BlogLifestyleEdukasi5 Jenis Senjata Tradisional Kalimantan Selatan
0
0

5 Jenis Senjata Tradisional Kalimantan Selatan

Dipublikasikan oleh Eka Mandala dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 14, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
senjata tradisional kalimantan selatantop-right-banner

Kalimantan Selatan adalah sebuah provinsi di Pulau Kalimantan, yang beribukota di Banjarmasin. Ada tempat bersejarah yang dapat kita kunjungi di Kalimantan Selatan, diantaranya adalah museum Lambung Mangkurat yang berada di kota Banjarbaru. Terdapat banyak juga senjata tradisional Kalimantan Selatan yang menjadi ciri khas.

Banyak benda bersejarah di museum tersebut, mulai dari benda-benda peninggalan zaman Hindu, mata uang kuno hingga beraneka ragam senjata yang dipakai masyarakat Banjar untuk berperang melawan penjajah Belanda.

Pada jaman dahulu, senjata tradisional dipakai oleh masyarakat Kalimantan Selatan sebagai sarana untuk melindungi diri dari gangguan musuh atau hewan buas dan sebagai peralatan pertanian maupun berburu

Baca Juga:

5 Senjata Tradisional Kalimantan Selatan

Senjata adat Kalimantan Selatan yang masih bisa kita saksikan antara lain: Sungga, Mandau, Sarapang, Keris Banjar, dan Parang. Berikut ini adalah penjelasannya secara rinci.

1. Sungga

Source : Wikimedia.org

Sungga adalah salah satu senjata yang dipakai masyarakat Tradisional Kalimantan pada Perang Banjar di daerah Benteng Gunung Madang, Kandangan, Hulu Sungai Selatan. Senjata tersebut dipasang di bawah jembatan yang berfungsi sebagai jebakan, sehingga jika dilewati oleh musuh (tentara Belanda), maka jembatan ini akan runtuh dan musuh tertancap pada sungga tersebut.

Dengan demikian, Sungga merupakan sebuah senjata bersejarah yang erat kaitannya dengan perjuangan para pahlawan bangsa Indonesia khususnya daerah Kalimantan Selatan pada masa silam.

2. Mandau

senjata tradisional kalimantan selatan
Source : Wikimedia.org

Mandau, yang disebut juga Parang Ilang merupakan senjata tajam jenis parang yang bertangkai pendek. Mandau menjadi identitas dan senjata utama masyarakat Dayak yang ada di Kalimantan, termasuk Kalimantan Selatan di samping senjata jenis parang yang lain.

Berbeda dengan parang biasa, mandau memiliki ukiran – ukiran di bagian bilahnya yang tidak tajam. Sering juga dijumpai tambahan lubang-lubang di bilahnya yang ditutup dengan kuningan atau tembaga dengan maksud memperindah bilah mandau.

Baca Juga:

3. Sarapang

Sarapang secara umum merupakan senjata trisula atau tombak bermata tiga. Namun di Kalimantan Selatan. Sarapang terbuat dari sepotong baja yang dibelah menjadi 5 bagian dan pada sebagian ujungnya diruncingkan, sebatang bambu, serta sebuah salut dari kuningan atau besi.

Source : Neprona.com

Sarapang umumnya dipakai masyarakat Kalimantan Selatan sebagai sarana berburu atau menangkap ikan-ikan besar.

4. Keris Banjar

senjata tradisional kalimantan selatan
Source : Detik.com

Keris adalah senjata tradisional Kalimantan Selatan khas yang dibuat dari besi dan campuran logam lainnya. Panjang keris ini sekitar 30 cm. Keris merupakan jenis senjata yang biasa dipakai oleh masyarakat Indonesia pada jaman dahulu.

Biasanya yang membedakan dari daerah mana keris tersebut berasal adalah ukiran dan lekukan keris tersebut . Sebagaimana provinsi Kalimantan Selatan mempunyai keris khas dengan nama Keris Banjar.

Baca Juga:

5. Parang

Parang merupakan senjata yang sangat umum ditemukan di Nusantara. Senjata adat Kalimantan Selatan ini dibuat dari besi dengan bentuk pipih dan salah satu bilah sisinya tajam. Pada umumnya gagang parang yang berguna sebagai pegangan saat digunakan dibuat dari kayu.

Kegunaan parang bermacam-macam. Selain berfungsi sebagai senjata, parang juga digunakan sebagai alat rumah tangga, alat pertanian, alat perburuan dan sebagainya.

Demikian pembahasan tentang senjata tradisional Kalimantan Selatan, semoga menambah wawasan kita akan kekayaan budaya Nusantara khususnya senjata adat.

Baca Juga:

Featured Image Source: Selasar.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download