BlogLifestyleMengenal Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, serta Contohnya
0
0

Mengenal Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, serta Contohnya

Dipublikasikan oleh Devi Nuraini Amalia dan Diperbarui oleh Markus Yohannes

Jul 7, 2023

10 menit membaca

Copied to clipboard
seni lukistop-right-banner

Pinhome – Seni merupakan segala sesuatu ciptaan manusia yang mempunyai unsur keindahan dan membangkitkan perasaan bahagia kepada orang lain. Dalam seni sendiri banyak sekali cabangnya, salah satunya adalah seni rupa, yakni seni rupa murni.

Pada dasarnya seni rupa di bagi menjadi dua yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa terapan merupakan sebuah hasil atau bentuk karya seni rupa yang meninggikan fungsi praktis atau guna tanpa menghilangkan sisi keindahan dari seni tersebut.

Sementara itu, pengertian seni rupa murni berkebalikan dari seni rupa terapan. Simak ulasan lengkap mengenai seni rupa murni, mulai dari pengertian, fungsi, hingga contoh-contohnya di bawah ini!

Pengertian Seni Rupa Murni

Karya seni murni merupakan sebuah hasil atau bentuk karya seni yang dalam proses pembuatanya menghasilkan karya yang fungsinya hanya untuk dinikmati keindahanya.

Sebuah karya bisa juga dikatakan murni karena mementingkan atau menjunjung tinggi nilai estetis atau keindahan daripada nilai guna atau praktis.

Nyatanya, seni murni sudah ada dari zaman prasejarah dulu. Salah satu karya yang termasuk seni rupa murni di zaman dahulu memakai cat alami dari getah pohon. Setelah itu, mereka membuat bentuk-bentuk seni dengan tangan dan ditempelkan di batu atau media datar lainnya.

Itu menjadi contoh sederhana dari seni rupa murni di era prasejarah. Seiring berjalannya waktu, seni rupa ini mengalami perkembangan dan memakai media keras untuk mencipatakn patung dan ukiran kayu.

Meski sering disebut sebagai karya seni rupa yang bebas, sebenarnya karya seni rupa murni memiliki beberapa aliran atau gaya yang berkembang seperti:

  • Romantisme
  • Surrealisme
  • Impresionisme
  • Ekspresionisme
  • Dan lainnya.

Fungsi Seni Rupa Murni

Pada dasarnya fungsi seni rupa murni tidak jauh berbeda dengan peranan seni rupa pada umumnya. Berikut penjelasan lengkapnya.

Sarana Komunikasi

Sebuah karya seni dari dulu hingga sekarang merupakan salah satu media yang mudah digunakan untuk menyampaikan sesuatu. Seni atau lebih utamanya seni rupa juga merupakan sebuah bahasa universal yang digunakan untuk memberikan pesan kepada semua orang baik tersurat, maupun tersirat.

Kebutuhan Emosional

Selain media komunikasi, seni rupa murni berfungsi sebagai sarana pemenuh kebutuhan emosional manusia. Pasalnya, manusia memiliki banyak sekali emosi, seperti marah, sedih, senang, malas, dan lainnya.

Di sisi lain, manusia bisa menggunakanperanan seni untuk menenangkan perasaan atau membahagiakan diri sendiri karena sifat keindahan dari seni itu sendiri.

Sarana Edukasi

Tidak hanya kebutuhan emosional, seni murni adalah salah satu solusi untuk sebagai sarana edukasi atau pendidikan untuk seseorang. Seni ini dapat menyampaikan sebuah informasi yang tersirat maupun tersurta.

Dalam hal ini sebuah seni yang di aplikasikan sebagai sara edukasi ini sudah ada dari zaman dahulu. Contohnya, lukisan, kaligrafi, atau foto bisa menyampaikan untuk memperbaiki kualitas diri agar selalu jadi manusia berbudi luhur.

Memenuhi Kebutuhan Fisik Manusia

Sebuah seni rupa juga merupakan salah satu pemenuh kebutuhan fisik manusia. Dalam beberapa hal, manusia membutuhkan seni rupa untuk kebutuhan hidupnya baik seni rupa terapan maupun murni.

Sebagai contoh, manusia selalu menggunakan meja, kursi, piring, dan lain sebagainya untuk kegiatan sehari-hari. Semua itu merupakan bentuk karya seni yang menjadi salah satu kebutuhan manusia.

Sarana Peribadatan

Beberapa poin di atas menerangkan fungsi seni rupa murni sebagai sarana komunikasi, sarana kebutuhan emosional, dan kebutuhan diri. Seni rupa juga bisa menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Banyak sekali contoh dari fungsi yang satu ini, contohnya kaligrafi, lukisan, hingga pahatan bisa memunculkan rasa takjub dan membuat seseorang mengingat sang pencipta.

Dari situ kita bisa melihat bahwa pentingnya dari sebuah seni dari kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 8 Unsur Seni Rupa Beserta Penjelasanya, Lengkap!

Seni Rupa Murni Berdasarkan Wujud dan Bentuknya

Umumnya, karya seni rupa murni terbagi dalam berbagai jenis berdasarkan bentuk dan wujud. Jenis seni rupa yang satu ini terdiri dari dua wujud, yaitu seni murni 2 dimensi dan seni murni 3 dimensi. Ini penjelasan lengkapnya.

Seni Rupa 3 Dimensi

seni rupa murni
Source : wikiwand.com

Seni rupa murni 3 dimensi merupakan sebuah seni yang dimana mempunyai tiga unsur yang membentuknya yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Dari tiga unsur tersebut membentuk sebuah bentuk volume atau isi yang menjadikan sebuah karya seni rupa murni 3 dimensi ini bisa dilihat dari segala arah.

Banyak sekali contoh-contoh dari karya yang termasuk seni rupa murni, seperti patung, seni ukir kayu, dan masih banyak lagi yang lainya.

Baca Juga: Contoh Seni Rupa Terapan dan Penjelasan Lengkap

Seni Rupa 2 Dimensi

seni rupa murni
Source : notepam.com

Jenis seni rupa murni yang lainnya yaitu seni rupa 2 dimensi. Seni rupa ini hanya tersusun oleh dua unsur yaitu panjang dan lebar. Mengingat ini hanya tersusun oleh dua unsur, seni rupa murni yang satu ini hanya dapa dinikmati dari arah tertentu saja.

Walau begitu, seorang seniman yang handal menganggap seni rupa 2 dimensi ini merupakan sebuah media untuk menaruh harta karun. Pasalnya, para seniman menorehkan semua kekreativitasan mereka untuk di abadikan dalam media ini.

Alhasil, seseorang yang melihat karya ini bisa memberi sebuah apresiasi kepada seniman tersebut. Berikut ini beberapa contoh seni murni 2 dimensi : lukisan, gambar grafis, poster, dan lain sebagainya.

Contoh Seni Rupa Murni

Setelah membahas bagaimana jenis seni rupa murni, berikut penjelasan deretan contoh seni rupa murni.

1. Seni Lukis

seni rupa murni
Source : dictio.id

Karya seni lukis merupakan salah satu contoh seni rupa murni yang hingga saat ini banyak sekali peminatnya. Seni yang menggunakan media canvas ini memiliki daya pikat yang memukau banyak orang.

Umumnya karya seni ini dibuat menggunakan media seperti kain kanvas atau kertas yang kemudian dilukis dengan menggunakan cat minyak maupun cara akrilik. Pada seni lukis ada beberapa aliran yang berkembang yakni naturalis, ekspresionis dan abstrak.

Naturalis lukisan yang dibuat bisanya sama dengan bentuk aslinya dan ekspresionis membuat lukisan berdasarkan ekspresi dan emosi si pelukis. Sementara itu, lukisan abstrak bersifat semu atau samar. Tidak heran bila aliran ini sering sulit dimengerti orang awam.

Lukisan memang membutuhkan proses yang lama, tetapi memiliki banyak peminat untuk melihat maupun membuatnya. Bahkan, lukisan adalah karya yang termasuk jenis seni rupa yang kerap diteliti.

Sebagai contoh, lukisan yang sampai saat ini masih diteliti adalah Monalisa yang merupakan ciptaan Leonardo DaVinci.

Baca Juga: 7 Model Ornamen untuk Mushola

2. Seni Grafis

seni rupa murni
Source : duniaq.com

Contoh karya seni rupa murni yang kedua adalah seni grafis. Seni grafis merupakan sebuah seni 2 dimensi yang menggunakan media kertas dengan teknik cetak atau printing. Seni grafis ini pada zaman sekarang sudah mulai berkembang dan banyak sekali peminatnya.

Jika dulu seni grafis ini menggunakan teknik manual yaitu menggunakan tangan, kini seniman seni grafis condong menggunakan mesin printing.

Teknik yang digunakan untuk membuat karya seni grafis sangat beragam mulai dari sablon, cukil kayu, monotype, cungkil kayu, collograph, etsa. Bahkan, beberapa memakai metode pengasaman bahan logam untuk mencetak dengan bahan baku lito.

Ada pun contoh karya seni grafis yang sering kamu lihat, antara lain:

  • Pembuatan stampel
  • Spanduk
  • Banner

Baca Juga: Aliran Seni Rupa

3. Seni Fotografi

seni rupa murni
Source : pxhere.com

Seni fotografi merupakan sebuah seni yang menggunakan sebuah alat bantu yang bernama kamera untuk mengabadikan sebuah kegiatan atau sebuah momen berharga. Hasil dari seni fotografi ini adalah foto.

Dalam seni fotografi, kamu akan menggunakan aspek pengaturan cahaya dengan pemakaian kamera. Mengingat contoh karya seni murni ini banyak peminat, ajang perlombaan fotografi pun cukup banyak pula.

baca Juga: Nama dan Gambar Rumah Adat Suku Betawi

4. Seni Koreografi

seni rupa murni
Source : carajuki.com

Koreografi merupakan salah satu contoh karya seni murni yang menciptakan atau mengubah tarian menjadi

Seni ini termasuk dalam seni rupa murni, seni koreografi merupakan sebuah seni yang menciptakan atau mengubah tarian menjadi gerakan yang utuh dan lebih menarik dan dapat dinikmati oleh banyak orang.

Baca Juga: Pengertian Seni Kriya, Beserta Macam dan Contohnya

5. Seni Kaligrafi

seni rupa murni
Source : nmhtthornton.com

Seni kaligrafi merupakan sebuah akulturasi dari sebuah seni menulis yang bagus dengan ayat-ayat suci dari al quran kitab suci umat islam. Kaligrafi terdiri dari banyak jenis dan biasanya digunakan sebagai penghias tempat ibadah dan rumah.

6. Seni Pahat

seni rupa murni
Source : pxhere.com

Seni pahat merupakan salah satu cabang dari seni rupa murni. Bahan yang digunakan biasanya menggunakan kayu ataupun batu. Salah satu hasil dari seni pahat ini adalah karya seni patung.

Patung merupakan karya yang termasuk seni rupa relief yang dibuat dari logam, tanah, hingga lilin semen. Bahan-bahan tersebut digunakan dengan berbagai teknik, yaitu membutsir, memahat, atau teknik cetak.

Karya seni patung merupakan salah satu karya yang paling banyak ditemui di muka bumi ini. Banyak sekali peninggalan bersejarah yang berbentuk patung.

Hal ini menunjukan bahwa patung telah ada sejak zaman dahulu dan digunakan sebagai saran bagi seniman untuk mengekspresikan diri dan tujuan tertentu.

7. Seni Ukir

seni rupa murni
Source : atzmut.com

Ukiran atau relief merupakan karya yang termasuk seni khas Indonesia dengan nuansa klasik nan memukau. Seni pahat ini memakai kayu sebagai bahan dasarnya dan hampir setiap daerah di Indonesia punya ciri khas masing-masing.

Karya seni ini memiliki dimensi antara 2 dimensi dan 3 dimensi. Pasalnya, seni ukiran terbentuk dari lukisan relief dengan bentuk ketebalan atau timbul.

Walau begitu, karya seni relief tidak dapat dinikmati dari berbagai sisi, atau hanya bisa dilihat dari sisi depan. Jenis karya ini berbeda dengan seni rupa 3 dimensi yang bisa dinikmati dari berbagai sisi.

Bahan yang bisa digunakan untuk membuat karya seni relief biasanya menggunakan bahan seperti kayu, logam, pasir + semen, batu, gifsun dan lain sebagainnya.

Teknik untuk membuat karya seni relief adalah dengan cara memahat mengikuti pola garis yang telah digambar pada permukaan media bahan.

Baca Juga: Karya Seni Rupa Terapan yang Ada di Nusantara

8. Seni Keramik

seni rupa murni
Source : pxhere.com

Pengertian dari seni keramik ini merupakan sebuah karya seni yang terbuat dari tanah yang di bentuk dengan indah kemudian di bakar agar keras dan lebih cantik.

Normalnya, para seniman keramik menggunakan teknik yang menggabungkan warna dari beberapa tanah untuk menciptakan sebuah gradasi warna yang cantik dan unik pada hasil keramik tersebut. Namun, ada juga yang mewarnai secara manual setelah proses pembakaran selesai.

9. Seni Mozaik

seni rupa murni
Source : pxhere.com

Mozaik merupakan salah satu dari karya seni murni yang memanfaatkan potongan kertas, keramik, atau kaca untuk di susun dan dijadikan bentuk yang indah untuk dilihat yang memiliki sebuah nilai karya seni tinggi.

Itulah penjelasan mengenai pengertian, fungsi, hingga contoh seni rupa murni yang bisa jadi penambah wawasan. Semoga bermanfaat!

10. Arsitektur

Contoh Seni Rupa Murni Arsitek

Arsitektur adalah sebuah proses perencanaan, perancangan, dan pembangunan dalam pembuatan bangunan, dan struktur fisik yang lainnya dari sebuah bangunan. Hasil karya seni arsitektur sering dijadikan sebagai sebuah simbol budaya dan sebuah hasil karya seni.

Banyak sekali arsitektur yang dapat digolongkan dalam karya seni rupa murni, salah satu contohnya adalah gapura dan juga tugu.

11. Topeng

Contoh Seni Rupa Murni Topeng

Topeng adalah sebuah karya yang digunakan untuk menutupi wajah dalam sebuah seni pertunjukan seperti pertunjukan tari tradisional. Topeng sangatlah khas di Indonesia, salah satu daerah yang banyak ditemukannya topeng adalah Bali, Cirebon, Malang, Yogyakarta, Surakarta, dan juga Jakarta.

12. Seni Cetak

Contoh Seni Rupa Murni Seni Cetak

Seni cetak adalah sebuah contoh karya seni rupa murni yang dihasilkan dengan menggunakan teknik cetak. Alat yang biasanya digunakan dalam pembuatan karya seni cetak seperti sablon, stempel, sprinter, dan masih banyak lagi. Sedangkan media yang dapat digunakan dalam pembuatannya adalah kertas, kain, dan juga kanvas.

Baca Juga: Seni Musik Tradisional

 ————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download