan dengan posisi mengantisipasi datangnya smash dari lawan. Selain itu, pola pengembalian bola juga harus diperhatikan agar tidak terjadi bola tanggung. Pola permainan ini biasanya digunakan untuk menguras stamina lawan.

Nantinya, ketika lawan sudah mengurangi pukulan smash-nya, Pins bisa melakukan serangan balik dengan melakukan pengembalian tajam ke bidang permainannya. Tarikan senar yang cocok untuk gaya seperti ini adalah 27 – 28 lbs.

  • Offense

Cara bermain menyerang sangat cocok dengan tipe pemain power (power player). Pukulan andalannya adalah smash dan juga dropshot tajam. Tarikan senar yang dibutuhkan untuk menerapkan tipe bermain seperti ini adalah sekitar 22 – 25 lbs.

Selain itu, perhatikan juga dalam memilih merk senar raket badminton terbaik. Pastikan karakteristiknya sudah sesuai dengan apa yang Pins inginkan. Agar tetap mendapatkan poin, jangan terlalu sering melakukan smash di sebelah garis karena akurasinya yang sedikit berkurang.

Baca juga: Sejarah dan Perkembangan Bola Basket di Dunia

Rekomendasi Senar Raket Badminton Terbaik

Setelah Pins mengetahui beberapa informasi dasar tentang jenis-jenis tarikan senar raket dan juga tipe-tipe permainan yang bisa diterapkan, berikut ini adalah 15 rekomendasi senar raket badminton yang Pinhome rekomendasikan:

1. Yonex Aerobite

Yonex Aerobite
Source : Yonex

Rekomendasi senar yang pertama datang dari salah satu merk senar raket terbaik di dunia, yaitu Yonex. Kali ini Yonex mengeluarkan senar raket dengan seri Yonex Aerobite. Senar ini merupakan senar hybrid combo pertama dari mereka yang menerapkan heavy spin untuk memotong smash.

Dengan begitu, senar ini akan menghasilkan sentuhan yang kuat saat menerima bola tajam ke bawah, sehingga Pins dapat mengembalikan bola dengan baik tanpa harus memberikan dorongan yang kuat. Senar raket badminton terbaik ini cocok untuk tipe pemain power dan juga control.

  • Play Style: Power, Control
  • Material: High Polymer Braided Nylon, Multifilament Structure Mains: High-Intensity Nylon, Polyurethane Coating Crosses: High-Intensity Nylon.
  • Warna: Campur Merah dan Putih.
  • Diameter: Mains: 0.67 mm – Crosses: 0.61 mm
  • Harga: Rp100.000

2. Li-Ning No. 1

Li Ning No. 1
Source : Li Ning

Jika Pins mencari senar badminton terbaik selain Yonex, maka Li-Ning adalah salah satu pilihannya. Pada daftar senar raket badminton yang Pinhome rekomendasikan kali ini, Li-Ning menyuguhkan senar berukuran 0.65 mm bertajuk Li-Ning No. 1.

Senar raket ini dirancang untuk para pemain yang menginginkan power tinggi pada setiap pukulannya. Hal itu berkat high repulsion power yang ada padanya mampu menghasilkan pantulan shuttlecock bertenaga sekaligus memberikan efek suara pukulan yang jernih.

  • Play Style: Power
  • Fitur: High repulsion power with clear hit sound
  • Material: Heat-resistant & high intensity nylon multifilament.
  • Diameter: 0.65 mm
  • Warna: Putih, Kuning, Hitam.
  • Harga: Rp89.800

3. Yonex Nanogy 98

Yonex Nanogy 98
Source : Yonex

Senar raket badminton terbaik berikutnya kembali datang dari merk Yonex. Kali ini ada Yonex Nanogy 98 yang memiliki material Multifilament/CS Carbon Nanotube di dalamnya. Senar yang sangat cocok digunakan untuk Pins yang memiliki pola permainan power dan juga netting.

Pukulan lob akan terasa maksimal dengan penggunaan senar ini yang ditambah dengan tarikan antara 24 – 26 lbs. Dengan kombinasi permainan net dan lob yang baik, maka akan menghasilkan pola pertahanan yang sulit ditembus oleh lawan.

  • Play Style: Power, Defense
  • Fitur: Great repulsion for high clear and defensive shots
  • Material: Multifilament / CS Carbon Nanotube.
  • Diameter: 0.66 mm
  • Warna: Silver, Gold, Blue.
  • Harga: Rp154.900

4. Yonex Nanogy 99

Yonex Nanogy 99
Source : Yonex

Selain Yonex Nanogy 98, Yonex juga memiliki seri Nanogy 99 yang juga bisa Pins pilih sebagai senar raket badminton terbaik berikutnya. Senar yang terbuat dari serat kasar milik Yonex dan juga nylon khusus ini memiliki kemampuan mengontrol bola yang sangat baik.

Terlebih pada saat melakukan netting tipis, nylon khusus ini mampu meningkatkan putaran pada shuttlecock saat beradu net dengan lawan, baik saat memulai pukulan net maupun memotong bola net dari lawan. Sangat cocok untuk tipikal control player.

  • Play Style: Control
  • Material: High-Intensity Multifilament Nylon.
  • Diameter: 0.69 mm
  • Harga: Rp165.000

Baca juga: 11 Teknik Dasar Bulu Tangkis yang Harus Kamu Ketahui

5. Yonex BG 66 Force

Yonex BG 66 Force
Source : Yonex

Senar ini adalah salah satu seri senar raket yang masih sangat diminati hingga kini. Dengan power yang tinggi ditambah efek suara yang menggelegar saat pukulan keras dilayangkan membuat senar ini mampu memicu adrenalin saat bertanding. Cocok untuk tipe pemain power.

Salah satu senar raket badminton terbaik dari Yonex ini memiliki high repulsion dan juga control yang sama baiknya, sehingga bisa juga digunakan untuk menguasai pertandingan dengan kontrol bola yang akurat. Patut dicoba untuk menjalani berbagai pertandingan yang akan Pins lakoni.

  • Play Style: Power, Control
  • Fitur: Great repulsion and clear hit sound
  • Material: High Polymer Multifilament Nylon.
  • Diameter: 0.65 mm
  • Harga: Rp4.700 – Rp18.000

6. Ashaway Zymax 62 Fire

Ashaway Zymax 62 Fire
Source : Ashaway

Daftar senar raket terbaik berikutnya diisi oleh Ashaway Zymax 62 Fire yang sangat cocok untuk pemain dengan tipe bertahan. Senar ini dirancang untuk mengoptimalkan kekuatan pukulan sampai ke garis belakang bidang permainan lawan sekaligus memberikan kontrol bola yang cukup baik

Ukuran senar dari Ashaway Zymax 62 Fire lebih tipis dari rata-rata senar milik Yonex dengan diameter yang hanya 0,62 mm saja. Meski begitu, repulsion yang dihasilkan oleh senar ini cukup tinggi sehingga bisa memaksimalkan pertahanan Pins saat bertanding.

  • Play Style: Defense
  • Fitur: High repulsion, Excellent control
  • Material: Proprietary BETA Polymer Microfilaments, Proprietary BETA Polymer ZyWeaVeTM Core
  • Diameter: 0.62 mm
  • Harga: Rp75.000

7. Yonex BG 80

Yonex BG 80
Source : Yonex

Masih dari Yonex, kali ini seri yang kami rekomendasikan adalah Yonex BG 80. Seri yang juga sering digunakan oleh para atlet profesional karena fitur solid feeling yang ada padanya, sehingga kualitas smash yang dihasilkan tidak hanya keras tetapi juga akurat.

Jika Pins merupakan tipikal pemain yang mengandalkan power atau kekuatan pukulan, maka senar ini sangat cocok untuk digunakan. Gunakan tarikan mulai dari 22 sampai dengan 25 lbs untuk hasil yang maksimal. Rasakan kualitas senar raket Yonex terbaik satu ini di setiap pertandingan.

  • Play Style: Offense, Power
  • Fitur: High repulsion, Excellent control
  • Material: high-intensity nylon Multifilament and high-modulus Vectran
  • Diameter: 0.68 mm
  • Harga: Rp109.000

8. Yonex BG 65Ti

Yonex BG 65Ti
Source : Yonex

Masih dari senar raket badminton Yonex terbaik, kali ada Yonex BG 65 Titanium (Ti). Bukan Yonex namanya jika tidak memiliki varian senar untuk berbagai tipe pemain. Di seri ini, senar yang mereka buat dirancang khusus untuk mereka yang memiliki jenis permainan bertahan.

Dengan material hydro titanium di dalamnya, senar ini dapat digunakan secara maksimal. Daya tahannya yang tinggi membuatnya tidak mudah putus meskipun digunakan untuk pukulan-pukulan keras seperti lob, drive, dll.

  • Play Style: Defense
  • Material: Multifilament / Hydro Titanium.
  • Diameter: 0.70 mm
  • Harga: Rp177.000

Baca juga: Pengertian dan Sejarah Tenis Meja, Lengkap dengan Teknik Bermainnya

9. HiQua Senar Super Micro 66

Source : Tokopedia

Senar raketnya memiliki ketebalan 0.66 mm atau 22 GA. Panjang senar HiQua mencapai 10 meter atau 33 feet dengan tarikan senar maksimal 36 lbs. Warnanya beragam mulai dari ungu, biru, merah, kuning, hitam , dan putih. HiQua Senar Super Micro 66 menawarkan kekuatan dan kontrol lebih baik.

  • Material : Nylon multifilament
  • Varian warna : ungu, biru, merah, kuning, hitam , dan putih
  • Ketebalan : 0,66mm
  • Panjang : 10m
  • Harga: Rp33.000

10. Toalson Ion 65

Source : Tokopedia

Kelebihan dari senar raket ini adalah memiliki lapisan khusus di bagian luarnya. Ketika disentuh terdapat sensasi lembut namun tetap memiliki cengkraman yang memadai. Toalson Ion 65 diperuntukan untuk pemain pemula yang didukung oleh pantulan luar biasa.

Gauge yang dimilikinya sekitar 0.65 mm dan panjang 10 m. Inti pusatnya berbahan multifilamen nylon ultra tipis yang elastis tinggi dengan teknologi pengerjaan khusus berpintal. Tak heran bila senar ini cukup populer di kalangan pemain bulutangkis.

  • Original Gauge: 0.65mm
  • Length: 10.0m
  • Bahan: multifilamen nylon ultra
  • Color: white, black, navy blue, yellow, red, tosca, cyan, orange
  • Harga: Rp49.000

11. Kizuna D61 Duratech Gauge

Source : Tokopedia

Bahan kualitasnya tinggi dan asli buatan Jepang. Keunggulannya adalah daya tahan luar biasa dengan kekuatan yang menghancurkan. Ketebalannya sekitar 0.61mm dan memberikan perasaan keras ketika digunakan.

Bahannya terbuat dari High Strength Nylon Multifilament dan bahan High Polymer. Inovasi teknologi yang digunakannya adalah memakai resin terbaik dan desain warna lurik yang unik. Senarnya memberikan tenaga terbaik ketika kamu menggunakannya.

  • Material : High Strength Nylon Multifilament dan bahan High Polymer
  • Varian warna : Orange, Biru, Merah, Hijau dan Putih
  • Ketebalan : 0,61mm
  • Panjang : 10m
  • Harga: Rp85.000

12. Victor VBS 66 Nano

Source : Tokopedia

Senarnya memberikan perasaan moderat dan elastisitas tinggi. Warna pilihan dari Victor VBS 66 Nano sangat beragam dan lebih banyak daripada merek lainnya. Keunggulannya adalah memberikan pengendalian kecepatan dan berbahan nylon berkualitas. Spesifikasi untuk senar badminton dari merek ini antara lain adalah:

  • Material : Nylon
  • Varian warna : Putih, biru, hitam, kuning, hijau terang, ceri bunga, biru muda, oranye, lavender, hijau patina, pink, dan merah muda
  • Ketebalan : 0,66mm
  • Panjang : 10m
  • Harga: Rp100.000

13. Apacs Z-Ziggler Pro LHI 66

Source : Tokopedia

Pembuatan senar badminton Apacs sangat istimewa karena melalui proses Quad Core Fibre Wraps. Bahannya terbuat dari nylon multi filament dengan struktur anyaman sehingga performanya luar biasa.

Rentang tegangannya antara 26-30 lbs dan ketebalan 0.66 mm dan panjangnya 10m. Daya pukulnya, kecepatan serta kontrolnya lumayan tinggi sehingga mendukung permainanmu.

  • Material : Nylon multi filament
  • Varian warna : Putih
  • Ketebalan : 0,66mm
  • Panjang : 10m
  • Harga: Rp50.000

Baca juga:

14. Ashaway Zymax 70

Source : Tokopedia

Ketebalan Ashaway Zymax 70 mencapai 0.70 mm x 10m. Senar ini buatan Amerika Serikat yang mendukung daya pukul dan pukulan keras tinggi. Warna senarnya ada merah dan putih yang meningkatkan performa dalam permainan badminton.

  • Varian warna : Putih dan Merah
  • Ketebalan : 0,70mm
  • Panjang : 10m
  • Harga: Rp150.000

15. Maxima Edge 66 Boost

Source : Tokopedia

Panjang senarnya memiliki 10 meter atau 33 feet. Bahannya terdiri atas synthetic multifilament yang mempunyai tahan intensitas tinggi. Bagian lapisan luar terdiri atas serat sintetis yang dianyam secara khusus. Kombinasi daya dan kontrolnya mampu meningkatkan performa permainan.

  • Bahan : Synthetic multifilament
  • Ketebalan : 0,66mm
  • Panjang : 10m
  • Harga: Rp30.000

Itulah dia 15 rekomendasi senar raket badminton terbaik yang bisa Pins gunakan untuk bermain. Silakan pilih senar sesuai dengan gaya bermain Pins saat bertanding. Sesuaikan juga kekuatan tarikan senar pada raket agar pukulan yang dihasilkan bisa optimal.

Feature Image Source: Pxfuel


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cimanggis Golf Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download